Gejolak Pengadaan Mobil Dinas Baru, Pimpinan DPRD Banjarmasin Angkat Bicara Awal Usul Buka Investasi Miras di 4 Provinsi, Berikut Penjelasan Bahlil Heboh, Hujan Es Terjadi di Long Ikis Paser Izin Investasi Miras Dicabut, Bahlil Yakin Kepercayaan Investor Masih Baik Detik-Detik Kaburnya 4 Napi Kandangan, Jebol Teralis hingga Panjat Genteng

Hingga 8 Februari, WNA Dilarang Masuk Indonesia

- Apahabar.com Selasa, 26 Januari 2021 - 08:10 WIB

Hingga 8 Februari, WNA Dilarang Masuk Indonesia

Sejumlah penumpang tiba di Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta yang menjadi pintu masuk pelaku perjalanan internasional. Foto: Antara

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah perpanjang penutupan sementara akses masuk Warga Negara Asing (WNA) dari semua negara ke Indonesia mulai 26 Januari hingga 8 Februari 2021.

Perpanjangan akses masuk WNA ke Indonesia, tertuang dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 6 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Dalam Masa Pandemi Covid-19.

“Surat edaran dibuat untuk memperpanjang masa berlaku penerapan protokol kesehatan terhadap pelaku perjalanan internasional,” demikian isi surat edaran dikutip daro akurat.co, Selasa (26/1).

“Itu termasuk pemantauan varian baru yang telah bermutasi menjadi SARS-CoV-2 varian B117 yang dilaporkan di Inggris dan potensi perkembangan virus SARS-CoV-2 varian baru,” lanjut penjelasan dalam surat tersebut.

Meski demikian, penutupan akses WNA ke Indonesia dikecualikan untuk pemegang visa diplomatik dan visa dinas terkait kunjungan resmi pejabat asing setingkat menteri ke atas dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Dipertegas dalam surat edaran tersebut bahwa pelaku perjalanan internasional berstatus WNI maupun WNA dari seluruh negara asing yang masuk Indonesia, baik secara langsung maupun transit di negara asing, harus menunjukkan hasil negatif tes PCR di negara asal.

Sampel diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum jam keberangkatan dan dilampirkan selama pemeriksaan kesehatan atau e-HAC internasional Indonesia.

Kemudian saat kedatangan dilakukan tes ulang PCR untuk pelaku perjalanan internasional. Kemudian WNI wajib menjalani karantina selama lima hari di tempat yang telah disediakan pemerintah.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Wacana Jabatan Presiden 7-8 Tahun Mulai Dapat Dukungan Publik
apahabar.com

Nasional

Senyum dan Sikap Kenegarawan Prabowo Pasca-Sidang MK
apahabar.com

Nasional

Minimalkan Penyebaran Covid-19, Nahdlatul Ulama Lakukan Pendataan Warga Secara Digital
apahabar.com

Nasional

Jokowi Beri Arahan Pengendalian Karhutla 2019 di Istana Negara
apahabar.com

Nasional

Budi Mayat dalam Koper Bawa ‘Banyak Uang’, Polisi Masih Lakukan Penyelidikan
apahabar.com

Nasional

Makna Pertemuan Jokowi dan Prabowo
apahabar.com

Nasional

Siap-siap! 100 Ribu Lowongan CPNS Buka Oktober 2019
apahabar.com

Nasional

Dipertanyakan FUI Soal Tempat Tabulasi Suara, Begini Penjelasan KPU
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com