Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Tracing Anies dan Ariza, Dinkes DKI Jakarta: 24 Orang Positif Covid-19

- Apahabar.com Kamis, 3 Desember 2020 - 13:18 WIB

Tracing Anies dan Ariza, Dinkes DKI Jakarta: 24 Orang Positif Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria Sumber: net

apahabar.com, JAKARTA – Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengungkapkan hasil tracing (pelacakan) terhadap 437 orang yang sempat berkontak atau berada di lingkungan Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria berkegiatan. Total 24 di antaranya diketahui positif Covid-19.

Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, hingga Selasa (1/12) pihaknya telah melakukan tes usap terhadap 158 orang yang memiliki kontak erat dengan Anies dan 279 orang dari kontak erat Ariza.

Dia menjelaskan, dari ratusan kontak erat Anies itu, hasilnya lima orang positif Covid-19.

“Dari 158 kontak erat gubernur selama periode tracing pada Selasa (1/11), hasilnya adalah lima orang positif Covid-19, 111 lainnya negatif dan 42 orang masih menunggu hasil,” kata Widyastuti seperti dilansir Republika, Rabu (2/12).

Sementara itu, sambung dia, dari 279 kontak erat Ariza selama periode tracing 28 November hingga 1 Desember, hasilnya adalah 19 orang positif, 185 orang negatif dan 75 orang lainnya masih menunggu hasil. Widyastuti mengungkapkan, mereka yang terkonfirmasi positif selanjutnya menjalani isolasi mandiri ataupun perawatan sesuai dengan derajat gejala yang dialaminya.

Widyastuti menegaskan, pelacakan kontak yamg dilakukan Dinkes DKI ini bukan untuk menyatakan orang yang tertular dari Anies maupun Ariza. Namun, untuk mengetahui siapa saja yang tertular bersama mereka berdua.

“Sekali lagi, kami menegaskan bahwa mereka yang terkonfirmasi positif dari hasil pelacakan kontak tidak menentukan sumber penularannya adalah Gubernur ataupun Wakil Gubernur, tapi menentukan klaster kasus yang bersamaan terjadi selama masa inkubasi Covid-19,” jelas Widyastuti.

“Kepada mereka yang terkonfirmasi positif sedang dalam proses penelusuran lebih lanjut. Beberapa kasus ditemukan bahwa periode penularan sebelum berinteraksi dengan gubernur dan merupakan bagian dari klaster keluarga masing-masing,” sambungnya menjelaskan.

Selain itu, Widyastuti menyebut, Anies dan Ariza selama ini rutin melakukan tes usap minimal satu hingga dua kali dalam seminggu. Sehingga keduanya bisa terdiagnosis sejak dini dan mendapatkan penanganan cepat. Dia juga mengeklaim, pelacakan kontak menjadi lebih cepat dilakukan.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Reshuffle 6 Menteri

Nasional

Sah! Presiden Jokowi Reshuffle 6 Menteri di Kabinet Indonesia Maju
apahabar.com

Nasional

Ketum Hipmi: Baru 3 Persen Pemuda Indonesia Jadi Pengusaha
Sriwijaya

Nasional

Pesawat Sriwijaya Air Rute Jakarta-Pontianak, Diduga Jatuh di Kepulauan Seribu
Listyo Sigit

Nasional

Komjen Pol Listyo Sigit Dikenal Dekat dengan Ulama, Sering Sowan Habib Luthfi hingga Gus Mus
apahabar.com

Nasional

Apkasi Dukung Mendagri tentang Pencairan THR PNS dan Gaji Ke-13
apahabar.com

Nasional

Cara Cek Pengumuman Hasil SNMPTN 2019
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 Indonesia: Positif Jadi 125.396, Sembuh 80.952 Orang
apahabar.com

Nasional

Ryamizard: TNI Saling Tembak, Teroris Tepuk Tangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com