Ribuan Warga Terdampak Banjir Mengungsi di Masjid Al-Karomah Martapura Bantu Evakuasi Korban Banjir, Pemprov Kalteng Kirim Relawan ke Kalsel Legislator Kalsel: Banjir Dahsyat dan Longsor Akibat Alih Fungsi Hutan Meski Cedera, Messi Tetap Ingin Main di Final Piala Super Spanyol Bantu Korban Banjir Kalsel, Yayasan H Maming Kirim Bantuan

Dirut Sriwijaya Air Ungkap Kondisi SJ 182 Sebelum Lepas Landas

- Apahabar.com Minggu, 10 Januari 2021 - 07:02 WIB

Dirut Sriwijaya Air Ungkap Kondisi SJ 182 Sebelum Lepas Landas

Ilustrasi pesawat Sriwijaya Air. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Direktur Utama Sriwijaya Air Jefferson Irwin Jauwena mengungkap kondisi pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang hilang kontak di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu, (9/1) sore.

Jefferson mengatakan tidak ada masalah dengan keadaan pesawat dan dalam keadaan baik.

Pesawat juga dikatakan sudah terbang pergi-pulang ke Pontianak, sebelum lepas landas dari Jakarta sore ini.

“Kondisi pesawat dalam keadaan sehat, karena sebelumnya sudah terbang PP Pontianak, harusnya tidak ada masalah, laporan maintenance juga semuanya lancar,” kata Jefferson di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, dilansir dari CNN Indonesia, Sabtu (9/1).

Sementara Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono sedang mengumpulkan data dan informasi mengenai pesawat Sriwijaya Air yang hilang kontak tersebut.

“Kami sedang mengumpulkan data-data mengenai pesawat dan kru,” katanya.

Soerjanto juga menjelaskan pesawat Boeing 737-500 tersebut diproduksi sejak 1994. Meski berumur, Soerjanto mengatakan tidak ada masalah dengan pesawat tersebut asalkan mendapat perawatan yang sesuai.

“Kalau pertanyaan umur, pesawatnya Boeing 737 S500, dibuat 1994 jadi kurang lebih 25-26 tahun, betapapun umurnya kalau pesawat itu dirawat sesuai regulasi, dalam hal ini dirjen perhubungan udara, maka tidak ada masalah,” tuturnya.

Sementara itu, Basarnas menyatakan tak ada sinyal emergency dari ELT (Emergency Locator Transmitter) yang dipancarkan pesawat.

“Ini nanti yang perlu kami crosscheck, kenapa tidak memancarkan,” kata Deputi Operasi Pencarian dan Pertolongan Basarnas, Mayjen TNI Bambang Suryo Aji.

“Ketika pesawat lost-contact, di Puskodal kita di atas, (ELT) itu akan memancarkan sinyal. Itu menandakan terjadi crash terhadap pesawat tersebut. Tapi ini tidak memancarkan.”

Bambang juga menyatakan bahwa seluruh ELT pesawat di Indonesia telah terdaftar di Basarnas. Namun, dalam kasus SJY-182, tidak memancarkan sinyal.

Diketahui pesawat Sriwijaya Air SJ 182 tujuan Pontianak hilang kontak dalam perjalanan setelah lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta. Pesawat diketahui terbang pukul 14:36 WIB, kemudian berada di ketinggian 1.700 kaki pada pukul 14:37 WIB.

Pesawat kemudian diizinkan naik ke ketinggian 29 ribu kaki dengan mengikuti standar instrumen, setelahnya pesawat dikabarkan hilang kontak pada pukul 14:40 WIB.

 

 

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Puluhan Ribu WNI di Singapura Antusias Ikut Pencoblosan
apahabar.com

Nasional

Gempa Tektonik Guncang Flores Timur
apahabar.com

Nasional

Buntut Seruan ‘People Power’, Eggi Sudjana Tersangka
apahabar.com

Nasional

Jemaah Haji HST Siap Menuju Arafah
apahabar.com

Nasional

Eks Komandan NII : Waspada Potensi Teror Jelang Pilpres
apahabar.com

Nasional

Istana Gelar Upacara HUT RI Virtual, Ayo Daftar Jadi Peserta
apahabar.com

Nasional

Sembuh dari Corona, Kepala Dinkes Ini Mau ke Tukang Cukur
apahabar.com

Nasional

Presiden Lantik Menteri Kabinet Indonesia Maju, Berikut Daftarnya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com