Kondisi Seseorang Ditunda atau Gagal Vaksinasi Covid-19, Simak Penyebabnya SENGKETA Pilgub Kalsel, Eks Hakim MK: Paslon Suara Terbanyak Kedua Bisa Menang Temui AHY, Mantan Panglima GAM Muzakir Manaf Beri Dukungan Moril untuk Demokrat AJI Biro Banjarmasin Resmi Berdiri, Kasus Kekerasan Pers Jadi AtensiĀ  2 Petani Tapin Terjerat Sabu 9 Kg, Polda Kalsel: Jaringan Besar

Meletus! Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer

- Apahabar.com Sabtu, 16 Januari 2021 - 22:41 WIB

Meletus! Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer

Gunung Semeru meletus Sabtu (16/1/2021) sore dan meluncurkan awan panas. Foto: Dok. BNPB

apahabar.com, LUMAJANG – Gunung Semeru kembali meletus, Sabtu (16/1) sore, pukul 17.48 WIB.

Meletusnya Gunung Semeru masih berlangsung hingga saat ini.

Gunung api yang berlokasi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini meluncurkan awan panas dengan jarak luncur sekitar 4,5 kilometer.

“Gunung Semeru mengeluarkan awan panas dengan jarak 4,5 kilometer di daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi titik guguran awan panas,” kata Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dalam rilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) di Lumajang seperti dikutip dari Antara, Sabtu malam.

Berdasarkan laporan pengamatan visual sementara, terlihat asap meluncur ke arah tenggara yang diduga dari dari kawah Jonggring Saloko berwarna kelabu pekat dalam volume yang besar, sedangkan untuk hujan abu vulkanik diperkirakan mengarah ke utara menyesuaikan arah angin.

“Perkiraan awal lokasi awan panas guguran tersebut berada di daerah sekitar Desa Sumber Mujur dan Desa Curah Koboan, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro,” katanya.

Mengenai status gunung, saat ini Gunung Semeru masih berada pada level II atau waspada dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sedang melakukan evaluasi lebih lanjut.

Sementara itu, masyarakat yang bermukim di sekitar Desa Sumber Mujur dan Desa Curah Koboan dan sekitarnya agar waspada dalam menghadapi potensi bencana yang dapat ditimbulkan.

Dalam hal ini, khususnya masyarakat di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Curah Kobokan diimbau agar tetap waspada dalam menghadapi adanya intensitas curah hujan yang tinggi, sebab hal itu dapat memicu terjadinya banjir lahar dingin.

Tim gabungan lintas kementerian/lembaga masih dalam proses pengembangan informasi dan belum ada keterangan adanya korban jiwa atas peristiwa tersebut.

Sementara itu, hujan abu vulkanik Gunung Semeru terjadi di beberapa kecamatan di antaranya Kecamatan Candipuro, Pasrujambe, dan Senduro.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Black Box Ditemukan, Basarnas Lanjut Cari Korban Sriwijaya Air
apahabar.com

Nasional

Penegak Hukum Main Peras, Presiden: Jadi Musuh Bersama
Abu Janda

Nasional

Hari Ini, Abu Janda Diperiksa Bareskrim Soal Cuitan ‘Islam Arogan’
apahabar.com

Nasional

Banyak Tak Percaya Data Covid-19, KSP: Pemerintah Tak Mungkin Bohong
apahabar.com

Nasional

Heli Bawa Teknisi Tower BTS Ditembak di Papua, Pelaku Diduga KKB
apahabar.com

Nasional

Ada yang Sebar Hoax Gelombang Besar Hantam Sabang Aceh
bmkg jakarta

Nasional

BMKG: Jakarta Diperkirakan Diguyur Hujan Sepanjang Hari Ini
ASN

Nasional

Janji Manis Jadi ASN Tipu 75 Korban: 1 Orang Setor Rp 30-50 Juta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com