H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel Polda Kaltim Gagalkan Peredaran Sabu 6 Kg di Samarinda dan Balikpapan Banjarmasin Resmi Perpanjang Tanggap Darurat Banjir, Kecamatan Timur Terparah! Resmi! Banjarmasin Berlakukan Pembatasan Transisi Mulai Hari Ini Dear Korban Banjir Kalsel, Posko untuk Gugat Gubernur Sahbirin Segera Dibuka!

Tokoh agama Kalsel Minta Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

- Apahabar.com Rabu, 2 Desember 2020 - 21:03 WIB

Tokoh agama Kalsel Minta Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Ilustrasi. Foto-BBC.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Tokoh agama di Kalimantan Selatan (Kalsel) meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kasus COVID-19 di Indonesia termasuk di Kalsel belumlah sepenuhnya melandai. Kita tetap harus waspada dan senantiasa mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penyakit ini,” kata Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin Drs H Darul Quthni di Banjarmasin, dikutip dari Antara, Rabu (2/12).

Menurut dia, belakangan ini ada sebagian masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker. Untuk itulah, perlu didorong kembali kepatuhan atas anjuran pemerintah tersebut.

Untuk di lingkungan Masjid Raya Sabilal Muhtadin sendiri, dipastikan Quthni pihaknya menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Setiap jamaah memasuki area masjid terbesar di Kalimantan Selatan yang berada di pusat Kota Banjarmasin itu wajib menggunakan masker dan mencuci tangan.

Sedangkan untuk kegiatan ibadah salat dan lainnya juga diatur jaraknya antar jamaah agar tidak saling berdekatan, termasuk shaf salat berjamaah diberi jarak satu meter.

“Untuk kegiatan majelis taklim tetap kami laksanakan namun jumlah jamaah kami batasi agar tetap bisa menjaga jarak. Waktunya juga dipersingkat sehingga tidak terlalu lama berkumpul,” jelas Quthni.

Pada prinsipnya, tambah dia, pihaknya mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah. Sesuai anjuran di agama Islam, umat muslim harus taat kepada Allah SWT dan pemimpin yang bekerja untuk kemaslahatan umat.

Quthni pun mengajak umat Islam agar terus berdoa memohon kepada Allah SWT dengan harapan pandemi Covid-19 cepat berakhir dan bisa diatasi.

“Setiap salat wajib lima waktu bisa membaca doa qunut Nazilah memohon pertolongan Allah SWT dari mewabahnya Covid-19. Penguatan doa sesuai anjuran sunah Rasul ketika menghadapi kondisi ada bala, maka kita dianjurkan membaca Qunut Nazilah,” tandasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ada Salju di RTH Kamboja Banjarmasin

Kalsel

Peringati HUT KORPRI, Dispora Kalsel Gelar Festival Balogo dan Bagasing

Kalsel

Jembatan Putus Diterjang Banjir, Bupati Kotabaru dan Kapolsek Sungai Durian Cek ke Lokasi
Pantai Abrasi, Begini Keluhan Warga Pesisir Tanah Bumbu

Kalsel

Pantai Abrasi, Begini Keluhan Warga Pesisir Tanah Bumbu
apahabar.com

Kalsel

Destinasi Baru untuk Ngabuburit di Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Siang dan Malam Ini, BMKG Prakirakan Kandangan Diguyur Hujan Disertai Petir
apahabar.com

Kalsel

Kebakaran Gedung Fitnes, Sempat Buat Panik Pengunjung Duta Mall
apahabar.com

Kalsel

Idulfitri Berdarah di Banjarmasin, Pria di Banyiur Tak Sadarkan Diri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com