Peserta KLB Demokrat Dijanjikan Rp 100 Juta, Ternyata Hanya Terima Rp 5 Juta Polisi Bakal Tindak Parkir Sembarangan di Kawasan Taman Kota-Masjid Raya Kotabaru Kemenkes Sebut 4 Pasien yang Terserang Corona B117 Tak Bergejala Berat Menkes Ungkap Tambahan Kasus Mutasi Corona Baru, 1 dari Kalsel Amuntai Heboh! Belasan Balita Diduga Keracunan Usai Konsumsi Soto

BPBD Kapuas Kembali Ingatkan Warga, Waspada Cuaca Ekstrem

- Apahabar.com Sabtu, 16 Januari 2021 - 16:28 WIB

BPBD Kapuas Kembali Ingatkan Warga, Waspada Cuaca Ekstrem

Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga. Foto-apahabar.com/Irfan

apahabar com, KUALA KAPUAS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Kalteng, kembali mengingatkan warga Kapuas agar waspada terhadap cuaca ekstrem yang terjadi saat ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, BMKG telah merilis prakiran cuaca untuk wilayah Kalteng yang berlaku mulai 14 sampai 20 Januari 2021.

“Jadi, perlu kami sampaikan peringatan dini-nya, bahwa kita harus waspada terhadap potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan petir/kilat dan angin kencang,” katanya, Sabtu (16/1).

Kemudian, lanjut Panahatan, masyarakat juga harus waspada terhadap potensi adanya genangan air, banjir dan pohon tumbang akibat terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang.

Selanjutnya warga Kapuas juga harus mewaspadai terhadap pertumbuhan awan kompentik dan awan cumulonimbus yang dapat berpotensi hujan sedang dan lebat.

“Sehingga menimbulkan angin kencang serta menambah tinggi gelombang di wilayah pesisir dan perairan selatan di Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Warga Kapuas juga diingatkan agar mewaspadai potensi gelombang tinggi 1 meter sampai 2,5 meter yang berpeluang juga terjadi di perairan selatan Kalimantan Tengah.

“Nah, kalau kita lihat beberapa hari terakhir Kabupaten Kapuas tergenang air di beberapa lokasi, itu akibat dari potensi gelombang tinggi di laut saat pasang,” terang Panahatan.

“Sementara curah hujan sangat tinggi membuat pertemuan air di daerah hilir. Jadi, ini harus diwaspadai oleh warga Kapuas, khususnya yang berada di pinggiran sungai,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kapuas

Kalteng

Tinjau Food Estate di Kapuas, Mentan Targetkan Januari 2021 Tanam Perdana
apahabar.com

Kalteng

Tambah Wawasan, Jajaran Pemkab Tanah Laut Kunjungi Kapuas Kalteng
Satresnarkoba

Kalteng

Satresnarkoba Polres Kapuas Ringkus Pengedar 30 Gram Sabu
apahabar.com

Kalteng

Korban Kebakaran di Desa Kayu Bulan Kapuas Terima Bantuan
apahabar.com

Kalteng

Pemkot Palangka Raya Distribusi Bapok ke Warga Terdampak Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Gubernur Kalteng Terima Penghargaan Indonesia Award
apahabar.com

Kalteng

Hari Santri 2020 di Palangka Raya, Wali Kota Ajak Santri Ikut Aktif Cegah Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Terkait Opsi Perppu Baru, KPUD Barut Tunggu Perintah Pusat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com