Sejumlah Pegawai di Banjarmasin Balikin Duit THR, Kok Bisa? Lakalantas di Angkinang HSS, Warga Haruyan HST Tewas di Tempat Viral Shogun Vs Vario di Kandangan Lama, Dua Pengendara Tewas Seketika! Dahsyatnya Banjir di Satui, Haruyan, hingga Kotabaru: Kerugian Petani Tembus Miliaran Rupiah! Hari Terakhir Penutupan KSPN Loksado, Sejumlah Pelancong Disuruh Putar Balik

Banyak yang Pulang, 150 Pengungsi Masih Bertahan di SDL Martapura

- Apahabar.com Senin, 25 Januari 2021 - 19:13 WIB

Banyak yang Pulang, 150 Pengungsi Masih Bertahan di SDL Martapura

Sebagian warga korban banjir sudah mulai meninggalkan tempat pengungsian di Stadion Demang Lehman Martapura, Senin (25/1). Foto-apahabar.com/hendralianor

apahabar.com, MARTAPURA – Para pengungsi korban banjir di Kabupaten Banjar, Kalsel yang mengungsi di Stadion Demang Lehman Martapura mulai kembali ke rumahnya masing-masing.

Pantauan apahabar.com, Senin (25/1), sekelompok warga dari Desa Sungai Rangas, Kecamatan Martapura Barat, pulang ke desa diantar menggunakan mobil pick-up milik UPT Damkar Kabupaten Banjar.

Salah satu warga mengungkapkan, ia memilih pulang lantaran air mulai surut yaitu setinggi lutut orang dewasa. Di SDL ia sudah 10 hari mengungsi.

Meski belum sepenuhnya banjir reda, warga Sungai Rangas terlihat sudah tidak sabar untuk pulang, untuk segera bersih-bersih rumah.

Di sisi lain, sebagian warga masih memilih bertahan di SDL Martapura, alasannya listrik belum nyala.

Martapura

Sebagian pengungsi memilih masih bertahan lantaran listrik di rumah masih belum menyala dan banjir masih selutut, Senin (25/1). Foto-apahabar.com/hendralianor

Kebanyakan yang masih bertahan adalah warga asal Desa Bincau dan Bincau Muara. “Di rumah masih padam listrik. Airnya juga masih dalam sampai selutut,” ujar Lisda, warga Bincau Muara.

Warga lainnya yang juga mengungsi di SDL Martapura berharap, seusai banjir ini ada dermawan yang mau menyumbangkan kasus.

“Harapan kami sesudah banjir ini ada sumbangan kasur, karena semua sudah habis terendam banjir. Kasur yang kami pakai kasur kapuk, jadi tidak bisa lagi dipakai. Kalau kasur dari busa kan bisa aja dijemur,” harap Nana, warga RT 01 Desa Bincau, Martapura.

Total yang masih bertahan mengungsi di SDL ada kurang lebih 150 warga. Sebelumnya tercatat total 895 pengungsi dari berbagai desa dan kecamatan.

“Sampai hari ini sudah 15 hari para pengungsi menempati SDL, dan sudah berangsur berkurang sejak lima hari ini,” ujar Ainun Fadillah, salah satu relawan banjir di pengungsian SDL Martapura.

Dari data Pemkab Banjar, SDL adalah satu titik pengungsian dari total 135 tempat pengungsian se-Kabupaten Banjar.

17 kecamatan dan 183 kelurahan/desa yang terdampak banjir besar ini. Total korban banjir 235.076 jiwa dan 55.904 kepala keluarga (KK). Sementara warga yang mengungsi tercatat 73.750 jiwa.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

OTT Komisioner KPU RI: ‘Lampu Kuning’ di Pilkada Serentak Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Habar Haji 2019; Tiba Malam Ini, Jemaah Haji BDJ 01 Bertambah
Inspektur Polisi Satu, Iksan Prananto, Kapolsek Kelumpang Tengah.

Kalsel

Berharap Tuah Guru Sekumpul, Polisi di Kotabaru Berangkatkan Jemaah ke Haul
apahabar.com

Kalsel

Cuaca Kalsel 28 September; Hujan Ringan Hingga Cerah Berawan
apahabar.com

Kalsel

Anwar Rela Uang Pensiunnya Dipotong Demi Kartu Hijau
apahabar.com

Kalsel

Dilan 1991 Kuasai 4 Studio Cinemaxx Q Mall Banjarbaru, Tiket Hampir Ludes!
APK

Kalsel

Detik Terakhir Masa Kampanye, Bawaslu RI Pantau Penertiban APK di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

SMPN 22 Desa Paya HST Diajak Bercocok Tanam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com