Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com Operasi SAR SJ-182 Dihentikan, KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami Potret Seribu Sungai, Serunya Memancing di Jembatan Sudimampir Banjarmasin Menengok Kondisi Pengungsi Banjar di Kota Idaman Banjarbaru

Barabai dan Pandawan Rawan, Tindak Pidana di HST Meningkat

- Apahabar.com Jumat, 1 Januari 2021 - 11:00 WIB

Barabai dan Pandawan Rawan, Tindak Pidana di HST Meningkat

Kapolres HST, AKBP Danang Widaryanto, didampingi Kasat Resnarkoba dan KBO Satreskrim menunjukkan barang bukti kasus yang diungkap sepanjang 2020. Foto-apahabar.com/Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Pandemi sepanjang 2020 telah mengganggu banyak aspek kehidupan. Tetapi tidak dengan tindak kriminal yang terjadi di wilayah hukum Polres Hulu Sungai Tengah (HST).

Tercatat sepanjang 2020, tindak kriminal yang berhasil diungkap Polres HST sebanyak 204 tersangka.

“Tindak kriminal yang diungkap lebih tinggi dibandingkan 2019, khususnya kejahatan konvensional,” papar Kapolres HST, AKBP Danang Widaryanto, dalam konferensi pers akhir tahun, Kamis (31/12) sore.

Dari sekian tindak pidana, penyalahgunaan dan peredaran narkotika terbilang menonjol. Dari sebelumnya 65 tersangka, Polres HST menangkap 113 tersangka sepanjang 2020.

Total barang bukti khusus narkoba pun meningkat. Disita 188,32 gram sabu dan 51.954 butir obat daftar G maupun tanpa izin edar.

“Rata-rata para tersangka berumur 30. Kasus yang terbanyak diungkap dari Kecamatan Barabai dan Pandawan,” jelas Danang.

Sedangkan kejahatan konvesional yang diungkap Satreskrim, juga melonjak signifikan selama pandemi. Total terjadi 259 kasus, 191 kasus di antaranya selesai ditangani dengan jumlah tersangka 91 orang.

Tercatat 2 kasus kejahatan konvensional yang menonjol sepanjang 2020, yakni kematian Latifah akibat dibunuh anak tiri di Jalan Lingkar Walangsi, dan kematian dua bocah di tangan ibu kandung di Desa Pagat.

“Seiring peningkatan kasus, khususnya kejahatan konvensional, kami berharap masyarakat HST bisa bekerja sama melakukan pemberantasan,” harap Danang.

“Juga tetap patuhi protokol kesehatan, sebab Covid-19 masih mengintai. Siapapun bisa tertulari,” tandasnya.

Di sisi lain, pelanggaran lalu lintas jauh menurun. Hanya terjadi 1.317 pelanggaran sepanjang 2020 atau turun hingga 894 pelanggaran dibandingkan tahun sebelumnya.

Semetara jumlah kecelakaan mencapai 65 kejadian dengan korban jiwa 18 orang. Setahun sebelumnya jumlah kecelakaan sebanyak 59 kejadian, tapi dengan korban 30 orang.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HST

Kasus Covid-19 Melonjak di HST, Kemenkes RI Turunkan Tim ke Lapangan
apahabar.com

HST

5 Anggota BPD di Meratus Terpilih, Bupati HST: Selamat Bertugas
apahabar.com

HST

Hasil Banding Nabi Palsu, PT Perkuat Putusan PN Barabai
apahabar.com

HST

Nekat Langgar Protokol Kesehatan di HST, Siap-Siap Sanksi Menanti
Misteri

HST

Masih Misteri, Berikut Kronologis Penemuan Mayat Tinggal Tengkorak di Jamil HST
PDAM

HST

Tren Kasus di Kejari HST 2020, Dari Korupsi PDAM hingga Nabi Palsu
apahabar.com

HST

Diskominfo HST Bekerjasama Telkom Gelar Bimtek Pengenalan Jaringan dan Troubleshooting 
apahabar.com

HST

HST Godok Tiga Raperda, Satu Terkait Rencana Induk Pembangunan Industri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com