Awal Usul Buka Investasi Miras di 4 Provinsi, Berikut Penjelasan Bahlil Heboh, Hujan Es Terjadi di Long Ikis Paser Izin Investasi Miras Dicabut, Bahlil Yakin Kepercayaan Investor Masih Baik Detik-Detik Kaburnya 4 Napi Kandangan, Jebol Teralis hingga Panjat Genteng BREAKING! Polisi Tangkap 2 Narapidana Kabur dari Rutan Kandangan

Debit Air Mulai Turun, PLN Normalisasi Suplai Listrik ke Permukiman Terdampak Banjir

- Apahabar.com Senin, 18 Januari 2021 - 18:18 WIB

Debit Air Mulai Turun, PLN Normalisasi Suplai Listrik ke Permukiman Terdampak Banjir

Ilustrasi petugas PLN melakukan normalisasi suplai listrik. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng) melakukan percepatan penormalan sistem kelistrikan di daerah terdampak banjir di Kalsel, Senin (18/1).

Penyaluran suplai listrik dilakukan oleh PLN karena debit air di beberapa daerah terdampak banjir mulai turun.

General Manager PLN UIW Kalselteng, Sudirman mengatakan pihaknya begerak cepat melakukan upaya penyaluran listrik ke daerah terdampak banjir dengan menerjunkan 245 petugas dan 146 unit armada yang terdiri dari 96 Unit kendaraan roda empat, 45 unit kendaraan roda dua, 3 unit kendaraan PDKB sentuh langsung, serta 2 unit mobile crane.

“Alhamdulillah saat ini debit air di berbagai wilayah terdampak sudah mulai turun. Untuk mempercepat penyaluran listrik ke pelanggan, kami sudah kerahkan 245 petugas dan 146 unit armada,” ungkap Sudirman.

Sudirman menambahkan berdasarkan pantauan sistem kelistrikan sampai pukul 08.00 WITA, pada Senin (18/1) PLN sudah berhasil melakukan penormalan sebanyak 1.008 Gardu Distribusi Listrik dari 1.567 yang terdampak.

Selain itu PLN juga sudah berhasil mengaliri listrik ke 48.447 pelanggan dari 110.161 yang terdampak.

“Sampai saat ini kami sudah berhasil melakukan percepatan penormalan suplai listrik ke wilayah terdampak banjir. Progress percepatan penormalan suplai listrik pada gardu distrbusi terdampak banjir saat ini sudah 56% berhasil kami nyalakan dan 48.447 pelanggan sudah dilistriki kembali,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sudirman mengatakan listrik sangat dibutuhkan oleh masyarakat pasca banjir.

Untuk itu PLN berkomitmen melakukan percepatan penormalan suplai listrik ke seluruh wilayah terdampak banjir, pihaknya akan terus melakukan pemantauan debit air dan mengambil langkah cepat menyalurkan listrik ke pelanggan terdampak.

“Listrik akan sangat dibutuhkan masyarakat menghadapi situasi pasca banjir ini, untuk keperluan pengisian daya baterai alat komunikasi dan juga alat untuk membantu mereka membersihkan rumah. Petugas kami akan terus melakukan patroli pemantauan situasi dan kondisi debit air di titik lokasi terdampak banjir dan berupaya secepat mungkin menyalurkan kembali aliran listrik ke Pelanggan,” ucapnya.

Sudirman mengimbau kepada seluruh masyarakat terdampak banjir untuk tetap berhati-hati saat bersentuhan langsung dengan peralatan elektronik yang tersambung dengan arus listrik.

Sebagai langkah antisipasi, sebaiknya masyarakat memastikan terlebih dahulu air di dalam rumah sudah surut dan manfaatkan stop kontak dipososi terpasang yang tinggi.

“Meskipun listrik sudah menyala tapi kondisi di rumah masih ada genangan air, kami imbau masyarakat tetap waspada. Perhatikan betul alat elektronik yang terhubung ke stop kontak, setidaknya gunakan stop kontak di posisi yang tinggi,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

Kalsel

Breaking! Paman Birin Segera Diberhentikan dari Gubernur Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Tanggapan Sekda Tabalong tentang Status Wabup Zony
apahabar.com

Kalsel

Polisi HSU Gagalkan Peredaran Kosmetik Ilegal Beromzet Puluhan Juta
apahabar.com

Kalsel

Jangan Main-main dengan Politik Uang
Meratus

Kalsel

Tak Kantongi SK, Hutan Adat Kalsel Masih Terganjal Perda
apahabar.com

Kalsel

Save Meratus, Mahkamah Agung Kabulkan Gugatan Walhi
apahabar.com

Kalsel

Reses Komisi V DPR RI, Rifqinizamy Ungkap Proyek Nasional di Kabupaten Banjar
apahabar.com

Kalsel

Kampung Tangguh Covid-19 di Basirih Selatan Dapat Apresiasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com