Waspada, Potensi Hujan Disertai Angin Kencang Ancam 9 Wilayah Kalsel Kanwil Kemenkum HAM Kalsel Dorong UMKM Bentuk Perseroan Perseorangan Catat, Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banjar Berhadiah Umrah Longsor di Maradapan Pulau Sembilan Kotabaru, Puluhan Rumah Terdampak Aksi Heroik Bripka Aan Kotabaru Bantu Ibu Melahirkan di Ambulans

Tinjau Food Estate di Kapuas, Mentan Targetkan Januari 2021 Tanam Perdana

- Apahabar.com     Rabu, 16 Desember 2020 - 20:19 WITA

Tinjau Food Estate di Kapuas, Mentan Targetkan Januari 2021 Tanam Perdana

Mengendarai sepeda motor Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo tinjau lahan food estate di Kabupaten Kapuas. Foto-apahabar.com/Irfan

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo kembali melakukan kunjungan ke Kabupaten Kapuas, Kalimantan tengah, Rabu (16/12).

Kedatangan Syahrul bertujuan untuk meninjau lokasi program ketahanan pangan nasional food estate di Desa Bentuk Jaya A5 Kecamatan Dadahup.

Tiba sekitar pukul 13.30 Wib di Desa Bentuk Jaya, Mentan Syahrul Yasin Limpo disambut oleh Plt Kepala Dinas Pertanian Kapuas, Aswan.

Kepada wartawan Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pihaknya menargetkan untuk tahap pertama, tanam perdana akan dilakukan di lahan seluas 300-400 hektare dari 20.000 hektare lahan food estate di Kapuas.

Namun Syahrul mengakui, jika masih terdapat sejumlah kendala yaitu utamanya pada lahan pertanian di Kalimantan Tengah yang cukup dinamis, tidak seperti di Pulau Jawa maupun Sumatera yang memiliki tanah keras.

Menurut Mentan, Kalimantan Tengah merupakan lahan rawa yang memiliki kontur tanah beragam sehingga menjadi salah satu dinamika di lapangan.

“Kontur tanah rawa ini, tentu memunculkan dinamika sebagai tantangan alam. Dimana kontur tanahnya ada yang dalam, sedang dan ada juga yang sudah bagus,” katanya.

Syahrul pun menilai bahwa progres di Kapuas sudah cukup bagus. Sehingga untuk tahap awal akan mengolah sekitar 300 sampai 400 hektare lahan pertanian.

“Target kita pengolahan lahan tahap pertama ini akan selesai akhir Desember 2020, sehingga target kita Januari 2021 kita sudah tanam perdana,” ujarnya.

Mentan Syahrul Yasin Limpo juga mengatakan, pihaknya akan mengerahkan semua kekuatan untuk menanam dengan baik sehingga mencapai target yang sudah ditentukan.

“Jika target kita tanam perdana di Bulan Januari bisa dilakukan, maka sekitar 100 hari kemudian sudah dapat dipanen,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Covid-19

Kalteng

Duh, Satu Lagi Pasien Meninggal Dunia Gegara Covid-19 di Kapuas

Kalteng

Covid-19 Meningkat, Epidemiolog Kalteng Rekomendasikan Ini
apahabar.com

Kalteng

Miris! Begini Curhatan Mantan Ketua PWI yang Jadi Penjaga Kantor
apahabar.com

Kalteng

Kabar Saldonya Berkurang, Nasabah Ngacir ke Bank Mandiri
Ali Ayam

Kalteng

Diduga Sering Transaksi Narkoba, Ali Ayam Ditangkap Polisi
apahabar.com

Kalteng

Sempat ke Banjarmasin, Pasien Reaktif di Teweh Tutup Usia
Pembelajaran Terbatas

Kalteng

Pembelajaran Terbatas di Kapuas, Begini Evaluasi Disdik

Kalteng

Budidaya Semangka di Desa Lagun Kapuas Cukup Menjanjikan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com