Dituduh 2BHD Curang dalam Sidang MK, Tim SJA-Arul Irit Bicara Breaking! 2 Penganiaya Brutal ABG di Hotel Banjarmasin Ditangkap Viral Aksi Brutal ABG Dianiaya di Hotel Banjarmasin, Pacar Pelaku Ternyata Salah Kamar Motif Penganiayaan Brutal ABG di Hotel Banjarmasin: Korban Menolak Dijual! Jejak 6 Preman Perbatasan Kalsel-Kaltim yang Disikat Polisi, Galang Dana dengan Memeras

Dewan Kalsel Harapkan Warga Ikut dalam Kelola Objek Wisata

- Apahabar.com Rabu, 13 Januari 2021 - 00:33 WIB

Dewan Kalsel Harapkan Warga Ikut dalam Kelola Objek Wisata

Ilustrasi - Pantai Batakan Baru salah satu objek wisata di Tanah Laut yang dikelola warga setempat. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Dewan Kalsel mengharapkan warga ikut dalam mengelola sebuah objek wisata.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Imam Suprastowo, Selasa (12/1).

Menurut Imam, itu bertujuan supaya lokasi wisata bisa lebih bagus dan kondusif dan menjadi salah satu Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM).

“Sejak awal warga di sekitar obyek wisata diikutsertakan dalam pengelolaannya,” kata Imam usai melakukan kunjungan kerja dalam daerah, kemarin, di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut.

Imam mengatakan, kunjungan kerja itu dalam rangka menggali potensi-potensi wisata yang ada di Kabupaten Tanah Laut, baik yang dikelola pemkab, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) maupun masyarakat.

“Kita ingin mengakampanyekan, mempromosikan semua obyek wisata yang ada di kabupaten/kota,” tambah politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini.

Karena, meskipun tidak memberikan pendapatan asli daerah (PAD) bagi pemprov, namun dampak dengan banyaknya kunjungan wisatawan ke obyek wisata membuat Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Kalsel jadi lebih baik.

Menurut Imam, Kabupaten Tanah Laut memiliki banyak sekali potensi wisata, mulai dari pantai, perkebunan, pertanian, termasuk kehutanan yang sudah dikelola oleh beberapa KPH, seperti di Gunung Kira dan Goa Marmer.

Namun demikian, diharapkan kesadaran masyarakat di sekitar obyek wisata, khususnya dalam menerima kehadiran tamu atau wisatawan yang ingin menikmati obyek wisata di wilayahnya.

Dia juga meminta pemkab setempat untuk giat menggerakkan masyarakat untuk mendukung keberadaan destinasi wisata yang ada di daerahnya.

“Sejak awal Komisi II menekankan bahwa untuk membuat obyek wisata jadi lebih baik dan lebih kondusif adalah dengan mengikutsertakan masyarakat sekitar obyek wisata tersebut,” tegas Imam.

Sementara itu, Wakil Bupati Tala, Abdi Rahman sangat bersyukur atas perhatian pemprov dan DPRD Kalsel, yang ingin menggali potensi-potensi wisata di daerahnya.

“Apalagi sektor pariwisata menjadi salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Tala,” kata Abdi.

Di antaranya, dengan terus melakukan perbaikan dan peningkatan berbagai fasilitas umum, sehingga tercipta kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung obyek wisata.

Namun demikian, dirinya tetap mengharapkan dukungan dan perhatian pemprov dan DPRD Kalsel dalam rangka meningkatkan kepariwisataan di daerahnya demi menyejahterakan masyarakat.

“Kita mengharapkan adanya sinergitas antara Pemprov Kalsel dengan Pemkab Tala dalam upaya meningkatkan kepariwisataan,” ungkapnya.

Sebelumnya, rombongan Komisi II DPRD dan Dinas Pariwisata Kalsel diterima Wakil Bupati Tala Abdi Rahman, di aula Dinas Pariwisata setempat sekaligus mendengarkan paparan Kepala Dinas Pariwisata terkait pengelolaan obyek wisata di Kabupaten Tanah Laut.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kalsel

DPRD Kalsel Tandatangani 10 Dekrit Tuntutan Mahasiswa

DPRD Kalsel

Anggota DPRD Kalsel Bagi Sembako untuk Korban Banjir
apahabar.com

DPRD Kalsel

Demo Mahasiswa Kalsel, Dewan Sepakat Tolak Revisi UU KPK dan KUHP
apahabar.com

DPRD Kalsel

Update Kebakaran Alalak, Wali Kota dan Pimpinan DPRD Banjarmasin Salurkan Bantuan
apahabar.com

DPRD Kalsel

Belum Sepenuhnya Mulus, Jalan Margasari-Marabahan Diharapkan Segera Diaspal

DPRD Kalsel

Lindungi Buruh, DPRD Kalsel Segera Revisi Perda Mengacu UU Cipta Kerja
apahabar.com

DPRD Kalsel

Bocah SD Limpasu Tewas Dipenggal, DPRD Kalsel: Tak Waras Jangan Jadi Alasan
apahabar.com

DPRD Kalsel

Gara-Gara Gas Melon, DPRD Kalsel Panggil Pertamina, Hiswana, dan ESDM
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com