SBY Mengaku Bersalah Pernah Beri Jabatan pada Moeldoko Akhir Pekan, Harga Emas Antam Naik Rp 5.000 per Gram Adaro-PAMA ‘Cerai’, Bagimana Nasib 4.850 Karyawannya? Tertular dari Istri, Mantan Wagub Kalsel Rudy Resnawan Positif Covid-19 Hari Ini, Giliran Perwira dan Prajurit Lanal Kotabaru Divaksin Covid-19

Investigasi Sriwijaya Air SJ182, KNKT: Kompleksitas Tergantung Penemuan CVR

- Apahabar.com Sabtu, 23 Januari 2021 - 07:21 WIB

Investigasi Sriwijaya Air SJ182, KNKT: Kompleksitas Tergantung Penemuan CVR

Ilustrasi pesawat hilang. Foto-Detikcom

apahabar.com, JAKARTA – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah mengunduh data flight data recorder (FDR) Sriwijaya Air SJ182.

“Jadi FDR itu sudah berhasil kita unduh secara utuh, semua data baik, tidak tercorrupted,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, kutip apahabar.com dari Detikcom.

Soerjanto mengatakan ada 370 parameter yang ditemukan, namun belum dijelaskan parameter apa yang dimaksud. Dia juga menyebut ada data 18 penerbangan yang terekam dalam FDR itu.

“Ada 370 parameter, ada sekitar 18 penerbangan yang terecord di situ, jadi kita sedang pelajari dari data-data yang ada di FDR itu,” ujarnya.

Namun, KNKT masih memerlukan cockpit voice recorder (CVR) yang menjadi bagian dari kotak hitam pesawat. Soerjanto mengatakan analisis tidak akan utuh jika tanpa CVR.

“Kita belum bisa bilang berapa lama penyelidikan, kalau belum ketemu CVR-nya, jadi kompleksitasnya tergantung dari ketika ketemu CVR kita cocokkan datanya, mungkin perlu pemeriksaan laboratorium segala macem. CVR sangat penting, itu pasangan, ya memang harus dua-duanya supaya lengkap, supaya analisanya tepat, nggak asumsi,” ucapnya.

Saat ini, Operasi SAR Sriwijaya Air yang dipimpin Basarnas memang telah dihentikan. Namun, KNKT masih berlanjut mencari CVR.
“KNKT masih mencari khusus untuk CVR, kalau nanti ada menemukan jasad penumpang saya laporkan ke basarnas, jadi proses pencarian CVR dari KNKT masih berlangsung,” kata Soerjanto.

 

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Gunung Raung

Nasional

Abu Gunung Raung Hujani Banyuwangi, Bandara Ditutup
apahabar.com

Nasional

Kabupaten Lanny Jaya Jadi Tempat Aman Tampung Pengungsi
apahabar.com

Nasional

Ma’ruf Amin: Pemerintah Tingkatkan Akses Lapangan Kerja Bagi Difabel
apahabar.com

Nasional

Tangani Pasien Corona, IDI: Tenaga Medis Kekurangan APD
Covid-19

Nasional

Tambah 8.854 Hari Ini, Kasus Covid-19 di Indonesia Pecah Rekor Baru!
apahabar.com

Nasional

Di Balik Skandal Mesum Mahasiswi Banjarmasin: Koleksi Pribadi hingga Sudah Bertunangan
apahabar.com

Nasional

Kartu Prakerja Diluncurkan April, Dimulai dari Jabodetabek
apahabar.com

Nasional

Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Kejagung
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com