Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Komisi II Dukung Penuh Wacana Pengembangan Pangan Lokal di Kotabaru

- Apahabar.com Selasa, 12 Januari 2021 - 13:50 WIB

Komisi II Dukung Penuh Wacana Pengembangan Pangan Lokal di Kotabaru

Amplang ikan, salah satu jenis olahan lokal terkenal di Kotabaru. Foto-net

apahabar.com, KOTABARU – Anggota Komisi II DPRD Kotabaru mendukung penuh rencana pengembangan olahan pangan lokal oleh pemerintah daerah setempat.

“Tentu kami mengapresiasi, dan akan mendukung penuh upaya Dinas Pertanian terkait pengembangan produk pangan lokal di Bumi Sa ijaan ini,” ujar Awaludin, Sekretaris Komisi II DPRD Kotabaru, Selasa (12/1) siang.

Awaludin Sekretaris Komisi II DPRD Kotabaru. Foto-apahabar.com/Masduki.

Awaludin mengatakan pengembangan serta dukungan terhadap pelaku usaha pangan lokal akan berimbas pada pendapatan, hingga mengarah pada peningkatan perekonomian bagi masyarakat.

“Intinya, kami siap mendukung upaya pemerintah daerah yang akan mengembangkan usaha produk lokal, demi kesejahteraan masyarakat, dan menghidupkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bumi Sa ijaan,” ujarnya.

Perhatian dan pembinaan lebih terhadap olahan lokal sangat tepat dilakukan.

Manisnya Gula Aren Lokal Asal Tirawan Kotabaru Bakal Dikembangkan

Upaya tersebut akan bersinergi dengan program pemerintah daerah yang sedang konsen mengembangkan bidang kepariwisataan.

“Jadi, hal ini kan sejalan dengan program di daerah. Nah, daerah juga kan makin dikenal lewat produk lokal itu, jika wisatawan ramai membeli-nya untuk oleh-oleh,” pungkas Awal, sekaligus Ketua HIPMI Kotabaru itu.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Kotabaru, Hairuddin menyatakan akan membina, dan mengembangkan beragam olahan lokal secara bertahap.

Pengembangan sendiri dilakukan bersama pihak konsultan indikasi georafis Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

“Tujuannya, selain agar olahan lokal tetap lestari, dan makin berkembang. Selanjutnya, mengarah pada peningkatan pendapatan atau ekonomi masyarakat, juga mengenalkan nama daerah ke nasional, hingga internasional,” pungkasnya mengakhiri.

Kreatif di Tengah Pandemi, Yuk Intip Produk Andalan Srikandi Kotabaru

 

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Gelombang

DPRD Kotabaru

Diperkirakan Esok Gelombang Tinggi, Ketua DPRD Kotabaru Minta Nelayan Waspada
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com