Gugatan 2BHD Diterima, Ketua MK Pimpin Langsung Sengketa Pilbup Kotabaru Viral Jembatan Alalak II Patah Akibat Macet Parah, Cek Faktanya Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel

Waspada! Ini 5 Tanda Infeksi Covid-19 yang Sering Tidak Disadari

- Apahabar.com Kamis, 24 Desember 2020 - 08:34 WIB

Waspada! Ini 5 Tanda Infeksi Covid-19 yang Sering Tidak Disadari

Ilustrasi: Foto-aladokter.com

apahabar.com, JAKARTA – Virus Covid-19 masih terus menjadi misteri. Kedatangannya kadang tidak diduga. Sejumlah orang bahkan tidak merasakan gejala apapun saat tertular virus ini.

Dilansir dari CNBC Indonesia, baru-baru ini ilmuwan telah menemukan kembali beberapa tanda yang tidak disadari oleh seseorang jika ia pernah terinfeksi Covid-19.

Biasanya, seseorang yang terpapar virus corona akan merasakan berbagai gejala khas juga ada yang tidak merasakan gejala hingga mereka pulih.

Dikutip dari Daily Star, ilmuwan Dr Dominic Piment menyebut sebanyak 80 persen pasien Covid-19 memiliki gejala ringan atau tidak memiliki gejala sama sekali.

Lantas apa saja 5 tanda Covid yang seringkali luput dari perhatian kita? Berikut daftarnya mengutip yang dituliskan Detik Health.

1. Masalah gastroenteritis

Saat tubuh pasien Corona terinfeksi Covid-19 tanda yang bisa terjadi adalah muntah dan diare. Meskipun hanya dialami 4 persen pasien, seseorang juga perlu melakukan tes Covid-19 jika kondisi itu muncul disertai batuk, sesak napas, dan suhu tubuh yang tinggi.

2. Sakit tenggorokan

Tanda yang kedua adalah sakit tenggorokan. Saat suara terdengar parau, bisa jadi disebabkan oleh kelelahan atau mengalami flu. Tetapi, suara yang parau karena sakit tenggorokan bisa menjadi pertanda seseorang terpapar Covid-19.

Hal ini karena lebih dari 52,2 persen dari pasien Covid-19 ternyata mengalami kondisi ini sebagai gejala awalnya.

3. Kelelahan

Tanda dan gejala Covid-19 yang ketiga adalah jika seseorang yang merasa sangat lelah dalam waktu seminggu atau lebih bahkan tidak bisa mengingat apapun dalam beberapa waktu, bisa jadi orang tersebut sudah terpapar Covid-19. Sekitar 60 persen orang mengatakan merasa kelelahan saat mereka terinfeksi virus Corona.

4. Kehilangan kemampuan pada indra penciuman dan perasa

Tanda berikutnya adalah hilangnya kemampuan indra penciuman dan perasa. Jika kamu pernah atau sedang mengalami gejala ini, segera lakukan isolasi dan lakukan tes Covid-19 untuk mengetahui sudah terpapar virus atau tidak.

5. Sakit kepala

Sakit kepala juga bisa menjadi salah satu gejala seseorang jika terinfeksi virus Corona. Gejala ini juga merupakan salah satu tanda yang tidak disadari. Sebab seseorang mungkin tidak terlalu memperhatikan perbedaan antara sakit kepala biasa dengan sakit kepala akibat Covid-19.

Kira-kira 70 persen pasien Covid-19 mengaku bahwa mereka mengalami sakit kepala.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Jaksel

Nasional

Pengunjung Sidang Praperadilan Habib Rizieq di PN Jaksel Dibatasi
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: 7.418 Positif, 913 Sembuh
apahabar.com

Nasional

Seruan New Normal, Simak Lima Arahan Presiden Jokowi
apahabar.com

Nasional

BKKBN Sosialisasi Program KKBPK Dengan Parade Jukung Hias Tanglong
apahabar.com

Nasional

Usai Aksi Mendebarkan yang Buat Limbad Bersuara, Captain Vincent Dicabut Izin Terbang
apahabar.com

Nasional

Gara-Gara Petasan, Pemuda Situbondo Tewas Mengenaskan
apahabar.com

Nasional

Dukung Program Ketahanan Pangan di Kalteng, Jokowi Tugaskan 3 Menteri
Sandiaga Uno

Nasional

Setelah Sang Istri, Kini Sandiaga Uno Juga Positif Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com