Kondisi Seseorang Ditunda atau Gagal Vaksinasi Covid-19, Simak Penyebabnya SENGKETA Pilgub Kalsel, Eks Hakim MK: Paslon Suara Terbanyak Kedua Bisa Menang Temui AHY, Mantan Panglima GAM Muzakir Manaf Beri Dukungan Moril untuk Demokrat AJI Biro Banjarmasin Resmi Berdiri, Kasus Kekerasan Pers Jadi AtensiĀ  2 Petani Tapin Terjerat Sabu 9 Kg, Polda Kalsel: Jaringan Besar

Peduli Banjir Kalsel, Relawan Barut Siap Salurkan Bantuan Puluhan Juta

- Apahabar.com Minggu, 17 Januari 2021 - 20:45 WIB

Peduli Banjir Kalsel, Relawan Barut Siap Salurkan Bantuan Puluhan Juta

Sejumlah relawan dari beberapa organisasi di Barut melakukan penggalangan dana dan bantuan yang dilakukan di Muara Teweh dan sekitarnya, Minggu (17/1). Foto-Istimewa

apahabar.com, MUARA TEWEH – Musibah banjir yang melanda Kalimatan Selatan (Kalsel) membuat masyarakat di sejumlah daerah di Kalimantan Tengah (Kalteng) turut peduli.

Terbaru, rasa kebersamaan atas bencana banjir Kalsel ditunjukkan oleh masyarakat di Kabupaten Barito Utara (Barut).

Sejumlah relawan dari beberapa organisasi di Barut melakukan penggalangan dana dan bantuan yang dilakukan di Muara Teweh dan sekitarnya, Minggu (17/1).

Dari pagi hingga sore hari, dana yang berhasil terkumpul kurang lebih Rp 44 juta.

Bukan hanya berupa uang namun bantuan juga berupa makanan dan pakaian layak pakai.

Setidaknya 24 organisasi dan komunitas yang bergerak mengumpulkan sumbangan di sejumlah titik dalam kota Muara Teweh, di antaranya di Pasar Dermaga/Bundaran Dermaga, Bundaran Bupati, Bundaran Buah, Bundaran Patung, Pasar Pendopo, Simpang Anem dan Posko Induk Kantor Dinsos Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos-PMD) Barut.

“Penggalangan bantuan dimulai hari ini, 17 Januari hingga 21 Januari 2021. Hari ini sudah banyak bantuan berupa bahan makanan, pakaian dan uang,” ujar Plt Kepala Dinsos PMD Barut, Eveready Noor, Minggu sore.

Sebagian relawan bahkan jemput bola ke rumah para dermawan. Bantuan tidak hanya datang dari warga kota Muara Teweh, namun juga dari pedesaan yakni Desa Sikui dan Lemo.

Eveready merincikan, sampai sore ini telah terkumpul uang Rp 35.016.000 dan ratusan bungkus barang bantuan.

Kemudian bantuan uang bertambah Rp 9,9 juta dari Kelurahan Melayu beserta komunitas motor, sehingga total dana terkumpul mencapai Rp 44,9 juta.
Sedangkan barang telah terkumpul berjumlah 97 kardus dan 108 paket kantong plastik.

Adapun relawan terlibat terdiri dari Karang Taruna, BEM STAIS, HMI, Banser Ansor, Tagana, BEM Politeknik Muara Teweh, BEM STIE Muara Teweh, Pramuka Saka Wira Kartika, RMPB, Korwil IMI dan Barahan Budas.

Selanjutnya, komunitas Seputar Bintang Ninggi, Wonderfull Barito, RAPI, Pramuka MAN, Lahei Pandai Lungkuh, FAD Barito Utara, SMADA, Komunitas Suara Alam Borneo, OSIS SMKN 1, AMAN Barito Utara, MBC, PAL, Komunitas True Adventure, Fatayat NU, dan Jumat Sedekah.

Sementara di tempat yang sama, Kasi Perlindungan dan Penanggulangan Korban Bencana, Brahim, menjelaskan pengumpulan sumbangan ini resmi dan mendapat izin Pemkab Barito Utara.

“Saat ini bapak Plt Kadis sudah berada di lapangan dan untuk pengiriman bantuan kami koordinasikan dengan pihak berwenang di Kalsel,” ucapnya.

Brahim mengatakan, dalam pengumpulan uang dan barang harus mengikuti aturan yang berlaku, karena ada status tanggap darurat di Kalsel maka dibolehkan menggalang sumbangan sampai batas waktu tanggap darurat.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

pilkada kalteng

Kalteng

Penetapan Gubernur dan Wagub Kalteng Terpilih, Ratusan Polisi Diterjunkan
apahabar.com

Kalteng

Dekranasda: Pengembangan Batik Khas Kalteng Belum Optimal
Covid-19 Palangka Raya

Kalteng

Kabar Baik, 21 Pasien Covid-19 Palangka Raya Dinyatakan Sembuh
apahabar.com

Kalteng

Kemunculan Anak Buaya Resahkan Karyawan Perkebunan Sawit di Pulang Pisau
Menambang Pasir

Kalteng

Diduga Menambang Pasir Tanpa Izin, Pria Paruh Baya di Kapuas Diamankan Polisi
apahabar.com

Kalteng

Pemkab Barut Usulkan Sertifikat Tanah Pedesaan
apahabar.com

Kalteng

Bupati: Bandara H Muhammad Sidik Harus Selesai Tahun Ini
apahabar.com

Kalteng

Edarkan Obat THD, 2 Pemuda di Kapuas Kalteng Diciduk Polisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com