BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar Lewat Udara, Paman Birin Salurkan Bantuan Korban Banjir dari Jokowi

Terpapar Covid-19, Kemenag Tutup Satu Ponpes di Palangka Raya

- Apahabar.com Jumat, 4 Desember 2020 - 16:40 WIB

Terpapar Covid-19, Kemenag Tutup Satu Ponpes di Palangka Raya

Sejumlah siswa melakukan pembelajaran di salah satu pondok pesantren di Kota Palangka Raya, Jumat (4/12). Foto: Antara

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatul Insan di Palangka Raya, Kalimantan Tengah resmi ditutup.

Sebabnya, sejumlah penghuni Ponpes terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kami minta agar lingkungan pondok pesantren ini dilakukan lock down selama 14 hari. Saya nanti akan komunikasi dan surati pengelola,” kata Kepala kantor Kemenag Kota Palangka Raya, Achmad Farichin, Jumat (4/12) dilansir Antara.

Achmad juga meminta para santri yang masih berada di pondok pesantren untuk dipulangkan dan pelaksanaan pembelajaran serta ujian dapat dilaksanakan secara daring.

“Kami juga meminta santri serta para pengajar yang belum masuk lingkungan pondok untuk sementara tidak masuk ke lingkungan pesantren. Hal ini sebagai upaya bersama memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya didampingi Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Ponpes Rahmad Fauzi.

Sebagi informasi, setiap pondok pesantren dan madrasah terdapat penghuni yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka pihaknya akan menutup sementara operasional ponpes dan madrasah tersebut.

“Kami harap kasus positif Covid-19 di pondok pesantren ini menjadi perhatian bagi ponpes lain untuk memperketat penerapan protokol kesehatan. Jika ada satu saja penghuni yang positif maka operasional akan kita tutup sementara,” kata Achmad.

Pernyataan itu diungkapkan dia usai rapat penanganan kasus Covid-19 yang diikuti Satgas Penanganan Kota Palangka Raya dan sejumlah pengurus pondok pesantren Hidayatul Insan.

Wakil Ketua Tim Gerak Cepat Satgas Penanganan Covid-19 Palangka Raya Irma Afsesta didampingi Ketua Harian Emi Abriyani mengatakan penutupan tersebut harus segera dilakukan agar penyebaran tak semakin meluas.

“Semakin cepat semakin baik. Namun sebelum para santri dipulangkan kami akan melakukan edukasi penerapan protokol kesehatan dan isolasi mandiri Covid-19 baik kepada santri maupun kepada pengurus dan pengajar pondok,” katanya.

Nantinya usai dilakukan penutupan aktivitas seluruh penghuni baik santri, pengurus mau pun pengajar harus melakukan karantina mandiri 14 hari.

Dari hasil penelusuran satgas, paparan Covid-19 di pesantren tersebut berasal dari santri dari luar Kota Palangka Raya.

Sampai saat ini sudah lebih dari lima warga pesantren yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang mana sebagian di antaranya telah dinyatakan sembuh.

Sementara itu, salah seorang pengurus pondok pesantren Sarah menyatakan pihaknya selalu siap melaksanakan ketentuan yang diputuskan pemerintah terutama kementerian agama.

“Apalagi setiap aktivitas kami berada di bawah naungan Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya. Namun kami meminta waktu untuk berkoordinasi dengan orang tua para santri yang sebagian berasal dari luar kota terkait pemulangan anak-anak kami,” katanya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Bupati: Bandara H Muhammad Sidik Harus Selesai Tahun Ini
Covid-19

Kalteng

Penyebaran Covid-19 di Kapuas Meningkat, Bupati Larang Sekolah Tatap Muka
apahabar.com

Kalteng

Fakta Bukan Mitos, Raksasa di TNTP Jadi Obyek Wisata Turis
Dinsos Kapuas

Kalteng

Genjot Bansos dari Pemerintah Pusat, Dinsos Kapuas Lakukan Pembaharuan DTKS
apahabar.com

Kalteng

Dinilai Berbahaya, Akses Jembatan Gantung Mandomai Kapuas Ditutup
DAS Mantangai Kapuas

Kalteng

Laka Air di DAS Mantangai Kapuas, Pria Tua Hilang Tenggelam
apahabar.com

Kalteng

KPU Barut Sosialisasi Tata Cara Pencoblosan di Lapas Kelas II B Muara Teweh
Danrem

Kalteng

Susul Gubernur Kalteng, Danrem 102 Panju Panjung Siap Divaksin Perdana
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com