Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

Dua Karya Pelukis Tapin Mejeng di Yogyakarta, Usung Tema Kearifan Lokal

- Apahabar.com Sabtu, 2 Januari 2021 - 19:56 WIB

Dua Karya Pelukis Tapin Mejeng di Yogyakarta, Usung Tema Kearifan Lokal

Zainuddin dengan lukisannya berjudul "Marimpi". Foto-apahabar.com/Muhammad Fauzi Fadilah

apahabar.com, RANTAU – Sutarji dan Zainuddin, dua pelukis asal Kabupaten Tapin akan ikut meramaikan pameran lukisan akbar berskala nasional bertajuk “Obah Owah” di Yogyakarta, 16 – 23 Januari 2021.

Pada event pameran yang digelar di Pendhapa Art Space, kedua pelukis itu mengusung tema kearifan lokal.

“Melalui lukisan kita perkenalkan kultur daerah kita di Kalimantan Selatan, khususnya Tapin. Nanti, lukisan kita akan tampil bersama dengan kurang lebih 166 lukisan dari perupa seluruh Indonesia,” ujar Sutarji.

Lukisan Sutarji yang ikut dipamerkan bercerita tentang kebudayaan masyarakat Dayak Meratus. Juga ada sosok “Balian” yang menjadi tokoh penting dalam kehidupan masyarakat Dayak.

Sedangkan Zainuddin melalui lukisannya bercerita tentang kegiatan mengolah makanan tradisional yakni mengeringkan pisang dengan cara diasap.
Warga di sana biasa menyebut aktivitas itu dengan istilah “Marimpi”.

Sutarji mengatakan dengan terus mengikuti event berskala nasional, dia bersama perupa lainnya di Tapin berharap perkembangan yang ada di luar daerah bisa diserap dan nantinya diterapkan Tapin.

“Melalui kegiatan pameran nasional ini setidaknya akan banyak memberikan masukan wawasan dan pengetahuan yang bisa dibawa ke Banua sebagai materi yang dapat ditularkan ke sesama perupa di Tapin. Mengingat di Tapin sendiri ada beberapa perupa yang tergabung dalam satu komunitas. Namun karena kesibukan lain, sebagian perupa tidak bisa ikut serta di pameraan Obah Owah,” ujar Ketua Sanggar Pusaka Hijau di Tapin itu.

Beberapa waktu lalu, lukisan Sutarji dengan judul “Untuk Ibu Pertiwi” ikut mejeng di pameran Akbar Nasional I Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur selama 7 hari, dari 2-9 Oktober 2020.

Rencananya, dalam waktu dekat Sutarji bersama perupa Tapin yang tergabung dalam Ikatan Pelukis Kalimantan Selatan (IPKS) akan menggelar pameran se-Kalsel.

“Hal yang sangat diimpikan. Semoga saja bisa terlaksana. Rencananya kita bersama Gerakan Lestari Seni (Gelas Budaya) Budaya Tapin akan menggelar lukisan akbar pertama di Tapin dengan nama Art Folk Banua, nantinya akan memamerkan kultur ke daerahan di 13 kabupaten kota di Kalsel pada bulan Maret,” ujarnya.

Event yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19 dan kendala persiapan itu direncanakan akan digelar pada 25-28 Maret 2021 nanti di Pendopo Rantau Baru, Tapin.

“Event itu rencananya akan kita gulirkan ke 13 kabupaten kota di Kalsel setiap tahunnya, sebagaimana niat kita untuk ruang sosial baru dalam hal seni rupa. Pertama di Tapin sebagai pembuka, kendalanya sekarang adalah pencarian sponsor untuk event itu,” jelasnya.

Dia berharap perupa asal Kalsel khususnya Tapin bisa semakin lebih giat berkarya dan bisa ikut andil dalam acara pameran di kesempatan lain.

“Juga menjadi pelopor bagi generasi di masa depan untuk berkecimpung di seni rupa,” tandas Sutarji.

Pelukis

Sutarji dengan lukisan di galerinya. Foto-apahabar.com/Muhammad Fauzi Fadilah

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Polemik di Tubuh Golkar; Sukhrowardi Merasa Tak Dianggap, Hj Ananda: Dia Bukan Pengurus
apahabar.com

Kalsel

Tiga Klub Motor Banjarmasin Gelar Upacara Kemerdekaan di Pantai
apahabar.com

Kalsel

Ribuan Rapid Test Disebar, Ratusan Warga Kalsel Reaktif Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Susul Tanbu, Giliran 3 Pasien Tapin Sembuh dari Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Isi Ramadan, Anggota Polresta Banjarmasin Gelar Tadarusan
apahabar.com

Kalsel

Sanggahan Diterima, CPNS Memenuhi Syarat Bertambah
apahabar.com

Kalsel

Paman Birin Ajak Gotong Royong Bantu Warga Terdampak Covid-19
apahabar.com

Kalsel

3.224 Jiwa di Banjarmasin Selamat dari Bahaya Narkoba
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com