Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Komisi I DPRD Kalsel Dukung Realisasi Pembuatan Embung di HST

- Apahabar.com Rabu, 13 Januari 2021 - 01:14 WIB

Komisi I DPRD Kalsel Dukung Realisasi Pembuatan Embung di HST

Kunjungan kerja Komisi I DPRD Kalsel dalam rangka monitoring kesiapan penanggulangan banjir bersama BPBD HST, Selasa (12/1). Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Salah satu upaya dalam penanggulangan banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) direncanakan akan dibangun embung.

Hal tersebut terungkap ketika kunjungan kerja Komisi I DPRD Kalsel dalam rangka monitoring kesiapan penanggulangan banjir di BPBD HST, Selasa (12/1).

Komisi I DPRD Kalsel melalui Sekretarisnya H Suripno Sumas mengatakan mendukung dengan rencana kegiatan yang bersumber dari APBN tersebut, terlebih lagi untuk penganggaran pembebasan lahan dibebankan kepada Pemkab HST dan Pemprov Kalsel.

“Program dari Balai Rawa sebagai salah satu untuk penanganan dan penanggulangan bencana banjir di Hulu Sungai Tengah dengan membuat embung,” katanya.

“Kami dari Komisi I menyambut baik, walaupun demikian juga disampaikan ternyata untuk pembuatan embung ini salah satu kendalanya adalah ganti rugi lahan yang dibebankan kepada pemkab dan pemprov. Dengan jumlah anggaran yang cukup besar jadi belum bisa dianggarkan,” imbuhnya.

Namun, lanjutnya DPRD Kalsel akan mendukung pula melalui anggaran Pemprov Kalsel.

“Komisi I akan mensuport kegiatan ini dengan memasukkan kegiatan ini rencana anggaran multi years, yang pertama di APBD Perubahan Tahun 2021 dan kemungkinan di APBD 2022. Karena ini multi years kami bisa menindaklanjuti sehingga kami berharap embung yang akan dibuat di Kabupaten Hulu Sungai Tengah ini bisa dapat terealisasi,” jelasnya.

Sementara itu Kepala BPBD HST, H Budi menjelaskan selain rencana pembangunan embung di luas lahan sekitar 60 hektare, juga upaya yang dilakukan pihaknya dalam pencegahan dan penanggulangan musibah banjir adalah pembersihan-pembersihan sungai, dan juga pemantauan daerah aliran sungai (DAS) bersama Dinas Lingkungan Hidup setempat. (*)

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kalsel

Ada Mamanda Pada Syukuran Rumah Jabatan Ketua DPRD Kalsel  
apahabar.com

DPRD Kalsel

Menggali Ilmu ke DPRD Jawa Tengah
Pabrik Pupuk Dolomit Bakal Berdiri di Kabupaten Batola

DPRD Kalsel

Pabrik Pupuk Dolomit Bakal Berdiri di Kabupaten Batola
Covid-19 Mewabah, Pelayanan Publik dan Geliat Ekonomi Harus Tetap Jalan

DPRD Kalsel

Covid-19 Mewabah, Pelayanan Publik dan Geliat Ekonomi Harus Tetap Jalan
apahabar.com

DPRD Kalsel

Penghujung Massa Jabatan, DPRD Kalsel Incar Kunjungan Kerja ke Luar Negeri
apahabar.com

DPRD Kalsel

‘Ditalak’ Batola, Komisi IV Sindir BPJS Cari Untung Semata
Pansus

DPRD Kalsel

Ke Balikpapan, Pansus III Jasa Lingkungan DPRD Kalsel Kunjungi P3EK
apahabar.com

DPRD Kalsel

Potensi PAD, Kalsel Mesti Punya Lab Sampling CPO
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com