Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Dukung Produktivitas Cabe Hiyung, Bank Kalsel-Pemkab Tapin Bersinergi

- Apahabar.com Senin, 11 Januari 2021 - 18:58 WIB

Dukung Produktivitas Cabe Hiyung, Bank Kalsel-Pemkab Tapin Bersinergi

Bupati Kabupaten Tapin, M Arifin Arpan mengapresiasi langkah Bank Kalsel kepada petani Cabe Rawit di Desa Hiyung. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Bank Kalsel seakan tak pernah berkedip melihat potensi yang ada di daerah. Keberadaan cabe rawit hiyung yang jadi perhatian nasional pun tak dilewatkan bank milik Pemprov Kalsel ini.

Bersama Pemkab Tapin, Bank Kalsel pun bersinergi mengangkat kualitas dan produktivitas cabe rawit Hiyung.

Diketahui, cabe rawit Hiyung menjadi primadona setelah 2019 ditetapkan sebagai TOP 99. Kemudian 2020, cabe Hiyung kembali masuk dalam TOP 45 pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Sebagai bentuk dukungan, Bank Kalsel melalui program CSR memberikan bantuan untuk petani di Desa Hiyung. Bantuan berupa 1,2 ton pupuk organik Guano Nutri Plus diserahkan secara simbolis Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarrudin.

Bantuan itu diterima Kelompok Tani Karya Baru yang diwakili Junaidi selaku Ketua Kelompok didampingi Kepala Bank Kalsel Kantor Cabang Rantau, Izhar.

Bupati Kabupaten Tapin, M Arifin Arpan mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Bank Kalsel pada kegiatan yang dikemas dalam bentuk talk show itu.

Pemkab Tapin berharap agenda ini dapat terus dilakukan dengan menyentuh bidang atau sektor-sektor perekonomian lainnya.

“Kami selaku pemerintah daerah sangat mengapresiasi Bank Kalsel atas dukungan serta bantuannya kepada petani, khususnya petani cabe di Desa Hiyung,” kata Arifin bangga.

Ia pun berharap Desa Hiyung semakin maju, dengan sektor pertanian yang membanggakan Kabupaten Tapin.

“Semoga dengan adanya dukungan Bank Kalsel, panen cabe rawit khas Hiyung semakin,” harapnya.

Bupati mengemukakan, budidaya Cabe Rawit Hiyung telah dicanangkan sejak 2014. Terbukti, budidaya itu berhasil meningkatkan pendapatan dan lapangan kerja bagi masyarakat di sekitar.

“Harapan kami, Cabe Hiyung kian dikenal tidak hanya di Indonesia saja, namun juga dapat dikenal ke mancanegara,” tutup Arifin.

Dalam paparannya, Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarrudin menuturkan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas komitmen Bank Kalsel dalam MoU Deklarasi Dukungan Bersama yang ditandatangani beberapa waktu silam dengan disaksikan oleh Menteri Pertanian RI.

“Kegiatan ini adalah wujud dukungan kami terhadap sektor pertanian, khususnya kepada para petani yang nyatanya turut menjaga kestabilan ekonomi daerah. Sebelumnya, gathering telah dilaksanakan di Kabupaten Batola, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tabalong, dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Pada hari ini, kami adakan di Desa Hiyung, Kabupaten Tapin, sebagai bentuk silaturahmi dan mengajak para petani di Desa Hiyung untuk menjadi Mitra bagi Bank Kalsel untuk bersama-sama mendukung peningkatan sektor pertanian daerah,” beber Agus

Bank Kalsel bersama Pemerintah Daerah telah berinisiasi dengan mengemas sebuah Ekosistem Keuangan Daerah, salah satunya menciptakan sinergi positif antara petani, pemerintah dan Bank Kalsel.

Tujuannya tidak lain untuk terciptanya ekosistem keuangan daerah yang ke depan akan menunjang pengelolaan keuangan daerah secara lebih efektif dan efisien. Tentunya juga ada nilai tambah bagi petani dan masyarakat.

“Kemudahan pemberian pembiayaan kepada para petani, akan menjadi catatan bagi kami. Bank Kalsel akan terus meningkatkan pelayanan, khususnya terkait kebutuhan permodalan yang sesuai dengan kebutuhan petani. Sehingga program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dapat dilaksanakan dengan baik serta efektif. Kami akan memastikan program ini selaras dengan kebijakan Presiden, Kementerian Pertanian, Gubernur Kalimantan Selatan maupun Pemerintah Daerah setempat,” tegas Agus.

Pada kesempatan itu pihaknya juga menyerkan bantuan pembuatan partisi ruang produksi Cabe Hiyung, dan 2 buah tenda untuk kebutuhan operasional dan Pameran produk Cabe Hiyung.
Bantuan secara simbolis diberikan Bupati Kabupaten Tapin, M Arifin Arpan.
(*)

Bank

Petani Cabe Hiyung menerima bantuan dari Bank Kalsel. Foto-Istimewa

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Bank Kalsel

Bank Kalsel Syariah Sudah Miliki Layanan Fasilitas Cash Management System
apahabar.com

Bank Kalsel

Bank Kalsel Ambil Bagian dalam Forum Tanggung Jawab Sosial
Kalsel

Bank Kalsel

Bank Kalsel Raih Titipan Kas Terbaik Versi BI
apahabar.com

Bank Kalsel

Kembali Raih Penghargaan, Bank Kalsel Dapat Predikat ‘Sangat Bagus’ dari Majalah Info Bank
apahabar.com

Bank Kalsel

Pemkab Tala Siap Tambah Setoran Modal Bank Kalsel
apahabar.com

Bank Kalsel

Didukung Bank Kalsel, Wabup Banjar Serahkan BLT kepada Ratusan Sopir Angkut
apahabar.com

Bank Kalsel

Tala Siap Tambah Setoran Modal ke Bank Kalsel
apahabar.com

Bank Kalsel

Bank Kalsel Realisasi 100 Persen KPR Subsidi 2019
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com