Agya Vs Scoopy di Stagen Kotabaru, Gadis 17 Tahun Patah Kaki Hari Ini, 22 Warga Kotabaru Positif Covid-19 Polisi Ungkap Kronologis Kecelakaan Maut di Cempaka yang Tewaskan 1 Pengendara Ratusan Gram Sabu Gagal Edar di Kukar, Polda Kaltim Ringkus 1 Pelaku Mulai Besok, Wisata Dadakan di Liang Anggang Ditutup!

Banyak yang Pulang, 150 Pengungsi Masih Bertahan di SDL Martapura

- Apahabar.com Senin, 25 Januari 2021 - 19:13 WIB

Banyak yang Pulang, 150 Pengungsi Masih Bertahan di SDL Martapura

Sebagian warga korban banjir sudah mulai meninggalkan tempat pengungsian di Stadion Demang Lehman Martapura, Senin (25/1). Foto-apahabar.com/hendralianor

apahabar.com, MARTAPURA – Para pengungsi korban banjir di Kabupaten Banjar, Kalsel yang mengungsi di Stadion Demang Lehman Martapura mulai kembali ke rumahnya masing-masing.

Pantauan apahabar.com, Senin (25/1), sekelompok warga dari Desa Sungai Rangas, Kecamatan Martapura Barat, pulang ke desa diantar menggunakan mobil pick-up milik UPT Damkar Kabupaten Banjar.

Salah satu warga mengungkapkan, ia memilih pulang lantaran air mulai surut yaitu setinggi lutut orang dewasa. Di SDL ia sudah 10 hari mengungsi.

Meski belum sepenuhnya banjir reda, warga Sungai Rangas terlihat sudah tidak sabar untuk pulang, untuk segera bersih-bersih rumah.

Di sisi lain, sebagian warga masih memilih bertahan di SDL Martapura, alasannya listrik belum nyala.

Martapura

Sebagian pengungsi memilih masih bertahan lantaran listrik di rumah masih belum menyala dan banjir masih selutut, Senin (25/1). Foto-apahabar.com/hendralianor

Kebanyakan yang masih bertahan adalah warga asal Desa Bincau dan Bincau Muara. “Di rumah masih padam listrik. Airnya juga masih dalam sampai selutut,” ujar Lisda, warga Bincau Muara.

Warga lainnya yang juga mengungsi di SDL Martapura berharap, seusai banjir ini ada dermawan yang mau menyumbangkan kasus.

“Harapan kami sesudah banjir ini ada sumbangan kasur, karena semua sudah habis terendam banjir. Kasur yang kami pakai kasur kapuk, jadi tidak bisa lagi dipakai. Kalau kasur dari busa kan bisa aja dijemur,” harap Nana, warga RT 01 Desa Bincau, Martapura.

Total yang masih bertahan mengungsi di SDL ada kurang lebih 150 warga. Sebelumnya tercatat total 895 pengungsi dari berbagai desa dan kecamatan.

“Sampai hari ini sudah 15 hari para pengungsi menempati SDL, dan sudah berangsur berkurang sejak lima hari ini,” ujar Ainun Fadillah, salah satu relawan banjir di pengungsian SDL Martapura.

Dari data Pemkab Banjar, SDL adalah satu titik pengungsian dari total 135 tempat pengungsian se-Kabupaten Banjar.

17 kecamatan dan 183 kelurahan/desa yang terdampak banjir besar ini. Total korban banjir 235.076 jiwa dan 55.904 kepala keluarga (KK). Sementara warga yang mengungsi tercatat 73.750 jiwa.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

A

Kalsel

Pernah Jaga Karcis di Stadion, Paman Birin Dukung Renovasi 17 Mei Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Pemungutan Suara di Tabalong Berjalan Aman dan Disiplin Protokol Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Polisi Amankan Ribuan Liter Bensin dari Pria di Banjarmasin Timur
apahabar.com

Kalsel

Peduli Korban Kebakaran di Alalak, PMII Banjarbaru Galang Dana di Jalan
apahabar.com

Kalsel

Waspada, Wanita di Martapura Dibegal Jelang Lebaran
apahabar.com

Kalsel

Sebelum Dipimpin Mardani H Maming Pemkab Tanah Bumbu Tak Pernah Raih WTP
apahabar.com

Kalsel

Jalin Keharmonisan, Kapolresta Batola Serahkan Hewan Kurban ke Pesantren Al Mujahidin
apahabar.com

Kalsel

Prostitusi via Online di Tanjung, Polisi Tangkap Seorang Mucikari
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com