Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com Operasi SAR SJ-182 Dihentikan, KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami Potret Seribu Sungai, Serunya Memancing di Jembatan Sudimampir Banjarmasin Menengok Kondisi Pengungsi Banjar di Kota Idaman Banjarbaru

Jika Pajak Nol Persen: Segini Harga Alphard, Fortuner, CR-V, Avanza, Xpander, Brio

- Apahabar.com Sabtu, 2 Januari 2021 - 07:38 WIB

Jika Pajak Nol Persen: Segini Harga Alphard, Fortuner, CR-V, Avanza, Xpander, Brio

Harga Toyota Alfard bakal lebih terjangkau jika pajak nol persen. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Jika Pemerintah RI benar menjadikan pajak mobil nol persen, lantas bagaimana dengan harga kendaraan roda empat itu dipasaran?

Seperti diketahui, wacana pajak mobil baru nol persen kembali menguap kepermukaan.

Sebelumnya, wacana ini sempat diusulkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) beberapa waktu lalu. Akan tetapi ditolak pemerintah.

Belakangan, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Presiden Joko Widodo secara prinsip menyetujui relaksasi pajak penjualan mobil baru alias pajak mobil nol persen pada Senin (28/12/2020) lalu.

Namun, saat ini, kebijakan tersebut masih tersangkut persetujuan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Tapi memang Kemenkue masih dalam proses hitung menghitung,” ungkap Agus dalam konferensi pers saat itu dilansir Bisnis.com.

Agus bersikeras bahwa relaksasi pajak penjualan barang mewah (PPnBM) untuk mengakselerasi penjualan mobil baru di masa pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, penurunan penjualan mobil tahun ini bahkan lebih parah dibandingkan dengan krisis 1998. “Sejak Covid-19 mewabah antara Maret hingga September, penjualan mobil susut hingga 50 persen dibandingkan periode sama tahun lalu,” ujar Ketum Gaikindo, Yohannes Nangoi.

Berdasarkan data Gaikindo, sepanjang Januari–November 2020 penjualan pabrik ke diler atau wholesales mobil sebanyak 474.910 unit, atau turun 49,8 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu penjualan ritel merosot 46 persen secara tahunan, menjadi 509.788 unit.

Lantas apabila pajak nol persen terlaksana, maka harga mobil baru hanya menyisakan harga off the road ditambah biaya lain selain pajak.

Hingga November 2020 ada 7 mobil penumpang dalam jajaran mobil terlaris, yakni Honda Brio, Toyota Avanza, Toyota Rush, Toyota Innova, Mitsubishi Xpander, Daihatsu Sigra, dan Toyota Calya.

Sebelumnya Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto dilansir Tempo.co memberikan perkiraan harga mobil tanpa pajak bisa turun sekitar 40 persen dari harga on the road saat ini.

Berikut rincian perkiraan harga:

1. Honda Brio

Harga on the road Honda Brio varian tertinggi saat ini untuk DKI Jakarta Rp172,6 juta. Tanpa pajak mobil terlaris ini bisa turun hingga Rp100 juta-an.

2. Toyota Avanza

Harga on the road Toyota Avanza varian tertinggi saat ini untuk DKI Jakarta Rp230,35 juta. Tanpa pajak varian teratas mobil sejuta umat ini bisa turun hingga kisaran Rp140 juta.

3. Toyota Rush

Harga on the road Toyota Rush varian tertinggi saat ini untuk DKI Jakarta Rp276.600.000 juta. Tanpa pajak varian teratas generasi kedua Rush ini bisa turun hingga kisaran Rp160 juta.

4. Toyota Kijang Innova

Harga on the road Toyota Kijan Innova varian tertinggi saat ini untuk DKI Jakarta Rp440.900.000 juta. Tanpa pajak varian teratas MPV legenda Indonesia ini bisa turun hingga kisaran Rp260 juta.

5. Mitsubishi Xpander

Harga on the road Mitsubishi Xpander varian tertinggi saat ini untuk DKI Jakarta Rp276.600.000 juta. Tanpa pajak varian teratas model andalah Tiga Berlian ini bisa turun hingga kisaran Rp160 juta.

6. Daihatsu Sigra

Perhitungan untuk Daihatsu Sigra sedikit berbeda. Seperti diketahui, mobil ini tergolong Low Cost Green Car (LCGC), yang artinya sudah dibebaskan dari pungutan PPnBM, tapi tidak pajak yang lain. Dengan demikian lebih kurang dengan relaksasi pajak, harga jual on the road Sigra bisa menyentuh kisaran Rp120 juta.

7. Toyota Calya

Kembaran Daihatsu Sigra ini juga tergolong LCGC. Lebih kurang harga jual setelah relaksasi pajak model ini serupa dengan Daihatsu Sigra, yakni sekitar Rp120 juta.

8. Nissan Livina

Harga All New Livina varian tertinggi saat ini menurut situs Nissan adalah Rp272,1 juta. Harga tanpa pajak mobil baru varian teratas mobil ini bisa turun hingga kisaran Rp163,32 juta.

9. Nissan Serena

Varian teratas All New Serena dijual dengan harga Rp488,5 juta saat ini berdasarkan website Nissan. Tanpa pajak mobil, varian teratas ini akan bisa dibawa pulang dengan perkiraan harga Rp293,1 juta.

10. Honda Mobilio

Harga mobil New Honda Mobilio RS CVT yang merupakan varian tertinggi untuk on the road wilayah DKI Jakarta Rp259 juta. Jika pajak 0 rupiah berlaku, mobil ini akan dijual dengan harga berkisar Rp155,4 juta.

11. Toyota Alphard

Harga mobil on the road untuk wilayah DKI Jakarta per 8 September 2020, New Alphard varian tertinggi Rp1,95 miliar. Tanpa pajak mobil baru mobil ini akan bisa dimiliki dengan harga Rp1,17 miliar. Harga ini menyusut hampir Rp 800 juta.

12. Toyota Voxy

Harga on the road untuk wilayah DKI Jakarta All New Voxy tipe 2.0 A/T adalah Rp501,8 juta. Maka jika pajak O rupiah pembelian mobil diberlakukan, Anda bisa membeli mobil ini dengan perkiraan harga Rp301,08 juta.

13. Toyota Sienta

Harga mobil New Sienta untuk wilayah DKI Jakarta dengan varian tertinggi saat ini adalah Rp313,55 juta. Tanpa pajak mobil baru Anda akan bisa membawa pulang mobil ini dengan uang sebesar Rp188,13 juta.

14. Daihatsu Xenia

Saat ini Daihatsu menjual Grand New Xenia untuk on the road wilayah DKI Jakarta dengan varian tertinggi Rp238,15 juta. Kisaran harga tanpa pajak mobil baru menjadi Rp142,89 juta.

15. Suzuki Ertiga

Harga on the road All New Ertiga varian tertinggi saat ini berdasarkan laman Suzuki adalah Rp251 juta. Tanpa pajak mobil, varian teratas mobil ini bisa turun harga berkisar Rp150,6 juta.

16. Wulling Confero

Mobil Confero S dengan varian tertinggi untuk wilayah DKI Jakarta saat ini dibanderol dengan harga Rp197,5 juta. Tanpa pajak mobil baru harga mobil ini berkisar Rp118,5 juta.

17. Renault Triber

Harga mobil Triber varian tertinggi untuk wilayah DKI Jakarta saat ini berkisar Rp184,9 juta. Tanpa pajak mobil, varian mobil ini turun harga berkisar Rp110,94 juta.

18. Daihatsu Terios

Harga on the road daerah DKI Jakarta tahun 2020 mobil All New Terios dengan varian tertinggi adalah Rp211,8 juta. Maka jika diberlakukan pajak 0 rupiah harga mobil ini berkisar Rp127 juta.

19. Toyota Fortuner

Harga mobil New Fortuner TRD Sportivo dengan tipe tertinggi mengacu pada situs Toyota Astra yaitu Rp704,5 juta. Tanpa pajak mobil baru SUV mewah Toyota ini bisa turun di kisaran Rp420 juta.

20. Mitsubishi Pajero

Harga Pajero Sport on the road varian tertinggi Dakar (4×4) AT untuk wilayah DKI Jakarta adalah Rp702 juta. Tanpa pajak mobil ini akan turun di harga Rp420 juta.

21. Wuling Almaz

Harga mobil Almaz dengan varian tertinggi melalui website Wuling adalah Rp341,8 juta. Perkiraan harga yang ditawarkan jika pajak mobil baru ditiadakan adalah Rp200 juta-an.

22. Honda CR-V

Mobil All New CR-V 1.5L Prestige Turbo yang merupakan varian tertinggi on the road wilayah DKI Jakarta, dijual dengan harga Rp539,4 juta. Tanpa pajak mobil maka Anda akan mendapatkannya dengan harga Rp324 juta.

23. Honda BR-V

Harga on the road New Honda BR-V Prestige varian tertinggi wilayah DKI Jakarta adalah Rp291,3 juta. Tanpa pajak, harga mobil ini akan berkisar di Rp175 juta.

24. Honda HR-V

Harga on the road New Honda HR-V 1.8L Prestige yang merupakan varian tertinggi untuk wilayah DKI Jakarta saat ini adalah Rp415,7 juta. Tanpa pajak mobil baru, Anda akan bisa mendapatkan mobil ini dengan kisaran harga Rp250 juta

 

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Anyaman Rotan Desa Tambaba Rambah Pasar Luar Kalimantan 
apahabar.com

Ekbis

Demo di Pelaihari Berbuntut Laporan Polisi, Sekda Tala Minta Maaf
apahabar.com

Ekbis

Khawatir Inflasi, Bupati HST: Lakukan Inventarisasi Supplier
apahabar.com

Ekbis

Hipmi: Permintaan Industri Hulu Baja Nasional Turun 50-60 Persen
apahabar.com

Ekbis

Juli, Kaltara Alami Deflasi -0,64 Persen, Intip Pemicunya
apahabar.com

Ekbis

Dibayangi Wabah Virus Corona, Rupiah Masih Melemah
apahabar.com

Ekbis

Jokowi Resmi Luncurkan Banpres Produktif Usaha Mikro
apahabar.com

Ekbis

Penumpang Turun Drastis, Maskapai di Kalsel Tetap Optimis
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com