Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Black Box Ditemukan, Basarnas Lanjut Cari Korban Sriwijaya Air

- Apahabar.com Rabu, 13 Januari 2021 - 07:49 WIB

Black Box Ditemukan, Basarnas Lanjut Cari Korban Sriwijaya Air

Kondisi Black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di Kepulauan Seribu diperlihatkan di Dermaga JICT, Jakarta, Selasa (12/1/2021). Kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 ditemukan di sekitar Pulau Laki-Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, pukul 16.20 WIB. Foto-Liputan6.com

apahabar.com, JAKARTA – Tim SAR sudah berhasil menemukan flight data recorder (FDR) dari black box pesawat Sriwijaya Air SJ182. Basarnas pun lanjut mencari korban.

Kabasarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito menyebut, pencarian korban pesawat Sriwiijaya Air SJ 182 tetap diteruskan meski black box sudah ditemukan.

“Tentu ke depan kita masih akan melanjutkan upaya pencarian ini untuk evakuasi korban, demikian juga evakuasi material yang ada, yang masih ada di dalam lokasi tersebut,” katanya, kutip Liputan6.com di posko JICT, Jakarta Utara, Rabu (13/1).

Dia melanjutkan, tim SAR juga masih mencari Cockpit Voice Recorder (CVR). Bagus berharap operasi pencarian berjalan lancar.

“Untuk kegiatan ke depan, operasi ini kami meminta bantuan dari Panglima TNI, Polri dan dari seluruh stakeholder terkait dan mudah-mudahan operasi SAR ini berjalan dengan lancar dan bisa kita tuntaskan dengan baik,” tuturnya.

Bagus mengucapkan terima kasih kepada para pihak terkait yang memberi dukungan dan bantuan pada operasi pencarian ini.
“Ucapan terimakasih saya kepada seluruh jajaran yang ada, kepada Panglima TNI, KSAL, Polri yang membantu upaya operasi SAR dalam jatuhnya Sriwijaya ini,” pungkasnya.

FDR Black Box Ditemukan

Flight Data Recorder (FDR) salah satu bagian dari black box Sriwijaya Air SJ 182 ditemukan. FDR ini ditemukan sekitar pukul 16.00 WIB, Selasa (12/1/2021).

“FDR sudah ditemukan,” kata Panglima TNI, Hadi Tjahjanto, di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menurut dia, awalnya pukul 14.00 WIB, Kepala Staf Angkatan Laut melaporkan penemuan pecahan dari FDR, bagian black box Sriwijaya Air SJ 182. Pecahan tersebut adalah pengirim sinyal “Ping” yang terlepas dari FDR.

Tim penyelam kemudian melakukan pencarian dan menemukan FDR dan pecahan lainnya dari black box. Pecahan itu adalah bagian dari Cockpit Voice Recorder (CVR).
Lagi-lagi, pecahan ini adalah pengirim sinyal “Ping” dari CVR.

“Artinya 1 lagi CVR masih perlu dicari tanpa bantuan pengirim sinyal tersebut. Kami meyakini karena semua pengirim sinyal CVR juga ditemukan di lokasi itu, maka kami yakin akan ditemukan di lokasi tersebut,” kata Panglima TNI soal black box Sriwijaya Air SJ182.

 

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Letusan Merapi Picu Hujan Abu
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: 790 Positif, 58 Meninggal, 31 Sembuh
apahabar.com

Nasional

Taufik Arbain : Wajar Mardani H Maming Masuk Kabinet Jelang Era Bonus Demografi
Bupati

Nasional

Bupati Luwu Timur Thoriq Husler Meninggal Dunia, Covid-19?
apahabar.com

Nasional

Jokowi Minta Para Menteri Ikut Promosikan Pemakaian Masker
apahabar.com

Nasional

Festival Aruh Film Kalimantan 2018 Berakhir, Sineas Banjarmasin dan Pontianak Berbagi Juara
apahabar.com

Nasional

Erick Panggil Mantan Komisioner KPK ke Kementerian BUMN
apahabar.com

Nasional

Gelombang 10 Mungkin Penutup Program Kartu Prakerja
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com