Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

UPBS di Tabalong Gelar Simulasi Pemadaman Kebakaran

- Apahabar.com Minggu, 20 Desember 2020 - 16:11 WIB

UPBS di Tabalong Gelar Simulasi Pemadaman Kebakaran

Sejumlah UPBS melakukan simulasi pemadaman kebakaran sebuah pondok. Foto - Istimewa.

apahabar.com, TANJUNG – Si jago merah melahap sebuah pondok di Jalan Pertamina, tepatnya di belakang tugu obor Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Tabalong, Kalimantan Selatan.

Petugas kebakaran dari Unit Penanggulangan Bencana Swadaya (UPBS) pun langsung mendatangi lokasi tersebut untuk melakukan pemadaman.

Kesigapan petugas tersebut disaksikan saat UPBS se-Kabupaten melakukan simulasi latihan dan penanggulangan bencana bersama Basarnas, Koramil Tanta, Polsek Murung Pudak, Kelurahan Mabuun dan lainnya, Minggu (20/12).

Lurah Kelurahan Mabuun, Risky Kurniadi mengatakan kegiatan yang mengusung tema ‘Mun Api Halus Kawan Kita, Tapi Mun Api Ganal Musuh Kita’ ini diharapkan dapat dijadikan ajang silaturahmi dan meningkatkan kekompakan seluruh UPBS di Wilayah Kelurahan Mabuun khususnya, dan umumnya UPBS di Kabupaten Tabalong.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah ketangkasan dan keterampilan dalam bertugas. Selain itu, juga bertujuan menjaga kekompakan dan solidaritas antar UPBS se-Kabupaten Tabalong.

“Selain simulasi pemadaman kebakaran, kegiatan ini juga dirangkai dengan latihan simulasi pertolongan penyelamatan di sungai,” Jelas Risky.

Terpisah, Babinsa Koramil 04 Tanta (Kodim 1008 Tanjung) Serka Sunarno menjelaskan, selain simulasi pemadaman kebakaran dan latihan simulasi pertolongan penyelamatan di sungai, juga dilaksanakan sosialisasi protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan sabun, disiplin menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghidari kerumunan.

“Mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir, sehingga dalam setiap pelaksanaan kegiatan kita tetap terus menerapkan protokol kesehatan” jelas Serka Sunarno.

Ditambahkan Sunarno, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsediaan personil terhadap bencana yang tidak kita ketahui kapan datangnya.

Sementara itu, Maulana Abdillah dari Basarnas Tabalong mengatakan, pihaknya dalam kegiatan ini mendampingi UPBS dan relawan yang melaksanakan teknik pertolongan di air dengan menggunakan teknik melempar alat apung dengan tali lempar.

Kegiatan ini dihadiri juga Wakapolsek Murung Pudak Polres Tabalong Polda Kalsel, Ipda Risky Bagus, Babinkantibmas Mabuun Brigadir Edi Kurniawan, Koordinator latihan H Muhammad, Basarnas, dan 12 Perwakilan UPBS di Kabupaten Tabalong.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

KPU

Tabalong

KPU Tabalong Gelar Pleno Rekapitulasi Hasil Suara Pilgub Kalsel 2020

Kalsel

Operasi Yustisi di Tabalong Kian Gencar, 6 Warga Langgar Prokes
apahabar.com

Tabalong

Kuliah Perdana di STIT Tabalong Hadirkan Guru Besar UIN Antasari Banjarmasin
Tabalong

Tabalong

Banjir di Tabalong; Akses Jalan ‘Putus’ di Tanta, 40 Rumah di Sei hanyar Terendam
apahabar.com

Tabalong

Tiga Pilar Kecamatan Tanjung Sosialisasikan Perbup No 26 Tahun 2020

Tabalong

Ketua DPRD Tabalong Ajak Perwakilan Buruh Berdialog
apahabar.com

Tabalong

Gugus Tugas P2 Covid-19 Tabalong Dapat Bantuan Ventilator dari PT SIS
PDAM

Tabalong

PDAM Tabalong Berikan Hadiah Bagi Pelanggan Teladan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com