Kondisi Seseorang Ditunda atau Gagal Vaksinasi Covid-19, Simak Penyebabnya SENGKETA Pilgub Kalsel, Eks Hakim MK: Paslon Suara Terbanyak Kedua Bisa Menang Temui AHY, Mantan Panglima GAM Muzakir Manaf Beri Dukungan Moril untuk Demokrat AJI Biro Banjarmasin Resmi Berdiri, Kasus Kekerasan Pers Jadi AtensiĀ  2 Petani Tapin Terjerat Sabu 9 Kg, Polda Kalsel: Jaringan Besar

Jokowi Nyatakan Indonesia Bisa Kendalikan 2 Krisis

- Apahabar.com Senin, 25 Januari 2021 - 16:33 WIB

Jokowi Nyatakan Indonesia Bisa Kendalikan 2 Krisis

Presiden Jokowi nyatakan Indonesia bisa kendalikan 2 Krisis. Foto-Biro Setpres/Muchlis via CNNIndonesia

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia mengalami berbagai cobaan berat saat memasuki 2021.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan secara virtual dalam pembukaan Majelis Pekerja Lengkap Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (MPL-PGI) di Jakarta, Senin (25/1).

“Sepanjang 2020 dan memasuki 2021, kita menghadapi beberapa ujian, beberapa cobaan yang sangat berat, pandemik Covid-19 yang melanda dunia 215 negara dan Indonesia telah mengakibatkan krisis kesehatan dan krisis ekonomi,” kata Jokowi dilansir Antara.

Meski demikian, Jokowi menyatakan Indonesia termasuk negara yang bisa mengendalikan dua krisis tersebut dengan baik.

“Tetapi, permasalahan belum sepenuhnya selesai. Pandemi masih berlangsung dan kita masih selalu waspada dan siaga. Beberapa hari yang lalu, Kalimantan Selatan diterpa banjir yang melanda beberapa kabupaten dan kota, tanah longsor di Sumedang, kecelakaan Sriwijaya Air, dan juga gempa di Sulawesi Barat di Mamuju dan Majene,” tutur Jokowi.

Jokowi mengatakan pemerintah dan masyarakat harus bekerja keras untuk mengurangi risiko-risiko bencana dan selalu siaga untuk menghadapinya.

“Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya, penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar PGI di semua tingkatan yang telah membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak pandemi dan bencana, serta juga bergerak bersama-sama dengan elemen bangsa yang lainnya,” ujar Presiden.

Jokowi menyampaikan 3 pesan kepada anggota sidang MPL-PGI. Pertama terkait dengan vaksinasi Covid-19 yang akan disuntikkan kepada 181,5 juta rakyat Indonesia sebelum 2021.

“Kita sudah memesan 426 juta dosis vaksin dari 4 perusahaan dan negara yang berbeda, kita telah menyiapkan 30 ribu vaksinator, 10 ribu puskesmas, dan 3 ribu rumah sakit yang akan mendukung vaksinasi. Saya mengajak seluruh umat Kristiani dan jajaran PGI untuk bersama-sama membantu pemerintah menyukseskan program vaksinasi ini,” papar Jokowi.

PGI diharapkan ikut mengedukasi masyarakat, memberikan informasi yang benar bahwa vaksinasi akan menjadi salah satu jalan untuk bisa pulih dan bangkit dari pandemik sekaligus tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kedua, terkait pemulihan ekonomi nasional, percepatan dan kebangkitan ekonomi terus diupayakan oleh pemerintah. Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp372,3 triliun untuk mendongkrak daya beli dan konsumsi masyarakat, serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” ungkap Jokowi.

Pada 2021, menurut Kepala Negara, program perlindungan sosial tetap dilanjutkan. Program-program tersebut adalah Program Kartu Sembako, Program Keluarga Harapan, Bantuan Sosial Tunai, Kartu Pra-Kerja serta Bantuan Langsung Tunai Desa.

“Selain itu juga ada insentif tenaga kesehatan dan pemberian insentif usaha, termasuk Bantuan Modal Kerja bagi UMKM agar mampu bertahan dan bergerak kembali,” ucap Jokowi menambahkan.

Pesan ketiga adalah agar PGI ikut serta menjaga kemajemukan Indonesia.

“Toleransi adalah sikap yang mulia dalam menghadapi keberagaman dan persatuan hanya akan muncul jika kita mengakui dan menghormati perbedaan. Marilah kita bersama-sama merawat Indonesia, kita terus jaga dan amalkan nilai-nilai Pancasila,” kata Jokowi.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Nasional

Resmi Bebas dari Mako Brimob, Ahok Dijemput Putra Sulung
apahabar.com

Nasional

Lift Gedung Nusantara I DPR RI Terbakar, Api Sempat Berkobar
apahabar.com

Nasional

Bripka IAD, Oknum Polisi Cabul di Tapin Resmi Ditahan!
apahabar.com

Nasional

Jokowi Presiden Paling Populer di Dunia
apahabar.com

Nasional

Hakim Polisikan Jubir KY, Kuasa Hukum: Ini Kriminalisasi
apahabar.com

Nasional

Transit Merkurius Usai, Siap-Siap Mengamati Gerhana Matahari Cincin
apahabar.com

Nasional

Pembentukan Kabupaten Buton Bertentangan Dengan UUD
apahabar.com

Nasional

18 Pasien Positif Covid-19 di Bali Sembuh
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com