Viral Korban Banjir Kalsel Lahirkan di Jukung, Nama Anaknya Unik Malam Ini, Mata Najwa Kupas Biang Kerok Banjir Kalsel Banjir Kalsel Makan Korban Lagi, Bocah Hilang di Siring Banjarmasin Di Balikpapan, Ayah Ditangkap Gegara Anak Jual Tisu Link Live Streaming Mata Najwa Malam Ini, Kupas Tuntas Banjir Kalsel

Tinjau Food Estate di Kapuas, Mentan Targetkan Januari 2021 Tanam Perdana

- Apahabar.com Rabu, 16 Desember 2020 - 20:19 WIB

Tinjau Food Estate di Kapuas, Mentan Targetkan Januari 2021 Tanam Perdana

Mengendarai sepeda motor Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo tinjau lahan food estate di Kabupaten Kapuas. Foto-apahabar.com/Irfan

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo kembali melakukan kunjungan ke Kabupaten Kapuas, Kalimantan tengah, Rabu (16/12).

Kedatangan Syahrul bertujuan untuk meninjau lokasi program ketahanan pangan nasional food estate di Desa Bentuk Jaya A5 Kecamatan Dadahup.

Tiba sekitar pukul 13.30 Wib di Desa Bentuk Jaya, Mentan Syahrul Yasin Limpo disambut oleh Plt Kepala Dinas Pertanian Kapuas, Aswan.

Kepada wartawan Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pihaknya menargetkan untuk tahap pertama, tanam perdana akan dilakukan di lahan seluas 300-400 hektare dari 20.000 hektare lahan food estate di Kapuas.

Namun Syahrul mengakui, jika masih terdapat sejumlah kendala yaitu utamanya pada lahan pertanian di Kalimantan Tengah yang cukup dinamis, tidak seperti di Pulau Jawa maupun Sumatera yang memiliki tanah keras.

Menurut Mentan, Kalimantan Tengah merupakan lahan rawa yang memiliki kontur tanah beragam sehingga menjadi salah satu dinamika di lapangan.

“Kontur tanah rawa ini, tentu memunculkan dinamika sebagai tantangan alam. Dimana kontur tanahnya ada yang dalam, sedang dan ada juga yang sudah bagus,” katanya.

Syahrul pun menilai bahwa progres di Kapuas sudah cukup bagus. Sehingga untuk tahap awal akan mengolah sekitar 300 sampai 400 hektare lahan pertanian.

“Target kita pengolahan lahan tahap pertama ini akan selesai akhir Desember 2020, sehingga target kita Januari 2021 kita sudah tanam perdana,” ujarnya.

Mentan Syahrul Yasin Limpo juga mengatakan, pihaknya akan mengerahkan semua kekuatan untuk menanam dengan baik sehingga mencapai target yang sudah ditentukan.

“Jika target kita tanam perdana di Bulan Januari bisa dilakukan, maka sekitar 100 hari kemudian sudah dapat dipanen,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Sensus Penduduk 2020, BPS Barut Terjunkan 110 Personel

Kalteng

Resmi, Gubernur Kalteng Tak Izinkan Perayaan Tahun Baru
apahabar.com

Kalteng

Leasing Tarik Kendaraan saat Corona? Legislator Palangka Raya Pasang Badan
apahabar.com

Kalteng

Di Kalteng, PDIP Cari Kepala Daerah Berani Keluar dari Zona Nyaman
apahabar.com

Kalteng

Terkikis Abrasi Gelombang Laut, 3 Rumah Warga Kumai Kobar Kalteng Nyaris Roboh
apahabar.com

Kalteng

Bantah Usul Tambah Anggaran, KPU Kalteng Maksimalkan Sesuai NPHD
apahabar.com

Kalteng

Sepekan Direndam Banjir, Getek Jadi Primadona di Barut
apahabar.com

Kalteng

Update Covid-19 Kapuas: 1 Orang Meninggal Dunia, 1 Pasien Sembuh
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com