Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

PDI Perjuangan Tapin Rancang Koperasi Milineal

- Apahabar.com Jumat, 1 Januari 2021 - 20:22 WIB

PDI Perjuangan Tapin Rancang Koperasi Milineal

Sekretaris PDI Perjuangan Tapin Yuspianor. Foto-Istimewa

apahabar.com, RANTAU – PDI Perjuangan Kabupaten Tapin merancang koperasi serba usaha untuk milineal, khusus jajaran pengurus, kader dan simpatisan yang akan diberdayakan.

Sekretaris PDI Perjuangan Tapin, Yuspianor menjelaskan bahwa koperasi untuk milineal itu adalah usaha kaos sablon, kuliner, peternakan, pertukangan, pengelolaan sampah, membuat pupuk dan pestisida nabati, menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

“Kalau sudah berkembang, termasuk simpan pinjam bagi anggota. Selain itu, koperasi nantinya direncanakan menjadi sarana wadah diskusi, belajar dan bertukar pikiran. Belajar berorganisasi di samping belajar hal-hal teknis di koperasi usaha itu,” ujarnya.

Adapun target pembentukannya nanti saat momentum HUT PDI Perjuangan tanggal pada 10 Januari 2021. Kata Yuspi, pengurus dan pendirinya nanti dari Pengurus Anak Cabang (PAC) di kecamatan.

“Gagasan ini sudah lama ada, pemikiran dari senior-senior partai, dan pada saat ini akan dikonkretkan mengambil momentum peringatan HUT ke-48 PDI Perjuangan,” jelasnya.

Berikut syarat pendirian, kata Yuspi, minimal ada 20 orang untuk anggota. Setelah koperasi terbentuk nantinya tidak terbatas untuk siapapun bergabung. Namun dengan prioritas para kader dan simpatisan PDI Perjuangan.

“Terdata anggota PDI Perjuangan yang punya KTA (Kartu Tanda Anggota) sekitar 500 orang, tapi kalau melihatnya berapa pemilih PDI Perjuangan pada Pemilu 2019 itu sejumlah 9.799 pemilih,” ujarnya

Pendirian koperasi itu, kata Yuspianor untuk melembagakan budaya handilan yang ada di masyarakat Banua.

“Di tengah masyarakat kita telah berlangsung sejak dulu budaya gotong royong dan kebersamaan dalam sistem handilan. Seperti handilan qurban dan handilan maulid. Nah, kita akan melembagakan budaya handilan ini lewat koperasi, sehingga berangkat dari mengangkat budaya handilan ini maka koperasi nantinya kita namakan Koperasi Mitra Handilan Marhaen (MHM),” jelasnya.

“Kami berharap, ini bisa meluas ke berbagai bidang usaha. Tapi, tujuan bisnis hanya salah satu saja. Menurut Bung Hatta, koperasi itu tak cuma entitas bisnis atau keuangan. Koperasi adalah lembaga ekonomi, sosial dan politik sekaligus,” tambah Yuspi.

Pandangan Yuspi kenapa koperasi itu penting? Di banyak negara koperasi yang dikelola profesional mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Di Australia para peternak sapi dan domba hampir semua tergabung dalam koperasi. Melalui koperasi mereka mampu terus mengembangkan berbagai usahanya sehingga meningkatkan kesejahteraan kehidupan mereka,” ujarnya

Selanjutnya, kata Yuspi, di Amerika Serikat yang dianggap negara liberal malah koperasinya cukup berjalan baik, dimana salah satunya listrik dikelola oleh koperasi dengan pelanggan sebagai anggota koperasi.

“Ke depan, koperasi diyakini merupakan alternatif strategis bagaimana lebih optimal mewujudkan Trisakti Bung Karno dalam bidang ekonomi, yang pada tahapan berikutnya mampu menciptakan kemandirian politik masyarakat negeri ini dengan tetap berkepribadian dan berkebudayaan Indonesia,” tutupnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pesantren Ujung Tombak Pertahanan NU
apahabar.com

Kalsel

Curahan Hati Sang Kakak, Adiknya Tewas di Sungai Barito

Kalsel

Dana Perjalanan Dinas Dewan Kota Dialihkan Tangani Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Tanaman Dirusak, Warga di Kotabaru Tuntut Ganti Rugi ke Perusahaan Tambang
apahabar.com

Kalsel

Jual Sabu, Pria di Banjarmasin Selatan Terancam 20 Tahun Bui
apahabar.com

Kalsel

Pasar Ikan di Tanbu Disemprot Desinfektan Antisipasi Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Libur Nasional, Layanan Paspor Tetap Buka
apahabar.com

Kalsel

H+13 Operasi Zebra, Satlantas Tapin Jaring 900 Pelanggar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com