Hilang di Sangkulirang, Mahasiswa Kedokteran Kaltim Ditemukan Meninggal Dunia Pandemi, Rp8 M Insentif Ribuan Guru Ngaji-Marbot di Banjarmasin Disiapkan Utak-atik RTRW Banjarmasin, Kantor Pemkot Diusulkan Pindah Kadesnya Dijebloskan ke Bui, Plh Bupati Kotabaru Buka Suara Breaking! Heboh Mobil Terbakar di Tapin, 1 Warga Jadi Korban

Duh, Ratusan Rumah di HST Kalsel Hilang Disapu Banjir

- Apahabar.com Senin, 18 Januari 2021 - 21:16 WIB

Duh, Ratusan Rumah di HST Kalsel Hilang Disapu Banjir

Salah satu jembatan gantung di HST yang ambruk diterjang banjir. Foto: Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) khususnya Hantakan menyapu sedikitnya 150 rumah warga.

“Perkiraan sementara 100-150 unit rumah hilang, tersisa lahan pekarangannya akibat diterjang banjir, jumlah tersebut belum termasuk laporan dari ketua RT masing-masing dan sampai sekarang masih kami olah datanya,” ujar Camat Hantakan, Kartadipura, Senin (18/1) dilansir Antara.

Banjir juga menyebabkan sejumlah fasilitas umum rusak berat, di antaranya gedung SDN Bulayak, Pasar Hantakan, TK Pertiwi Hantakan, Musala RT 3 Alat, SDN 1 Datar Ajad.

Selain itu, lima jembatan gantung dilaporkan putus di antaranya Marai, Batu Tunggal, Alat Seberang, Alat Ujung, Datar Ajab.

“Sudah kita koordinasikan dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hulu Sungai Tengah,” ujarnya

Dari 12 Desa Di Kecamatan Hantakan, terdapat delapan desa banyak rumah yang hilang dan rumah rusak berat yakni Desa Alat, Hantakan, Batu Tunggal, Bulayak, Murung B, Haruyan Dayak, dan Datar Ajab.

Diwartakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebut banjir yang melanda Kalsel tahun ini menjadi yang terparah sejak 50 tahun terakhir.

Bagaimana tidak, banjir hari ini membuat 37.756 warga Kalsel mengungsi dari kediamannya. Bencana ekologis ini juga telah menelan 15 korban jiwa.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalsel mencatat, hingga Minggu 17 Januari, terdapat 210.320 warga di 10 kabupaten/kota terdampak banjir di Kalsel.

Sebanyak 22.543 rumah di 10 dari 13 kabupaten atau kota di Kalsel terendam. Sebagian rusak akibat terjangan banjir. Air bah juga meluluhlantakkan 68 jalan, 14 jembatan, 8 rumah ibadah, hingga 11 sekolah.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sosialisasi Cara Berlalu Lintas, Polres Balangan Undang Komunitas Motor

Kalsel

Ramai-Ramai Dukung Pembangunan Bandara di Barabai HST
apahabar.com

Kalsel

Rayakan HUT RI ke-75, Warga Pintu Air Martapura Gelar Lomba Mainstream
apahabar.com

Kalsel

Matnor Ali: Daripada JPO Lebih Baik ‘Pelican Crossing’
Tabalong

Kalsel

Oprit Jembatan Hayup-Halong Tabalong Tergerus, Akses Jalan Putus
apahabar.com

Kalsel

Pantau Gambut, Walhi: Tapin dan HSS Sumbang Hotspot Terbanyak
apahabar.com

Kalsel

Serunya SUCI-9 di Banjarmasin, Ojol ‘Gentong Besar’ Ikut Beradu Nasib
apahabar.com

Kalsel

Berkah Idulfitri, Ratusan Napi di Pelaihari Dapat Remisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com