Top! Jamu Gendong Ibu Neneng asal Kintap Tembus Pasar Eropa Beres! Batas Daerah Tala dan Kabupaten Banjar Diteken Berkas Sutarti P-21, Proses Tahap 2 di Rutan Barabai Berlangsung Dramatis  Kabar Sutarti dari Rutan Barabai, Terduga Pembunuh 2 Anak Kandung di HST 3 Raperda HST Digodok, 1 di Antaranya Tentang Pemilihan Pembakal

10 Penambang Masih Terkubur Hidup-Hidup di Tanbu, Korban Selamat Dengar Teriakan

- Apahabar.com Senin, 25 Januari 2021 - 17:10 WIB

10 Penambang Masih Terkubur Hidup-Hidup di Tanbu, Korban Selamat Dengar Teriakan

Rusman (45) salah satu penambang yang selamat menceritakan kronologis longsor yang mengubur hidup-hidup belasan pekerja di Desa Mentawakan Mulia, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu. Foto: Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Sebanyak 10 pekerja masih terjebak di terowongan tambang batu bara di Desa Mentawakan Mulia, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu.

Longsor tiba-tiba terjadi Minggu (25/1) sekira pukul 14.30 wita akibat curah hujan yang tinggi di lokasi tambang manual itu.

Seketika longsoran tanah menutup mulut terowongan sebagai akses keluar masuk para pekerja tambang.

Rusman (45) salah satu penambang selamat beserta 5 rekanya lari ke luar terowongan begitu mengetahui air dan longsoran tanah mulai masuk.

“Saya bersama 5 pekerja lainnya masuk ke dalam terowongan untuk bekerja mengarungi batu bara di dalam. Mendengar teriakan teman bahwa ada tanah longsor beserta air yang masuk ke dalam terowongan, sehingga saya bersama 5 lainnya berlarian keluar dari terowongan untuk menyelamat diri,” umgkap Rusman.

Sementara itu, 7 pekerja lainnya berhasil dievakuasi dengan selamat oleh petugas gabungan TNI Polri dan masyarakat sekira pukul 03.00 wita dini hari.

Untuk diketahui jumlah pekerja keseluruhan berjumlah 22 orang dan masih terperangkap di dalam terowongan sebanyak 10 orang pekerja. 

Para pekerja ini berasal dari Desa Mentawakan Mulia 4 orang, Desa Bulurejo sebanyak 13 orang, dan Kabupaten Tanah Laut 5 orang.

Saat ini tim gabungan dari TNI-Polri, Basarnas, BPBD, Jhonlin Rescue dan masyarakat terus berupaya untuk melakukan evakuasi terhadap 10 pekerja tambang manual yang terjebak di dalam terowongan.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

DPD KNPI Kalsel Sembelih 2 Ekor Sapi Kurban di Alam Roh
apahabar.com

Kalsel

GMNI Banjarmasin Kecam Aksi Pengepungan Asrama Mahasiswa Papua di Jawa Timur

Kalsel

4 Pahlawan Nasional dari Kalsel, Pangeran Hidayatullah Segera Menyusul
apahabar.com

Kalsel

Pemkab Batola Berbagi 16 Sapi Kejutan
apahabar.com

Kalsel

3 Bulan Sewa Toko di Pasar Gratis, Tabalong Rela Kehilangan PAD
apahabar.com

Kalsel

Petugas Kebersihan ‘Perang’ Melawan Sampah Durian
apahabar.com

Kalsel

Tempo 13 Hari, Polres Banjar Jaring 2000 Lebih Kendaraan Saat Operasi Patuh Intan
apahabar.com

Kalsel

Satgas TMMD Kibarkan Bendera Setengah Tiang Hormati Wafatnya Koptu Rizani
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com