Sadarkan Diri, Dokter Ungkap Kondisi Terkini Echa Si Putri Tidur Banjarmasin POPULER SEPEKAN: Waspada Air Pasang, Ambruknya Pasar Ujung Murung, hingga Viral Putri Tidur Gugur Bertugas, Polisi Pemburu Buron di Sungai Martapura Tinggalkan 3 Anak Buron Biang Tenggelamnya Polisi di Sungai Martapura Belum Ditemukan Panas Lagi, Laporan Bakul Denny Indrayana Berbalas Jadwal Imsakiyah

Mantap! Ribuan Honorer Pemkab HSS Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

- Apahabar.com Selasa, 26 Januari 2021 - 21:41 WIB

Mantap! Ribuan Honorer Pemkab HSS Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

apahabar.com, KANDANGAN – Untuk melindungi tenaga honorer dalam melaksanakan tugas, terhitung sejak Januari 2021 sebanyak 1313 non-ASN atau tenaga honorer dipastikan menjadi anggota atau peserta BPJS Ketenagakerjaan. Di mana program tersebut meliputi jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan program jaminan kematian (JKM).

Pemkab HSS melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian bersama BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banjarmasin menggelar Sosialisasi Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Sosialisasi sendiri dibuka langsung oleh Bupati HSS H Achmad Fikry di Gedung Pramuka Jalan Mawar Kandangan. Selasa (26/1) tadi

Ditandai dengan penyerahan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan oleh Bupati kepada 3 perwakilan tenaga honorer, sosialisasi dihadiri Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banjarmasin, Kadis Nakerkop UKMP Hendro Martono, Kepala BKPSDM H Zulkipli, Kabag Hukum Fitri dan Kabag Prokopim Ika Aguspiannor.

Kadis Nakerkop UKMP Hendro Martono menjelaskan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi tenaga honorer di lingkup Pemkab HSS merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama (MOU) antara Pemkab dengan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Banjarmasin.

“Adapun tujuan dan maksud dari sosialisasi ini agar para tenaga honorer sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat mengetahui manfaat dari JKK dan JKM,” ucapnya.

“Jadi peserta merasa terlindungi dalam melaksanakan tugas bila terjadi kecelakaan kerja, ataupun meninggal saat bertugas, dan diharapkannya dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas tenaga honorer,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan pelaksanaan sosialisasi secara langsung di Gedung Pramuka diikuti 38 Sekretaris Badan, Dinas, Kantor dan Kecamatan di lingkup Pemkab HSS. Sedang semua tenaga honorer lingkup Pemkab HSS yang berjumlah sekitar 1313 orang mengikuti sosialisasi secara daring melalui video conference dari ruang kerja di OPD nya masing-masing.

Sementara itu, Bupati HSS H Achmad Fikry menyambut baik dengan dilaksanakannya sosialisasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi Non ASN atau Tenaga Honorer dli lingkup Pemkab HSS.

“Semoga Sosialisasi ini dapat berjalan lancar dan bisa memberikan informasi tentang hak dan kewajiban yang akan diterima oleh tenaga kontrak lingkup Pemkab HSS,” ungkap Bupati.

Terkait dengan kepesertaan seluruh tenaga honorer ke dalam BPJS Ketenagakerjaan, Bupati membenarkan informasi yang disampaikan Kadis Nakerkop UKMP, bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari MOU dengan BPJS Ketenagakerjaan.

“Pemkab sudah menandatangani MOU dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan kepastian jaminan dan perlindungan kerja kepada Non ASN atau tenaga honorer, baik yang sifatnya kecelakaan kerja maupun meninggal saat melaksanakan tugas.

Bupati mengatakan meski kita semua tidak menginginkan kedua hal tersebut, namun bila tenaga honorer mengalami kecelakaan kerja maupun meninggal saat melaksanakan tugas maka akan mendapatkan santunan.

Dengan adanya jaminan ini, Bupati berharap dapat diimbangi dengan peningkatan kinerja yang semakin baik dari seluruh tenaga honorer.

“Pemkab HSS membutuhkan tenaga honorer dalam membantu penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, sehingga Pemkab HSS wajib melindungi tenaga honorer,” tutup Bupati.

Reporter: AHC31
Ket: Bupati HSS H Achmad Fikry saat menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan. Foto: Humas Pemkab HSS

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Fikry Minta Radio Sehati Kandangan Jadi Mitra Pemerintah
apahabar.com

HSS

Ratusan Juta Mengalir ke Santri Kurang Mampu di HSS
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Lepas Kontingen POPDA
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Hibahkan Aset Tanah dan Bangunan kepada Masyarakat
apahabar.com

HSS

BKD Diklat Gelar Assesment di Lingkup RSUD H Hasan Basri
Bupati Hulu Sungai Selatan, Achmad Fikry. Foto-Istimewa

HSS

Rapat Paripurna DPRD HSS, Bupati Sampaikan LKPj Tahun 2020
loksado

HSS

Sungai Amandit Keruh, Warga Loksado Ungkap Penyebabnya
apahabar.com

HSS

Wakil Bupati HSS Apresiasi Ramadan Peduli KAHMI dan HMI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com