Top! Jamu Gendong Ibu Neneng asal Kintap Tembus Pasar Eropa Beres! Batas Daerah Tala dan Kabupaten Banjar Diteken Berkas Sutarti P-21, Proses Tahap 2 di Rutan Barabai Berlangsung Dramatis  Kabar Sutarti dari Rutan Barabai, Terduga Pembunuh 2 Anak Kandung di HST 3 Raperda HST Digodok, 1 di Antaranya Tentang Pemilihan Pembakal

Korban Tewas Gempa Sulbar Bertambah Jadi 90 Orang

- Apahabar.com Selasa, 19 Januari 2021 - 19:46 WIB

Korban Tewas Gempa Sulbar Bertambah Jadi 90 Orang

Pencarian korban gempa di Mamuju dan Majene terus dilakukan dengan bantuan anjing pelacak. Foto: CNN Indonesia

apahabar.com, MAJENE – Jumlah korban yang tewas dalam gempa bumi di Sulawesi Barat bertambah. Total ditemukan 90 korban hingga pukul 16.00, Selasa (19/1).

Dari 90 korban, 79 jenazah di antaranya ditemukan di Kabupaten Mamuju. Kemudian 11 korban lagi di Kabupaten Majene,

“Pencarian dilakukan dalam 20 sektor di Mamuju yang meliputi Kelurahan Binanga, Rimuku, Karema dan Simboro,” jelas Direktur Kesiapsiagaan Basarnas, Didi Hamzar, seperti dilansir detikcom.

“Dari 20 sektor, dibagi lagi menjadi 12 titik prioritas pencarian. Kami menurunkan 7 tim, sedangkan 2 tim digeser ke Majene untuk mencari 3 orang yang terduga tertimbun longsor di Malunda,” imbuhnya.

Selain memperlebar areal hingga titik yang belum didatangi, pencarian berikutnya juga melibatkan anjing pelacak.

Di sisi lain, jumlah warga yang mengungsi menurun drastis. Pengungsi di Mamuju berjumlah 7.255 orang, sementara di Majene tersisa 2.650 orang.

Hal tersebut lantaran beberapa pengungsi sudah kembali ke rumah atau eksodus ke tempat yang lebih aman seperti Makassar, Palu dan Pare-Pare.

Sebelumnya total warga yang mengungsi akibat gempa sebanyak 19.435 jiwa. Rinciananya 15.014 jiwa dari Mamuju, serta Majene 4.421 jiwa.

Dalam rangka pelayanan kesehatan korban pascagempa, TNI AD menyiapkan kapal rumah sakit. Tiga hari kedepan, rumah sakit lapangan juga dibangun.

Sementara di Mamuju, dua rumah sakit sudah beroperasi dari empat rumah sakit yang berdiri. Demikian pula aktivitas ekonomi masyarakat yang berangsur pulih.

Presiden Joko Widodo pun telah mengunjungi korban gempa di Mamuju, sekaligus berjanji memberi bantuan kepada seluruh warga terdampak.

Besaran bantuan menyesuaikan tingkat kerusakan bangunan. Kerusakan berat memperoleh bantuak Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta dan rusak ringan Rp10 juta.

Gempa dengan kekuatan magnitudo (M) 6,2 menggoyang Majene dan Memuju, Jumat (15/1). Terjadi sekitar pukul 02.28, gempa merusak rumah sakit dan Kantor Gubernur Sulbar.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jokowi Targetkan Peremajaan Kebun Sawit 500.000 Hektare
apahabar.com

Nasional

Jokowi Ingin Jajarannya Ambil Langkah Konkret Respons Covid-19
apahabar.com

Nasional

Kasus E-KTP, Markus Nari Dituntut 9 Tahun Penjara
apahabar.com

Nasional

Polri: Pelaku Bom di Mapolrestabes Medan Mahasiswa Berinisial RMN
apahabar.com

Nasional

Tunda RUU HIP, Pemerintah Diapresiasi Ormas Islam dan PPP
apahabar.com

Nasional

Rocky Gerung Blak-blakan Bicara Naskah UU Cipta Kerja
apahabar.com

Nasional

BLT Pekerja Cair Lagi, Diperpanjang Hingga 2021
apahabar.com

Nasional

Selamat Datang Jemaah Haji! Kloter Pertama Disambut Tim Kemenkes
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com