Wah, AS Mulai Tak Wajibkan Warganya Pakai Masker & Jaga Jarak Update Saham Spanyol, Indeks IBEX 35 Tergelincir 0,46 Persen Update Saham Inggris, Indeks FTSE 100 Tergerus 0,59 Persen Update Saham Jerman, Indeks DAX 30 Naik 49,46 poin Lebaran Pertama, Rumah hingga Jalan Provinsi di Satui Tanah Bumbu Terendam

Akses Penghubung Macet, Pemprov Kalsel Susah Payah Distribusikan Logistik

- Apahabar.com Rabu, 27 Januari 2021 - 14:25 WIB

Akses Penghubung Macet, Pemprov Kalsel Susah Payah Distribusikan Logistik

Ilustrasi banjir Kalsel. Foto-Dok/apahabar

apahabar.com, BANJARBARU – Putusnya beberapa jembatan penghubung akibat bencana banjir mengakibatkan kendala pada pendistribusian logistik di Kalimantan Selatan.

Sebagai langkah cepat, Pemprov Kalsel berupaya mensiasatinya melalui jalur-jalur alternatif.

“Terkait jalur distribusi yang terkendala akibat jalur putus sudah disiasati. Misalkan untuk Tanah Laut dikirim lewat Tanah Bumbu dan Kotabaru. Kemudian Hulu Sungai didistribusikan lewat Kaltim,” urai Pj Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, belum lama tadi.

Dampak dari persoalan krusial ini, stok bahan pokok mulai menipis di pasaran. Namun menurut Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kalsel, Birhasani, untuk ketersediaan di pihak distributor masih terjaga.

“Distribusi barang antar-daerah ke daerah terhambat, meskipun stoknya banyak tapi tidak bisa mendistribusikan,” kata Birhasani diwawancarai terpisah.

Kendati menggunakan jalur alternatif, namun akses yang dilewati cukup sulit dengan jarak tempuh yang lebih jauh. Sehingga, proses penyaluran bapok menjadi lebih lambat.

“Ada beberapa alternatif yang jalannya macet luar biasa, sempit hingga sejumlah titik yang rusak. Artinya pasokan tetap berjalan tetapi lamban karena terjadi hambatan,” jelasnya.

Menipisnya ketersediaan komoditas di masing-masing daerah berdampak pada kenaikan harga di pedagang ecer. Beberapa di antaranya seperti ayam ras, sebab produsen utamanya berada di Tanah Laut.

Dalam kondisi darurat seperti ini, dia mengimbau masyarakat agar bijak dalam berbelanja ketika menghadapi situasi bencana banjir.

Menurutnya, harga barang pada tingkat distributor masih terhitung normal. Namun, dia tak menampik, lonjakan harga terjadi di tingkat pedagang ecer.

“Kita tidak bisa menyalahkan karena biaya angkutan naik. Mereka menggunakan jalur alternatif, tentu memerlukan bahan bakar lebih dalam pendistribusian,” tukasnya

Hal yang sama juga terjadi pada stok BBM dan Elpiji. Sales Area Manager Pertamina Kalselteng, Drestanto Nandiwardhana, memastikan proses pendistribusian dikawal oleh pemerintah kabupaten/kota hingga aparat kepolisian agar disalurkan tepat sasaran.

“Kami bekerja sama dengan Pemda kabupaten/kota agar setiap hari mengawal dan melakukan operasi pasar, bekerja sama dengan agen kami. Sehingga penyaluran elpiji 3 kilogram bisa tepat sasaran, tepat harga dan tepat peruntukkannya,” kata Drestanto, dalam rapat virtual penanganan banjir bersama BPBD Kalsel, kemarin.

Mengenai kenaikan harga, pihaknya menjamin untuk pangkalan yang berada di bawah wewenang PT Pertamina masih sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Karena yang ditetapkan pemerintah itu adalah harga di pangkalan, kalau harga di pengecer tidak ditetapkan pemerintah melalui HET,” imbuhnya

Dalam penanganan banjir di Kalsel, Pertamina juga memberikan bantuan untuk pemenuhan dapur umum yang telah ditentukan. Seperti di BPBD Provinsi Kalsel, Dinsos Kalsel, Koramil di Sungai Tabuk, GOR Pelaihari Tanah Laut, dan beberapa dapur umum di kota Banjarmasin.

“Yang free hanya ke beberapa dapur umum yang disebutkan. Sekda juga mengeluarkan edaran kepada seluruh kabupaten/kota agar mengawal pendistribusian elpiji ke masyarakat,” tuturnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemprov Kalsel

Apresiasi Pengembangan Profesionalisme Guru di Kalsel, Paman Birin Puji PGRI
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Bergerak Diam-diam, Paman Birin Salurkan Paket Sembako Malam-malam
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Refleksi 70 Tahun Provinsi Kalsel Pada Masa Kepemimpinan Sahbirin-Rudy
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Wamen LHK Resmikan Market Tahura Sultan Adam
Kalsel

Pemprov Kalsel

Pj Gubernur Safrizal ZA: Pemprov Siap Kawal PSU Pilgub Kalsel

Pemprov Kalsel

Jelang Ramadan, Harga Cabai di Kalsel Masih Tinggi
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Banyak Jabatan Kosong, Pemprov Kalsel Tunggu Persetujuan Kemendagri

Pemprov Kalsel

Rakerda BKKBN Kalsel, Komitmen Penguatan Program Bangga Kencana dan Penurunan Stunting
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com