H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel Polda Kaltim Gagalkan Peredaran Sabu 6 Kg di Samarinda dan Balikpapan Banjarmasin Resmi Perpanjang Tanggap Darurat Banjir, Kecamatan Timur Terparah! Resmi! Banjarmasin Berlakukan Pembatasan Transisi Mulai Hari Ini Dear Korban Banjir Kalsel, Posko untuk Gugat Gubernur Sahbirin Segera Dibuka!

Daftar Bisnis yang Melejit Selama Pandemi; dari Layanan Streaming hingga Jasa Pengiriman

- Apahabar.com Jumat, 1 Januari 2021 - 14:46 WIB

Daftar Bisnis yang Melejit Selama Pandemi; dari Layanan Streaming hingga Jasa Pengiriman

Ilustrasi. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Sejumlah bisnis ambruk selama pandemi. Namun, sebagian bisnis lainnya justru tetap bertahan, bahkan mampu terus eksis di tengah krisis akibat Covid-19.

Salah satu perusahaan yang paling terdampak adalah Apple Inc. Pada 23 Maret 2020, mereka telah kehilangan nilai pasar 435 miliar dolar AS dalam waktu lima pekan karena Covid-19. Pandemi juga menyebabkan banyak gerai ritelnya yang tutup

Pada 30 Desember, nilai pasar saham Apple mencapai 2,29 triliun dolar AS atau naik 133 persen sejak Maret.

Sementara itu, laporan yang dikeluarkan National Bureau of Economic Research menemukan bahwa 2 persen dari usaha kecil yang disurvei telah tutup permanen pada Maret.

Di sisi lain, pemerintah AS mengeluarkan bantuan kepada usaha kecil yang diharapkan membantu mereka menghadapi pandemi.

Keberhasilan Apple dan dan perjuangan bisnis kecil lainnya hanyalah satu contoh bagaimana pandemi menciptakan pemenang dan pecundang bisnis pada 2020.

Pada 2020, seseorang dipaksa bekerja jarak jauh dan bertemu melalui platform Zoom. Pemesanan makanan secara online meningkat tajam.

Di sisi lain, gedung perkantoran mendadak sepi, restoran kosong, dan tak seorang pun datang ke pusat kebugaran. Karena tak banyak yang melakukan perjalanan, industri penerbangan meminta bantuan miliaran dolar AS dari pemerintah.

Berikut ini bisnis yang melejit di tengah pandemi yang dilansir dari Republika.co.id.

1. Teknologi

Karantina wilayah menyebabkan perubahan besar dalam kehidupan online yang sudah berlangsung. Dengan segala hal dilakukan dari rumah, kondisi ini sangat menguntungkan bagi industri teknologi.

Apple, Microsoft, Amazon dan Google saat ini menyumbang sekira 22 persen dari S&P 500. Pada awal tahun, lima perusahaan teknologi itu hanya menyumbang kurang dari 17 persen.

2. Layanan streaming

Saat bioskop tutup dan lockdown diterapkan di seluruh negara, orang-orang beralih ke layanan streaming video. Pandemi mempercepat tren orang beralih menonton TV online daripada TV kabel tradisional.

Netflix adalah pemenang terbesar, dengan penambahan 28 juta pelanggan selama sembilan bulan pertama tahun 2020. Disney Plus memperoleh 86,8 juta pelanggan dalam satu tahun.

3. Jasa pengiriman

Saat orang-orang terjebak di rumah karena virus corona, pengiriman restoran menjadi bisnis yang penting.

Layanan Uber Eats menghasilkan lebih banyak keuntungan selama kuartal III daripada bisnis tumpangan. Sementara Doordash, menawarkan pengiriman dari 390 ribu pedagang di AS, Kanada, dan Australia

4. Fitness rumahan

Aktivitas olahraga kini telah berpindah ke rumah selama pandemi. Pembuat sepeda kebugaran Peloton adalah salah satu yang mengeruk keuntungan. Pendapatannya selama sembilan bulan pertama meningkat lebih dari dua kali lipat karena orang banyak meminta pemesanan untuk di rumah.

Di sisi lain, tempat fitness menjadi tidak laku karena orang menghindari keramaian. Planet Fitness mencatat penurunan pendapatan hingga 45 persen pada September. Sementara, 24 Hour Fitness mencari cara agar tak bangkrut.

5. Kebutuhan hewan peliharaan

Di rumah saja membuat orang banyak mengadopsi hewan peliharaan. Kebutuhan akan makanan dan layanan pemeliharaan hewan pun meningkat tajam.

Survei American Pet Products Association menunjukkan kebutuhan untuk hewan peliharaan meningkat 56 persen.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Main Proyek, Jaksa Agung Siap ‘Binasakan’ Jaksa Nakal
apahabar.com

Nasional

Sampah di Kepulauan Seribu Capai 40 Ton per Hari
apahabar.com

Nasional

Jokowi Telah Teken Perpres Pengembangan Kompetensi Kerja
Habib Banua

Nasional

Seruan Habib Banua Soal Bentrok Polisi dengan Pendukung Rizieq: Ayo Duduk Bersama
apahabar.com

Nasional

Jokowi Beberkan Strategi agar Indonesia Keluar dari Jebakan Negara Kelas Menengah
apahabar.com

Nasional

Tanpa Turis, Tengok Nasib Bali
puan maharani

Nasional

Viral Video Detik-detik Puan Maharani Diduga Matikan Mic Irwan Fecho, Masinton Pasaribu PDIP : Mic Mati Otomatis
apahabar.com

Nasional

Fenomena Sensen Komara di Garut, ‘Rasul’ Menyesatkan dengan Ribuan Jemaah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com