Wow, Kalteng Targetkan Groundbreaking Kereta Api Tahun Ini Gugatan 2BHD Diterima, Ketua MK Pimpin Langsung Sengketa Pilbup Kotabaru Viral Jembatan Alalak II Patah Akibat Macet Parah, Cek Faktanya Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif

Jangan Kaget, PLN Putus Aliran Listrik Saat Banjir Banjar

- Apahabar.com Rabu, 13 Januari 2021 - 19:14 WIB

Jangan Kaget, PLN Putus Aliran Listrik Saat Banjir Banjar

Petugas PLN saat memantau titik banjir di wilayah Kalsel. Foto-Ist

apahabar.com, BANJARBARU – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah bergerak cepat memutus aliran listrik, saat banjir menerjang Banjarbaru, dan Banjar.

Banjir sendiri masih merendam ribuan rumah warga di dua daerah itu sampai Rabu (13/1) petang.

Alasan PLN memutus listrik guna mengantisipasi kecelakaan kelistrikan, terlebih ketinggian air saat banjir dilaporkan mencapai 1-4 meter.

Manager PLN Unit Layanan Pelanggan Martapura, Ruki Sandra Ary Murti mengatakan pihaknya sudah memantau 10 kecamatan di Banjar, daerah yang paling berpotensi dilanda banjir.

“Kami sudah meluncurkan tim untuk melakukan pemantauan di sejumlah titik lokasi banjir, jika debit air semakin tinggi, maka kami akan mengambil tindakan pemutusan aliran listrik sementara di titik lokasi tersebut. Itu semua demi keselamatan masyarakat, menghindari hal yang tidak diinginkan akibat arus listrik,” ungkapnya kepada apahabar.com.

Ruki menambahkan ada pun peralatan kelistrikan yang menjadi fokus pemantauan petugas PLN adalah gardu listrik.

Jika debit air terus meninggi, dan berpotensi merendam gardu listrik, maka langkah yang dilakukan petugas PLN adalah memutus aliran listrik melalui gardu listrik tersebut.

“Jika debit air semakin tinggi hanya di beberapa titik lokasi saja, maka petugas bisa memutus aliran listrik melalui gardu listrik, tapi jika debit air tinggi meluas di banyak lokasi, maka aliran listrik yang harus kami putuskan sementara pun semakin banyak,” jelasnya

Sebagai upaya untuk minimalikan padam listrik di daerah yang tidak terdampak banjir, pihaknya saat ini sudah terjun langsung ke lapangan.

Khususnya, untuk melakukan lokalisir jaringan, sehingga listrik ke daerah yang tidak terdampak banjir dapat tersalurkan.

“Sebagai tindak lanjut terhadap daerah yang tidak terdampak banjir tapi terkana dampak padam listrik, petugas kami sudah melakukan lokalisir jaringan. Jadi daerah yang tidak banjir, listriknya bisa tersalurkan kembali,” katanya.

Untuk diketahui, akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kalimantan Selatan dari kemarin sampai dengan dini hari Rabu (13/1) mengakibatkan debit air semakin tinggi.

Salah satu wilayah yang terkena dampak cukup parah akibat banjir adalah Kabupaten Banjar.

PLN berkomitmen akan terus melakukan pemantauan di lapangan, jika debit air menurun, pihaknya akan segera menyalurkan listrik kepada pelanggan.

“PLN berkomitmen akan terus melakukan patroli pemantauan situasi dan kondisi debit air di titik lokasi terdampak banjir, jika air mulai surut kami akan berupaya secepat mungkin menyalurkan kembali aliran listrik ke pelanggan,” terangnya.

Selanjutnya jika masyarakat melihat debit air semakin tinggi dan aliran listrik tetap menyala, masyarakat diimbau untuk melapor ke PLN melalui layanan Contact Center PLN 123 atau Aplikasi New PLN Mobile.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Gandeng Imigrasi, Kemenkumham Kalsel Peringati Dharma Karyadhika
apahabar.com

Kalsel

Polisi Ringkus Penganiaya Brutal Perempuan di Angsana
apahabar.com

Kalsel

Kembali Berubah, Kemenag Kalsel Pastikan CJH Berangkat 9 Juli
Gencar Patroli, Polisi Bubarkan Kerumunan Orang di Banjarbaru

Kalsel

Gencar Patroli, Polisi Bubarkan Kerumunan Orang di Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Tambah 66 Positif, Hampir 2 Ribu Warga Kalsel Terjangkit Corona
apahabar.com

Kalsel

Gerak Cepat, Tim Penanganan Bencana di Batola Evakuasi Korban Banjir

Kalsel

Resmi, Laporan Denny Indrayana di Bawaslu Kalsel Rontok Lagi
apahabar.com

Kalsel

Kenaikan Gaji Guru Honorer Kalsel Jadi Momentum Perbaikan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com