Pembunuhan Veteran Banjarmasin, Rizki Dihabisi karena Hal Sepele Cuaca Kalsel Hari Ini, Waspada Potensi Hujan Petir di Seluruh Wilayah Bantuan Korban Puting Beliung di Desa Penggalaman Martapura Barat Tiba Tabrakan di Panglima Batur, Pemotor Terperosok ke Kolong Mobil! BREAKING! Tim Macan Kalsel Tangkap Pembunuh Pemuda di Veteran Banjarmasin

KPU Tetapkan Abdul Hadi-Supiani sebagai Bupati dan Wakil Bupati Balangan Terpilih

- Apahabar.com Sabtu, 23 Januari 2021 - 11:20 WIB

KPU Tetapkan Abdul Hadi-Supiani sebagai Bupati dan Wakil Bupati Balangan Terpilih

KPU tetapkan Abdul Hadi-Supiani sebagai Bupati dan Wakil Bupati Balangan terpilih, Sabtu (23/01/2021). Foto-apahabar.com/Ahc24

apahabar.com, PARINGIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balangan menggelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, Sabtu (23/01/2021).

Bertempat di RM Arraudah, Paringin, Kabupaten Balangan, KPU Balangan menetapkan H Abdul Hadi-H Supiani sebagai Bupati dan Wakil Bupati Balangan terpilih.

Komisioner KPU Balangan, Saripani disela penetapan mengatakan bahwa acara ini dilaksanakan setelah terbitnya Surat Dinas KPU RI tentang Penetapan Calon terpilih Pilkada Serentak Tahun 2020.

“Dalam surat tersebut dinyatakan bahwa KPU RI telah menerima Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi. Bagi daerah yang tidak tercatat dalam BRPK artinya tidak menghadapi sengketa hasil,” katanya.

Dia mengatakan, bagi daerah yang tidak menghadapi sengketa, dan Balangan salah satunya, maka paling lama lima hari setelah KPU menerima BRPK diperintahkan untuk melakukan penetapan calon terpilih.

Saripani mengatakan, pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Balangan 9 Desember 2020 lalu, pasangan calon (paslon) nomor urut 1 H Abdul Hadi-H Supiani (HAS) meraih suara terbanyak, yakni 42.746 suara atau 61,5 persen.

Sedangkan paslon nomor urut 2 dari petahana H Ansharuddin-M Nor Iswan (ANIS) hanya mendapat suara sebanyak 26,811 suara atau 38,5 persen.

Saripani menyebutkan pihaknya selanjutnya akan mengirimkan pengusulan pengesahan pengangkatan calon terpilih kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balangan.

“Selanjutnya DPRD akan melaksanakan rapat paripurna untuk menindaklanjuti penetapan calon terpilih dan memproses ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Kalsel,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Heboh Premium dan Pertalite Dihapus, DPRD Kalsel Bersikap
apahabar.com

Kalsel

Toyota Hilux Seruduk Pejalan Kaki di Gambut
apahabar.com

Kalsel

Cegah Karhutla, Kapolsek Anjir Pasar Cek ‘Titik Api’
apahabar.com

Kalsel

Sembarangan Promosi, Satpol PP Banjarmasin Copot Banner Iklan di Pohon Piere Tendean
Bertolak ke Jakarta

Kalsel

Bertolak ke Jakarta, Denny Indrayana Matangkan Strategi Menuju MK
apahabar.com

Kalsel

Sudian Noor Ingatkan Semua Pihak Siaga Bencana
Kebakaran

Kalsel

Alhamdulillah, Bantuan ke Korban Kebakaran Hebat di Lunjuk HST Langsung Mengalir
Bati-Bati

Kalsel

Belum Surut, Perbatasan Bati-Bati dan Tambang Ulang Masih Terendam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com