Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Imbas Air Laut Pasang, 2 Kecamatan di Tala Masih Terendam Banjir

- Apahabar.com Jumat, 1 Januari 2021 - 22:35 WIB

Imbas Air Laut Pasang, 2 Kecamatan di Tala Masih Terendam Banjir

Desa Banua Raya dan Gunung Raja, di Kecamatan Kurau masih terendam banjir. Foto-apahabar.com/Ali Chandra

apahabar.com, PELAIHARI – Hingga kini pemukiman warga di Kecamatan Kurau dan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut masih terendam banjir.

Kondisi itu bersamaan air laut sedang pasang, sehingga secara langsung berdampak pada pemukiman warga yang berada di dataran rendah.

Seperti Banua Raya dan Gunung Raja di Kecamatan Kurau, serta di Desa Handil Negara, Desa Kali Besar, Desa Kurau dan Pantai Harapan masih terendam banjir.

“Kurang lebih ada 200 rumah warga desa yang terendam di desa Handil Negara dan Kali Besar dan Desa Kurau,” kata Camat Kurau, Anang Pandi, Jumat (1/1).

Kondisi ini sudah terjadi sepekan, lantaran hujan terus menerus menguyur di daerah tersebut.

Biasanya menurut Anang, debit air akan berkurang saat pagi sampai siang. Kemudian sore menjelang malam akan pasang kembali, apalagi air laut saat ini juga terjadi pasang.

Warga setempat mengaku tak terlalu kaget atas kondisi tersebut. Sebab sering terjadi di saat curah hujan tinggi air pasti naik.

Apalagi air laut juga pasang. Namun, warga Kurau mengamati kondisi saat ini lebih parah. “Biasanya air akan surut dalam dua tiga hari namun sekarang sudah seminggu belum turun,” ungkapnya.

Kondisi ini membuat warga di daerah tersebut cukup terganggu dalam beraktivitas di luar rumah. “Walaupun air naik tetapi tidak membuat kami mengungsi. Rumah masih aman untuk ditempati,” tandasnya.

Sementara untuk memastikan warga aman dari bencana TRC BPBD Tanah Laut terus aktif melakukan patroli dan siap memberikan bantuan tenaga dan menyalurkan bantuan-bantuan pada korban terdampak.

Kepala BPBD Tala, HM Kusri, mengatakan berdasarkan laporan tim di lapangan terus melakukan pemantauan debit air di Desa Kunyit, Kecamatan Bajuin, jembatan di Kelurahan Pabahanan, Desa Kali Besar, Kecamatan Kurau, Danau Waringin Desa Pemuda, Desa Pandahan Kecamatan Bati-Bati dan Desa Handil Negara Kecamatan Bumi Makmur.

“Hasil pemantauan walaupun debit air naik namun warga dan pemukiman yang terdampak masih aman,” ujarnya.

Ia pun mengimbau tetap waspada dengan debit air yang terus meningkat, karena saat ini cuaca di Tanah Laut dilanda hujan dengan intensitas ringan-sedang.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

KUA PPAS Perubahan Anggaran 2019 Sah Disepakati
apahabar.com

Kalsel

Suhu Capai 36 Derajat Celcius, Awas Karhutla di Kalsel Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Menuju Sekolah Sehat Nasional, MAN 1 HST Raih Penghargaan
apahabar.com

Kalsel

Penyebab Kematian Pria di Pasar Antasari Masih Misterius
apahabar.com

Kalsel

Buron, Begal di Lingkar Dalam Tak Berkutik Saat Diringkus Polisi
apahabar.com

Kalsel

Lawan Hoaks Imunisasi, Dinkes Batola Minta Komitmen Lintas Sektor
apahabar.com

Kalsel

Perjuangan Si Badut Kecil di Banjarmasin dan Cita-citanya Jadi Penghafal Al-Qur’an
apahabar.com

Kalsel

Wakil Bupati Berharap Kapuas Bebas Kabut Asap Tahun Ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com