Ingat! Warga Banjarmasin Tolak Vaksin Covid-19 Dapat Denda dan Diputus BPJS Flash Sale UMKM Binaan Adaro, Ratusan Produk Ludes dalam Sekejap Bantahan Pertamina Izin Pangkalan Elpiji di Banjar Butuh Rp50 Juta  BREAKING! Kecelakaan Maut di Cempaka, 1 Pengendara Tewas Resmi, Pemkab HST Keluarkan Larangan Penggunaan Elpiji 3 Kg Bagi Kalangan Tertentu

Gugatan 2BHD Diterima, Ketua MK Pimpin Langsung Sengketa Pilbup Kotabaru

- Apahabar.com Rabu, 27 Januari 2021 - 12:30 WIB

Gugatan 2BHD Diterima, Ketua MK Pimpin Langsung Sengketa Pilbup Kotabaru

Ketua MK, Anwar Usman, saat memimpin sidang perdana gugatan hasil Pilpres 2019 yang diajukan oleh pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Foto: VOA Indonesia

apahabar.com, BANJARMASIN – Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang perdana sengketa hasil Pemilihan Bupati (Pilbup) Kotabaru 2020, Kamis siang ini (27/1).

Sidang pemeriksaan pendahuluan Pilbup Kotabaru berbarengan dengan 35 permohonan perselisihan hasil pemilihan kepala daerah lainnya. Sidang digelar dalam tiga panel di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (27/1) siang ini.

Menariknya, Hakim Konstitusi Anwar Usman akan turun langsung memeriksa perkara sengketa Pilbup Kotabaru 2020. Didampingi Wahiduddin Adams serta Enny Nurbaningsih, Anwar juga akan memeriksa perkara sengketa Pilkada Bengkulu, Bengkulu Selatan, Kaur, Kalimantan Tengah, Kotawaringin Timur, Sekadau, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Muna dan Wakatobi.

Anwar Usman adalah hakim yang saat ini menjabat sebagai ketua MK. Ia sempat menjabat sebagai wakil ketua MK. Pria asal Bima Nusa Tenggara Barat ini pernah menduduki jabatan di Mahkamah Agung, antara lain Asisten Hakim Agung mulai dari 1997–2003.

Kemudian, Kepala Biro Kepegawaian Mahkamah Agung selama 2003–2006. Lalu pada 2005, dirinya diangkat menjadi Hakim Pengadilan Tinggi Jakarta dengan tetap dipekerjakan sebagai Kepala Biro Kepegawaian. Terakhir, Anwar juga tercatat memimpin sidang perdana sengketa gugatan hasil Pilpres 2019 yang diajukan oleh Prabowo-Sandi.

“Sidang terbuka dan dinyatakan untuk umum,” ujar Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, dilansir Antara.

Dalam sidang, Anwar mengingatkan para peserta sidang untuk taat protokol kesehatan Covid-19, sekalipun tidak berada langsung di ruang sidang.

Mengacu hasil resmi yang disampaikan melalui pleno KPU Kotabaru, Sayed Jafar Alaydrus-Andi Rudi Latief (SJA-Arul) yang disokong 12 partai politik menang dengan raihan 74.117 suara.

Sementara pasangan Burhanudin dan Bahrudin atau 2BHD yang calon independen hanya mampu meraup 73.808 suara. Selisih keduanya cukup tipis 309 suara.

Hafidz Halim Kuasa Hukum 2BHD bilang sidang akan dimulai pada pukul 14.00 Wita.

“Sidang mulai sekitar pukul 02 siang ini. Untuk sidang, 2BHD diwakilkan ke tim kuasa hukum. Beliau ikut sidangnya via daring,” ujar Hafidz Halim dihubungi apahabar.com.

Di lain pihak, Ketua KPU Kotabaru, Zainal Abidin memastikan hadir bersama sejumlah komisioner KPU lainnya dalam persidangan perdana itu.

“Iya. Insyaallah saya dan dua komisioner siap hadir dalam sidang perdana,” ujar Zainal, dikontak apahabar.com, Selasa (26/1).

Hingga siang ini, total sebanyak 132 permohonan perselisihan hasil pemilihan kepada daerah yang sudah diregistrasi Mahkamah Konstitusi. Termasuk sengketa hasil Pilgub Kalsel 2020 yang diajukan Denny Indrayana-Difriadi Darjat.

Mahkamah Konstitusi hanya memiliki waktu 45 hari untuk memeriksa dan memutus perkara sejak permohonan perselisihan hasil pemilihan kepala daerah diregistrasi.

Adapun sidang digelar dalam tiga panel di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (27/1).

Panel 2, Hakim Konstitusi Aswanto, Suhartoyo dan Daniel Yusmic Pancastaki Foekh bertugas memeriksa sengketa hasil Pilkada Labuhan Batu, Labuhan Batu Selatan, Asahan, Mandailing Natal, Tanjung Balai, Medan, Karo, Nias Selatan, Nias dan Samosir.

Kemudian Panel 3 dengan Hakim Konstitusi Arief Hidayat, Saldi Isra dan Manahan MP Sitompul memeriksa perkara sengketa hasil Pilkada Gorontalo, Bone Bolango, Pohuwato, Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Sorong Selatan, Waropen, Lombok Tengah, Sumbawa dan Bima.

Sah, Gugatan 2BHD di Kotabaru Langsung Masuk Mahkamah Konstitusi

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Polsek Pengaron Banjar Rutin Laksanakan Sosialisasikan Waspada Karhutla
apahabar.com

Kalsel

Selain RSUD Abdul Aziz, Batola Siapkan Tempat Isolasi Alternatif
apahabar.com

Kalsel

Proses Pendaftaran Haji Reguler di Kalsel Tekankan Upaya Pencegahan Corona
apahabar.com

Kalsel

Dandim Pastikan Kesiapan Pembukaan TMMD Beres Hari Ini
apahabar.com

Politik

TKD Kalsel Siapkan Saksi Kawal Suara Jokowi-Ma’ruf
Banjarmasin

Banjarmasin

Gejolak Pengadaan Mobil Dinas Baru, Pimpinan DPRD Banjarmasin Angkat Bicara
apahabar.com

Kalsel

Pembangunan Gedung Baru Polda di Perkantoran Pemprov Kalsel Dimulai 2022
apahabar.com

Kalsel

Masalah Keluarga yang Tak Kunjung Usai, Selesai di Tangan Bhabinkamtibmas Polsek Amuntai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com