Dituduh 2BHD Curang dalam Sidang MK, Tim SJA-Arul Irit Bicara Breaking! 2 Penganiaya Brutal ABG di Hotel Banjarmasin Ditangkap Viral Aksi Brutal ABG Dianiaya di Hotel Banjarmasin, Pacar Pelaku Ternyata Salah Kamar Motif Penganiayaan Brutal ABG di Hotel Banjarmasin: Korban Menolak Dijual! Jejak 6 Preman Perbatasan Kalsel-Kaltim yang Disikat Polisi, Galang Dana dengan Memeras

6 Fakta Menarik Penerbangan yang Tidak Semua Orang Diketahui

- Apahabar.com Rabu, 13 Januari 2021 - 07:17 WIB

6 Fakta Menarik Penerbangan yang Tidak Semua Orang Diketahui

Ilustrasi pesawat lepas landas. Foto-dok/ unsplash.com

apahabar.com, JAKARTA – Dewasa ini, para pelancong disuguhkan beragam opsi moda transportasi untuk bepergian. Salah satu yang dikenal dapat mempersingkat waktu adalah dengan menggunakan pesawat.

Bicara soal penerbangan, ada beberapa hal menarik yang mungkin tidak Anda ketahui. Apa saja fakta-fakta tersebut? Berikut rangkuman selengkapnya dilansir Liputan6.com dari laman FTA-Global, Selasa (12/12).

1. Penerbangan terpanjang di dunia

Tak sedikit traveler yang lebih memilih mengambil penerbangan langsung. Hal ini memunculkan banyak maskapai penerbangan bersaing secara resmi mencapai penerbaangan terpanjang di dunia.

Saat ini, rekor penerbangan terpanjang di dunia dipegang Singapore Airlines dengan rute Newark-Singapura. Perjalanan ini menempuh jarak 15.343 kilometer (km) dan memakan waktu 18 jam 38 menit.

2. Lebih dari sepertiga orang takut terbang

Sebanyak 33–40 persen orang mengaku takut terbang. Bagi sebagian orang, yakni sekitar 2,5–5 persen, ketakutan ini begitu ekstrem hingga diklasifikasikan sebagai fobia klinis, aviofobia.
Bagi banyak orang, ketakutan akan ketinggian, tabrakan, atau klaustrofobia juga memengaruhi preferensi ini. Namun, bagi mereka yang menderita aviofobia, ada beberapa pilihan untuk mengatasinya, yakni terapi perilaku kognitif (CBT), kursus rasa takut terbang, dan perencanaan yang cermat.

3. Pesawat terbang tahan petir

Ternyata, setiap pesawat disambar petir sekitar setahun sekali. Namun, jangan khawatir karena pesawat terbang dibuat untuk menahannya. Energi kilat dilepaskan ke kulit aluminium pesawat terbang sehingga keselamatan penumpang tidak terganggu.

4. Terbang mengubah selera Anda

Udara kering dan tekanan rendah di dalam pesawat mengurangi kepekaan pengecap Anda terhadap makanan manis dan asin hingga 30 persen. Selera Anda akan terpengaruh pada ketinggian di atas 30 ribu kaki. Hal ini dapat mengungkap mengapa makanan pesawat terkenal begitu hambar.

5. Co-pilot harus makan makanan yang berbeda

Satu aturan yang diberlakukan mayoritas maskapai penerbangan adalah pilot harus makan makanan yang berbeda dengan co-pilot mereka. Hal ini untuk memastikan jika salah satunya jatuh sakit atau menderita keracunan makanan selama penerbangan, yang lainnya tidak. Kendati, maskapai tentu tetap memastikan kru mereka 100 persen bugar dan sehat saat terbang.

6. Bandara tersibuk

Bandara Heathrow di London tak lagi menyandang gelar bandara tersibuk di Eropa. Status tersebut saat ini dipegang Bandara Charles de Gaulle di Paris.
Dilansir dari laman Travel and Leisure, menurut Associated Press (AP), Bandara Charles de Gaulle menggeser posisi Heathrow, terutama karena pandemi Covid-19. Sejak pandemi menyetop penerbangan di Heathrow dan bandara tak menyetujui pengujian, jumlah penumpang anjlok.

 

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Global

Kampanyekan Tumbler, Komitmen Raja Ampat Selamatkan Laut
apahabar.com

Global

Wajar Bawaslu Periksa Rekaman Habib Rizieq Reuni 212
apahabar.com

Global

Yenny Wahid Unjuk Gagasan Perdamaian di Dubai

Global

Mendag M Lutfi Dapat Tiga Tugas Besar dari Jokowi, Apa Itu?
apahabar.com

Global

Pembicaraan Perdamaian Suriah Dimulai di Astana
apahabar.com

Global

Usia Terpaut 24 Tahun, Raja Malaysia Nikahi Miss Moscow
apahabar.com

Global

Teler Gegara Terpengaruh Teman, TKI Diusir dari Malaysia
apahabar.com

Global

Indonesia-Arab Saudi Perkuat Hubungan Kebudayaan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com