Golkar Gerah Sengketa Pilgub Kalsel Berlanjut, Puar Teringat Saksi Palsu di Kobar Breaking! Heboh Mobil Terbakar di Tapin, 1 Warga Jadi Korban Kadesnya Dijebloskan ke Bui, Plh Bupati Kotabaru Buka Suara Dugaan Penggelembungan Suara Pilgub Kalsel, Muthalib: Paraf Saya Dipalsukan Dukung Infrastruktur Food Estate Kalteng, Kemenhub Tinjau Lokasi Dermaga Kapuas

Pascabanjir HST, LLDIKTI dan PTS Kalsel Terjunkan Bantuan

- Apahabar.com Kamis, 28 Januari 2021 - 14:49 WIB

Pascabanjir HST, LLDIKTI dan PTS Kalsel Terjunkan Bantuan

Rombongan penyalur bantuan dari LLDIKTI Wilayah XI dan PTS diterima di halaman Kantor Bupati HST, Rabu (27/1). Foto: Prokom HST

apahabar.com, BARABAI – Bantuan terus mengalir pascabanjir di Hulu Sungai Tengah (HST). Terbaru datang dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Kalimantan Selatan.

Mereka menerjunkan bantuan untuk merenovasi fasilitas umum, Khususnya di Kecamatan Hantakan yang pertama kali diterjang banjir.

Rombongan penyalur bantuan renovasi dari LLDIKTI dan PTS ini disambut Bupati HA Chairansyah, Rabu (27/1). Kemudian dilepas Asisten Pemerintahan dan Kesra, H Ainur Rafiq, menuju ke Hantakan.

“Kami berterima kasih atas kepedulian LLDIKTI Wilayah XI bersama PTS kepada warga HST. Semoga menjadi berkah untuk semua,” Chairansyah

“Selanjutnya untuk pelaksanaan kegiatan di lapangkan, bisa berkoordinasi dengan SOPD terkait,” sambungnya.

Pemkab HST sendiri masih berupaya memulihkan kondisi pascabanjir, kendati aktivitas pemerintahan belum berjalan semestinya.

Terlebih Barabai sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi, masih membutuhkan waktu untuk kembali normal.

“Hampir seluruh peralatan kerja tidak dapat lagi dipergunakan. Kami hanya memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” papar Ainur Rafiq.

Berdasarkan data BPBD HST, banjir bandang yang terjadi sejak 13 Januari 2021 tersebut merusak 480 fasilitas umum dengan rincian 150 tempat ibadah, 175 sekolah, 90 kantor dan 65 jembatan.

“Bantuan yang terus mengalir dari pemerintah, BUMN, perusahaan maupun organisasi kemasyarakatan lain, benar-benar meringankan beban Pemkab HST,” tambah Rafiq.

Sementara Kepala LLDIKTI Wilayah XI, Prof H Udiansyah, menjelaskan bantuan perbaikan fasilitas umum tersebut menggunakan sejumlah indikator.

Di antaranya berdasarkan tingkat jangkauan dan penilaian kerawanan dampak banjir, terutama terhadap kesehatan masyarakat.

“Bantuan tersebut dikoordinasikan dengan BPBD Kalsel dan HST sesuai kewenangan masing-masing,” tandas Udiansyah.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

banjir hst

HST

Pascabanjir di HST, Warga Batu Benawa Krisis Air Bersih
SPBU

HST

Warning untuk Pelangsir, Puluhan Motor Bertangki Modif di SPBU HST Disita Polisi
apahabar.com

HST

Minta Gugus Tugas Covid-19 Tingkatkan Kinerja, Berry: Serius
Banjir

HST

Imbas Banjir Terbesar Sepanjang Sejarah, Drainase di Barabai Tersumbat
banjir hst

HST

Rumah Hilang Disapu Banjir, Warga Waki HST Pilih Tinggal di Puing-Puing
apahabar.com

HST

Ribuan KK di Pandawan Dapat BST, Penyaluran Dibantu Bank Kalsel
PN Barabai

HST

Kampanye Simpatik, PN Barabai Tegas Tolak Gratifikasi
apahabar.com

HST

Pilkada HST, Berry-Pahrijani Didatangi 3 Partai Non Parlemen
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com