Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Dugaan Minyak Pesawat SJ 182 Ditemukan, TNI AU: Selanjutnya Black Box!

- Apahabar.com Minggu, 10 Januari 2021 - 11:00 WIB

Dugaan Minyak Pesawat SJ 182 Ditemukan, TNI AU: Selanjutnya Black Box!

TNI AU terus melakukan pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ182. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – TNI AU menemukan visual diduga tumpahan minyak di area diduga lokasi jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak di perairan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Minggu (10/1) pagi.

“Kontras itu kelihatan. Kira-kira itu tumpahan minyak bahan bakar pesawat,” ucap Asisten Operasi (Asops) Kasau Marsekal Muda TNI Henri Alfiandi di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, dilansir dari CNN Indonesia, Minggu (10/01).

Henri menyatakan pihaknya pun segera mengkoordinasikan temuan visual tumpahan minyak di sekitar Pulau Laki itu ke tim yang berada di perairan Kepulauan Seribu tersebut. Ia memaparkan temuan itu disampaikan ke KRI Parang.

Oleh karena itu, Henri optimistis tim yang berada di permukaan air laut akan segera bisa menemukan titik terang perihal lokasi jatuhnya bangkai utama diduga pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

“Mudah-mudahan, blackbox ditemukan cepat, dan temukan di mana titiknya, sehingga evakuasi korban bisa dilakukan,” kata dia.

Berdasarkan pantauan dari udara, Henri mengatakan timnya belum menemukan material diduga bagian pesawat dalam bentuk besar. Material-material yang sejauh ini terlihat, kata dia. masih bersifat ringan.

Sehari sebelumnya, Kasatpol PP Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Maslawi mengatakan anggotanya menemukan serpihan kabel halus, rambut, sobekan pakaian, hingga minyak yang menyembur di laut.

“Informasi yang saya dapat dari anggota, sepihan kabel halus, rambut, sobekan levis, minyak yang menyembur dari laut ke permukaan,” kata Maslawi.

“Makanya titik lokasinya diketahui di situ karena ada semburan minyak, ada reruntuhannya juga,” ujarnya.

Dia menduga lokasi itu jadi titik jatuhnya pesawat. Menurutnya, jarak tempuh dari Tanjung Kait ke titik tersebut kira-kira 30 menit menggunakan perahu nelayan. Maslawi mengatakan berdasarkan perkiraan pihaknya kedalaman laut di titik itu antara 15-20 meter.

Berdasarkan rilis dari Kementerian Perhubungan, Sriwijaya Air SJ182 mengangkut total 62 orang yang terdiri atas 50 penumpang dan 12 kru. Sebanyak 40 orang dari total penumpang merupakan penumpang dewasa, 7 di antaranya anak-anak, dan 3 bayi.

SJ182 lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta menuju Pontianak pada pukul 14:36 WIB, kemudian pada pukul 14.40 WIB hilang kontak setelah diizinkan naik ke ketinggian 29 ribu kaki, Sabtu (9/10).

Operasi pencarian pun segera dilakukan di perairan Kepulauan Seribu sejak kemarin berdasarkan kesaksian warga yang melihat ledakan dan serpihan api jatuh ke laut.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Lima Kapal Perang Indonesia Amankan Perairan Natuna
apahabar.com

Nasional

Update Tsunami Selat Sunda: 43 Tewas, 584 Luka-Luka dan 2 Hilang
apahabar.com

Nasional

Kekejaman Majikan Sutini di Singapura Terungkap dari Buku Harian
apahabar.com

Nasional

Kementerian PUPR Siapkan Program Pembangunan Drainase Jalan Secara Nasional
apahabar.com

Nasional

Dua Tersangka Penyerang Novel Baswedan Tiba di Bareskrim
apahabar.com

Nasional

Jokowi Sampaikan 3 Perintah Atasi Banjir di Jabodetabek
apahabar.com

Nasional

Pemilu 2019, Kenapa Prabowo Begitu Superior di Kalsel?
apahabar.com

Nasional

Bandung Barat Diamuk Puting Beliung, Belasan Rumah Rusak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com