Viral Korban Banjir Kalsel Lahirkan di Jukung, Nama Anaknya Unik Malam Ini, Mata Najwa Kupas Biang Kerok Banjir Kalsel Banjir Kalsel Makan Korban Lagi, Bocah Hilang di Siring Banjarmasin Di Balikpapan, Ayah Ditangkap Gegara Anak Jual Tisu Link Live Streaming Mata Najwa Malam Ini, Kupas Tuntas Banjir Kalsel

Bersama apahabar.com, LPM Lensa Poliban Asah Mahasiswa Berpikir Kritis dan Kreatif

- Apahabar.com Sabtu, 9 Januari 2021 - 17:15 WIB

Bersama apahabar.com, LPM Lensa Poliban Asah Mahasiswa Berpikir Kritis dan Kreatif

Redaktur Pelaksana apahabar.com, Fariz Fadhillah memberikan materi dalam pelatihan jurnalistik oleh LPM Lensa Poliban, Sabtu (9/1). Foto-Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – Untuk kedua kalinya, apahabar.com berbagi ilmu dan pengalaman seputar jurnalistik bersama mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin.

Diinisiasi oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Lensa, kegiatan pendidikan dan pelatihan digelar di SMA Negeri 4 Banjarmasin, Sabtu (9/1) pagi.

“Mereka ini yang akan menjadi cikal bakal insan pers berikutnya. Semoga ilmu yang kami bekali ini bisa membuat mereka lebih sensitif terhadap isu yang berkembang saat ini,” ujar Fariz Fadhillah, Redaktur Pelaksana apahabar.com.

Sesuai dengan tema kegiatan, diklat ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa dalam meningkatkan kreativitas, kemampuan berpikir kritis dan bakat di bidang jurnalistik. Beberapa materi dibawakan, meliputi dasar-dasar jurnalistik, teknik reportase, hingga pembedahan artikel berita.

Selain Fariz, materi dari apahabar.com juga dilengkapi oleh Puja Mandela selaku redaktur dan Musnita Sari sebagai wartawan.

“Yang terpenting kita harus memiliki naluri untuk memilih, mana yang layak dan tidak layak berita. Selain itu, tentu saja kemampuan menulis juga sangat penting,” kata Puja Mandela.

Dalam sesi praktik, Puja menilai beberapa tulisan mahasiswa sudah cukup bagus, memiliki struktur kalimat yang baik, dan memiliki gaya tulisan yang tidak bertele-tele.

“Sebagian sudah bagus. Tinggal beberapa masih belum patuh kata baku,” katanya.

Sedikitnya ada 30 mahasiswa yang terlibat sebagai peserta diklat ini. Ketertarikan mereka akan materi cukup tinggi, ini terlihat dari antusiasme peserta saat sesi tanya jawab berlangsung.

Dari data yang dikumpulkan media ini, 70 persen peserta terhitung sebagai jurnalis muda yang baru tergabung dalam LPM Lensa.

Sehingga, pemberian materi dasar mengenai jurnalistik dinilai tepat untuk tingkat kemampuan mereka.

Tim apahabar.com berharap, peserta tak hanya sekadar menerima materi sebagai tambahan pengetahuan mereka. Namun, dapat diaplikasikan ketika melakukan kegiatan jurnalistik di lapangan.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

BPJS Kesehatan Barabai

Hari Kesehatan Nasional, Duta BPJS Kesehatan Apresiasi Nakes dan Kampanyekan Prokes di HST
apahabar.com

Kalsel

Intip Komitmen Pemkab Hulu Sungai Selatan Berantas Kemiskinan
apahabar.com

Kalsel

Belasan Paket Sabu dan Ineks Siap Edar Disita dari Pemuda Binuang
apahabar.com

Kalsel

PWNU Kalsel Minta Aparat Usut Tuntas Kasus Penusukan Syekh Ali Jaber
apahabar.com

Kalsel

Ratusan Calon Inspektur Polisi di Kalsel Tes Kesehatan
Ovie

Banjarbaru

Sukses Antarkan Ovie Menangi Pilwali Banjarbaru, Harlah ke 48 PPP Istimewa

Hukum

VIDEO: Mahasiswi Akademi Perawat Korban Bunuh Diri, Polisi: Masih Diselidiki
apahabar.com

Kalsel

Gaji Ke-13 PNS Cair, PNS di Banjarmasin Diimbau Sesuai Peruntukan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com