Yuk Nyumbang, apahabar.com Buka Posko Peduli Banjir Kalsel Breaking News! Jalan Nasional Banjarmasin – Hulu Sungai Putus Lagi Blak-blakan Walhi Soal Biang Kerok Banjir Kalsel BREAKING NEWS: Usai Pasukan Katak, Giliran Paskhas Mendarat di Kalsel Meletus! Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer

Bangun Pagi Jadi Resolusi Tahun Baru, Simak 5 Tips-nya

- Apahabar.com Selasa, 5 Januari 2021 - 07:11 WIB

Bangun Pagi Jadi Resolusi Tahun Baru, Simak 5 Tips-nya

Ilustrasi bangun pagi. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Bangun pagi masih menjadi persoalan yang tidak mudah bagi sebagian orang. Tak heran, bangun pagi menjadi salah satu resolusi pada tahun baru ini.

Bangun pagi diketahui menawarkan beragam manfaat. Bahkan, bangun pagi disebut sebagai salah satu resep hidup sukses.

“Saya pikir secara sosial kita selalu memiliki gagasan tentang ‘the early bird gets the worm’, tapi itu bukan kasus semua orang. Yang terpenting, kita tahu apa yang berhasil di tubuh kita,” ujar Claire Kenneally, spesialis tidur di Chicago Sleep Center, dilansir dari CNN Indonesia.

Kebiasaan tidur sebenarnya dipengaruhi oleh jam biologis tubuh atau ritme sirkadian. Beberapa faktor bisa memengaruhi jam biologis tubuh, seperti genetik, usia, lingkungan, dan gaya hidup.

Terlepas dari faktor-faktor di atas, Anda tetap bisa mewujudkan resolusi bangun pagi tahun ini dengan cara-cara sebagai berikut.

1. Paham motivasi

Liburan Natal dan tahun baru kemarin sangat mungkin membuat jam tidur jadi lebih malam. Kenneally berkata, menumbuhkan kebiasaan baru jelas bakal susah.

Spesialis tidur lain, Dianne M Augelli meminta pasien jujus dengan motivasinya untuk bangun pagi. Motivasi bangun pagi karena tekanan lingkungan disebutnya tidak akan membantu.

“Pastikan Anda memiliki motivasi rasional untuk mendorong tubuh beranjak dari kasur dan beraktivitas,” kata Augelli.

2. Tidak memaksakan tidur lebih awal dan konsisten

Apakah demi bangun pagi, Anda harus tidur lebih awal? Tidak selalu demikian. Augelli mengatakan, memaksakan tidur lebih awal malah perlahan menimbulkan insomnia.

Augelli menyarankan untuk melakukan rutinitas relaksasi sebelum tidur dan berangkat tidur saat memang merasa lelah. Perlahan tubuh akan mulai terbiasa dengan jam tidur dan jam bangun pagi.

Rutinitas harus dilakukan secara konsisten. Augelli mengatakan, jika Anda ingin menetapkan kebiasaan bangun pagi, maka Anda perlu konsisten melakukan selama 7 hari berturut-turut.

3. Paparan cahaya alami

Tubuh mengenal waktu lewat cahaya, sehingga penting untuk memperoleh cahaya alami di pagi hari. Idealnya, Anda perlu memperoleh paparan cahaya alami selama 30 menit setelah bangun tidur. Anda bisa keluar rumah atau sekadar duduk di dekat jendela.

Namun, di saat musim hujan dengan cuaca yang kerap mendung di pagi hari, Anda bisa menyiasatinya dengan menyalakan lampu kamar.

“Ini bisa sangat membantu. Matikan lampu saat sudah tidur selama setengah jam,” kata Kenneally.

4. Olahraga di waktu yang tepat

Olahraga bisa membantu Anda tidur yang tepat. Namun dengan catatan, waktunya harus diatur.

Augelli menyebut, idealnya olahraga dilakukan siang hari saat ada sinar matahari. Jika tidak memungkinkan, lakukan olahraga dua jam sebelum tidur.

“Saat kita berolahraga, kita menjadi aktif. Dan jika Anda mencoba tidur pada jam 10 malam, dan Anda berolahraga pada jam 9 malam, Anda tidak akan bisa tidur,” ujarnya.

5. Perhatikan jam makan malam

Jam makan malam yang terlalu dekat dengan jam tidur akan mengganggu tidur. Asam lambung bisa naik ke kerongkongan.

Jadwalkan jam makan malam beberapa jam sebelum tidur. Sebisa mungkin hindari alkohol dan kafein. Alkohol bisa membuat tidur ngorok, gangguan pernapasan, juga asam lambung.

Sedangkan kafein bisa bertahan di tubuh selama sekitar 8 jam. Kafein bakal membuat Anda sulit memperoleh tidur berkualitas. Cek lagi konsumsi kafein, sebab zat ini tidak hanya terdapat pada kopi tetapi juga pada teh, matcha, dan dark chocolate. Total kafein harian yang disarankan hanya 400 miligram.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Ada Manfaat Ajaib Memelihara Ikan Hias
apahabar.com

Gaya

Ada Cara Mudah Bikin Motor Awet dan Prima
apahabar.com

Gaya

3 Gaya Hijab yang Patut Dicoba
apahabar.com

Gaya

Oppo Reno 2 Series Dirilis, Cek Harga dan Spesifikasinya
apahabar.com

Gaya

Budaya Minum Kopi Kekinian
apahabar.com

Gaya

Ketahui 3 Bahaya Narkotika pada Otak
apahabar.com

Gaya

Jangan Panik, Ini Tips Turunkan Demam Si Kecil
apahabar.com

Gaya

Hanya Rp75 Ribu, Nikmati Buka Puasa Sepuasnya di Fave Hotel Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com