Tim Paman Birin Blunder Ancam Polisikan Warga Soal Banjir Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com Operasi SAR SJ-182 Dihentikan, KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami Potret Seribu Sungai, Serunya Memancing di Jembatan Sudimampir Banjarmasin

Update Penghitungan Sementara KPU di Pilwali Banjarbaru, Aditya-Wartono Masih Unggul

- Apahabar.com Kamis, 10 Desember 2020 - 11:01 WIB

Update Penghitungan Sementara KPU di Pilwali Banjarbaru, Aditya-Wartono Masih Unggul

Kandidat calon Wali Kota dan Wakil Banjarbaru Aditya-Wartono saat debat digelar. Foto-dok

apahabar.com, BANJARBARU – Update penghitungan sementara KPU di Pilwali Banjarbaru, pasangan 02 Aditya-Wartono masih unggul dari pesaing terdekatnya H Martinus-Darmawan Jaya (HMJ).

Berdasarkan data dari laman resmi KPU, suara masuk berasal dari 160 dari total 556 TPS, atau (28,78 %) hingga pukul 09.00 WITA.

Di situ dapat dilihat Aditya-Wartono mencatatkan 11.710 suara. Unggul dari dua pesaingnya pasangan 03, HMJ mengumpulkan 9.734 suara dan kemudian disusul pasangan 02, Gusti Iskandar-Iwansyah dengan 9.145 suara.

Jika dipersentasikan Aditya-Wartono unggul 38,3 %, dibandingkan HMJ 31,8 % dan Gusti Iskandar-Iwansyah 29.9 %.

Angka itu didapat dari hasil sementara persentase input suara di 5 kecamatan di Banjarbaru.

Dari keterangan KPU, data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara itu adalah data yang hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap.

Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C.Hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

Selanjutnya, apabila terdapat perbedaan data yang terbaca oleh Sirekap dengan data yang tertulis pada Formulir C.Hasil-KWK, akan dilakukan koreksi pada Sirekap Web Tingkat Kecamatan.

Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara.

Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka.

Seperti diketahui, pada Pilwali Banjarbaru 2020 ini, Paslon nomor urut 1 Gusti Iskandar Iwansyah dengan panggilan Kawan Kita dan tagline Banjarbaru Smart itu diusung oleh Partai Golkar (5 kursi), PKB (3 kursi) dan PKS (2 kursi).

Lalu, Paslon nomor urut 2 Aditya-Wartono dengan tagline Banjarbaru Juara didukung PDI Perjuangan (3 kursi), PPP (4 kursi) dan Gerindra (6 kursi).

Terakhir, Paslon nomor urut 3 Haji Martinus-Jaya dengan tagline Banjarbaru Terbukti Lebih Baik didukung PAN (2 kursi), Nasdem (4 kursi) dan Demokrat (1 kursi).

Ketiganya memenuhi syarat pencalonan sebanyak 6 kursi untuk maju di Pilwali Banjarbaru 2020.

Untuk diketahui, tim pemenangan Aditya – Wartono melakukan perhitungan cepat internal, dimana pada (9/13/2020) malam kemarin, hasil akhir dari perhitungan cepat itu memenangkan keduanya dengan 39,34 persen.

Disusul, Gusti Iskandar-Iwansyah dengan 30,88 persen. Kemudian Haji Martinus – Jaya 29,79 persen.

Data diperoleh dari laporan saksi yang ditempatkan tim pemenangan di 556 TPS di Banjarbaru dengan total suara 110,007 suara.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih banyak para relawan dan pendukung, tahapan pilkada sudah dilalui, di dalam hasil perhitungan tim pemenangan, Aditya Wartono unggul Tim diharap menunggu hasil resmi KPU, kita menghormati realita perjalanan manual,” ucap Wartono kepada awak media di Posko Induk Kemenangan Aditya-Wartono, Rabu (9/12/2020) malam.

Data perhitungan cepat itu kata Wartono bukan sebagai klaim kemenangan, namun sebagai data kunci pembanding dari hasil real count KPU Banjarbaru.

Wartono juga tak takut dengan perbedaan selisih perolehan suara antara perhitungan cepat pihaknya dengan perhitungan resmi KPU.

Sebab diyakininya, perhitungan cepat tim pemenangan Aditya-Wartono dapat dibilang real time karena bersumber langsung dari TPS di Banjarbaru.

“Selisih beberapa persen pun, kalau data kita akurat itu jadi tolak ukur, tidak masalah asal data nya akurat, karena ini sama dengan real count yang kita dapat di TPS,” tegasnya.

Bahkan, sebelumnya tim pemenangan Aditya-Wartono memprediksi memegang 50 persen lebih suara.

“Tadinya kami bepikir bisa 50 persen lebih, tapi berapapun hasilnya yang penting unggul,” pungkasnya.

Sedangkan untuk presentase jumlah pemilih di Banjarbaru belum dapat dikonfirmasikan oleh pihak KPU setempat, sebab data TPS belum semuanya masuk.

“Belum bisa kita konfirmasikan, karena belum semua datanya TPS masuk ke KPU. Presentase pemilih, baru bisa kita konfirmasikan setelah rapat pleno KPU kota Banjarbaru tanggal 14-17 Desember,” terang Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Banjarbaru, Romzi Fahmi kepada apahabar.com. Kamis (10/12/2020) pagi.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 di Banjarmasin 10 Mei, Angka Kematian Lebih Tinggi dari Sembuh
apahabar.com

Kalsel

Dua Buruh Lanjut Usia di Kelayan Nekat Edarkan Sabu
apahabar.com

Kalsel

TP PKK di Kalsel Diminta Aktif Sosialisasikan Penggunaan Masker
apahabar.com

Kalsel

Kesebelasan HST Juarai Paman Birin Cup 2019
apahabar.com

Kalsel

Bedah Buku Desmond, Pakar Hukum ULM: Gambarkan Ketatanegaraan Sekarang
apahabar.com

Borneo

Desember, Minimarket di Banjarbaru Tak Sediakan Kantong Plastik
apahabar.com

Kalsel

Niat Liburan, 5 Remaja Kalsel Jadi Korban Prostitusi Online di Paser
apahabar.com

Kalsel

Ultah Ke-4, Kelompok Garis Keras Bartman Ultras 1988 Menolak Perbedaan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com