Papua Bukan Daerah Operasi Militer, Imparsial: Kenapa Tentara yang Maju?   Terombang-ambing di Selat Makassar, Pria Sulawesi Berhasil Selamat Yang Perlu Diperhatikan Setelah Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita Banjir Hantakan HST Rengut Nyawa Balita, Lebih Lima Desa Terendam Pantas GR86 Jadi Primadona di GIIAS 2022, Berapa Harganya?
agustus

Ketua Umum BPP HIPMI: UMKM Terdampak Bencana Perlu Perhatian Pemerintah

- Apahabar.com     Selasa, 26 Januari 2021 - 19:21 WITA

Ketua Umum BPP HIPMI: UMKM Terdampak Bencana Perlu Perhatian Pemerintah

Ketua Umum BPP Hipmi, Mardani H Maming. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) berharap pemerintah pusat maupun daerah memperhatikan nasib para pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) yang terdampak akibat bencana, seperti bencana banjir di Kalimantan Selatan dan gempa di Sulawesi Barat.

“Bencana banjir di Kalimantan Selatan dan gempa bumi di Sulawesi Barat, berdampak buruk bagi banyak pelaku UMKM di dua wilayah tersebut. Mereka ini perlu mendapat perhatian pemerintah pusat maupun daerah,” kata Ketua Umum BPP Hipmi, Mardani H Maming, Selasa (26/1) di Banjarmasin.

Bencana banjir di Kalimantan Selatan yang berlangsung hampir dua pekan ini, menyebabkan banyak pelaku UMKM tidak dapat menjalankan usahanya. Hingga saat ini di beberapa wilayah di Kalimantan Selatan, seperti Kabupaten Banjar, Tanah Laut dan Kabupaten Barito Kuala, masih terendam banjir.

Sementara di Sulawesi Barat, banyak tempat usaha pelaku UMKM yang rusak akibat gempa.

“Tentu, para pelaku UMKM ini mengalami banyak kerugian bahkan kemungkinan ada yang tidak dapat membuka usahanya lagi . Oleh sebab itu, pemerintah pusat maupun daerah perlu memberikan perhatian UMKM ini,” kata Mardani H Maming, yang juga CEO dari PT. Batulicin Enam Sembilan dan PT. Maming Enam Sembilan.

Menurut Mardani H Maming, para pelaku pemerintah daerah perlu turun tangan melakukan pendataan secara akurat UMKM yang terdampak banjir maupun gempa. Dari sinilah akan diketahui, persoalan yang mereka hadapi, dan bisa dicarikan solusinya.

Salah satunya, kata Ketum BPP Hipmi tersebut, adalah menyangkut bantuan permodalan. “BPP Hipmi berharap, pemerintah daerah maupun pusat dapat memberikan bantuan modal baik bantuan langsung atau melalui fasilitas perbankan dengan bunga yang ringan,” kata Mardani H Maming, yang juga mantan Bupati Tanah Bumbu 2 periode itu.

Diingatkan Mardani H Maming, bahwa UMKM merupakan salah satu pondasi ekonomi nasional, dan UMKM harus tetap dihidupkan termasuk di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat yang terdampak bencana alam. (*)

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Andai Ibu Kota ke Kalimantan, Repnas: Kalsel Berpotensi Kembangkan Wisata Religi

Nasional

KPR Gaul Bank BJB Terima Penghargaan dari MarcPlus Inc
apahabar.com

Nasional

Mardani Diminta Majukan Pengusaha Muda dan Rakyat Maluku

Nasional

Breaking, Ternate Diguncang Gempa Magnitudo 6,1
apahabar.com

Nasional

Polisi Mulai Temukan Titik Terang Kasus Pembunuhan Editor Metro TV
apahabar.com

Nasional

Update Corona di Indonesia: 1.046 Positif, 46 Sembuh, 87 Meninggal
Corona B117

Nasional

Kabar Buruk, Varian Baru Corona B117 Sudah Transmisi Lokal di Kalsel
apahabar.com

Nasional

Usulan Anggota Dewan Pengawas KPK, Jokowi Sebut Sejumlah Nama
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com