Masuk 10 Terbaik Nasional, Pertumbuhan Mobile Banking bank bjb Tercatat Paling Pesat Nah Lho.. Anggota DPRD Kalsel Terjaring Jam Malam di Banjarmasin Yang Terjadi Jika MK Menerima Permohonan AnandaMu… Saat Banjarmasin Berlakukan Jam Malam: Lampu-Lampu Dimatikan, ‘Jalur Tikus’ Dijaga Ketat 3 Pelajar Banjarmasin Raih Juara Lomba Baca Berita, Salah Satunya dari SMP Almazaya

Hingga 8 Februari, WNA Dilarang Masuk Indonesia

- Apahabar.com Selasa, 26 Januari 2021 - 08:10 WIB

Hingga 8 Februari, WNA Dilarang Masuk Indonesia

Sejumlah penumpang tiba di Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta yang menjadi pintu masuk pelaku perjalanan internasional. Foto: Antara

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah perpanjang penutupan sementara akses masuk Warga Negara Asing (WNA) dari semua negara ke Indonesia mulai 26 Januari hingga 8 Februari 2021.

Perpanjangan akses masuk WNA ke Indonesia, tertuang dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 6 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Dalam Masa Pandemi Covid-19.

“Surat edaran dibuat untuk memperpanjang masa berlaku penerapan protokol kesehatan terhadap pelaku perjalanan internasional,” demikian isi surat edaran dikutip daro akurat.co, Selasa (26/1).

“Itu termasuk pemantauan varian baru yang telah bermutasi menjadi SARS-CoV-2 varian B117 yang dilaporkan di Inggris dan potensi perkembangan virus SARS-CoV-2 varian baru,” lanjut penjelasan dalam surat tersebut.

Meski demikian, penutupan akses WNA ke Indonesia dikecualikan untuk pemegang visa diplomatik dan visa dinas terkait kunjungan resmi pejabat asing setingkat menteri ke atas dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Dipertegas dalam surat edaran tersebut bahwa pelaku perjalanan internasional berstatus WNI maupun WNA dari seluruh negara asing yang masuk Indonesia, baik secara langsung maupun transit di negara asing, harus menunjukkan hasil negatif tes PCR di negara asal.

Sampel diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum jam keberangkatan dan dilampirkan selama pemeriksaan kesehatan atau e-HAC internasional Indonesia.

Kemudian saat kedatangan dilakukan tes ulang PCR untuk pelaku perjalanan internasional. Kemudian WNI wajib menjalani karantina selama lima hari di tempat yang telah disediakan pemerintah.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Perusahaan Korsel Serahkan Bantuan Alat Tes Covid-19 untuk Indonesia
apahabar.com

Nasional

Gus Nur Ditangkap, Begini Tanggapan Sekjen PBNU
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi Ajak GP Anshor Jaga Ruang Kebebasan Berpendapat
apahabar.com

Nasional

Naik Pinisi, Jokowi Tinjau Wisata Bahari di Labuan Bajo
apahabar.com

Nasional

Masa Pandemi, Satgas Covid-19 Setuju Bioskop Dibuka
apahabar.com

Nasional

Kasus Covid-19 Indonesia Tembus 275.213, Letjen Doni Sebut OTG Silent Killer
apahabar.com

Nasional

Haji 2019; Akibat Bawa Rokok, Jemaah Haji Diinterogasi di Bandara Arab Saudi
apahabar.com

Nasional

Pegawai Pemda Masih Dominasi Kasus Korupsi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com