Lakalantas Depan BRI Unit Padang Tala, 1 Orang Tewas Gegara Rapid Antigen Bekas, Erick Thohir Pecat Seluruh Direksi Kimia Farma Brakkkk!! Mobil Relawan Kebakaran di Banjarmasin Tabrak Pejalan Kaki hingga Tewas Lakalantas di Angkinang HSS, Warga Haruyan HST Tewas di Tempat H+4 Idulfitri, Arus Balik Mudik dari Kalsel ke Kaltim Meningkat

Pemkot Balikpapan Kirim Bantuan Korban Banjir Kalsel, Tiga Wilayah Jadi Target

- Apahabar.com Kamis, 28 Januari 2021 - 22:28 WIB

Pemkot Balikpapan Kirim Bantuan Korban Banjir Kalsel, Tiga Wilayah Jadi Target

Bantuan kemanusiaan untuk korban banjir di Kalsel dikirimkan malam ini. Pelepasan pengiriman bantuan dipimpin langsung oleh Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi. Foto-Apahabar.com/istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Pemkot Balikpapan mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada korban banjir di Kalsel, Kamis (28/01) malam.

Melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Balikpapan, bantuan dikirimkan melalui jalur darat menuju Kalsel pada pukul 20.00 Wita.

Rencananya, bantuan tersebut akan didistribusikan ke tiga kabupaten yakni Martapura, Barabai dan Banjarbaru.

“Rencananya kami serahkan terlebih dahulu di Barabai, Martapura, dan Banjarbaru, karena baru itu yang bisa dilalui, sebab Banjarmasin masih belum bisa diakses,” Kata Ketua PMI Balikpapan, Dyah Muryani.

Dyah mengatakan bantuan yang terkumpul sebanyak 9 ton sembako dan uang tunai Rp 300 juta. Bantuan tersebut sudah termasuk kebutuhan bayi seperti popok, susu, dan makanan bayi.

“Uang yang terkumpul itu Rp 600 juta, tapi dibagi untuk dua wilayah yakni di Kalsel dan Sulawesi Barat. Jadi khusus untuk uang tunai kami kirimkan melalui transfer ke PMI setempat yang nantinya akan menyalurkan ke warga. Sedangkan bantuan logistik langsung kami berikan, ” ujarnya.

Dalam pengiriman, PMI menerjunkan 26 personel dari beberapa pihak terkait yang ikut membantu.

Barang tersebut, kata dia, diangkut menggunakan dua truk dan satu mobil bak serta ambulans yang ikut mengawal pendistribusian.

“Ada 2 truk, 1 mobil bak dan ada 1 ambulans. Personel yang ikut ada 26 orang,” ungkapnya.

Posko bantuan di PMI Balikpapan masih akan dibuka hingga 3 Februari mendatang. Bahkan bila antusiasme masyarakat meningkat, tidak menutup kemungkinan posko akan diperpanjang.

“Ya, kalau perlu dibuka lagi tahap kedua kalau antusiasme masyarakat tinggi. Tapi kita melihat situasi dulu,” tuturnya.

Sementara untuk bantuan kemanusiaan korban bencana gempa di Sulbar, pihaknya akan mengirimkan bantuan melalui jalur laut. PMI Balikpapan akan berkoordinasi dengan TNI AL untuk bantuan kapal.

“Kami inginnya menyalurkan sendiri supaya pertanggungjawabannya jelas. Untuk yang ke Sulbar tetap kami koordinasikan termasuk PMI dan Dinas Sosial setempat,”pungkasnya.

Untuk diketahui, pelepasan bantuan menuju Kalsel dipimpin langsung oleh Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kaltim

ABK Kelotok Pengangkut Batu Bara di Kukar Ditemukan Tewas
Olah TKP Kebakaran

Kaltim

Olah TKP Kebakaran di Gunung Polisi Balikpapan, “Alat Masak” Diamankan Petugas
apahabar.com

Kaltim

Satu Warga Positif Corona, Isran Noor: Kaltim Sudah Bisa Ditetapkan KLB

Kaltim

Pemkot Balikpapan Tak Anjurkan Salat Idulfitri di Tempat Terbuka
apahabar.com

Kaltim

Masuknya NAM Air Pacu Pertumbuhan Penumpang APT Pranoto
apahabar.com

Kaltim

Kebutuhan BBM APT Pranoto Capai 18 Kl per Hari
Pembacokan Jemaah Salat

Kaltim

Temukan Barang Bukti, Polisi Olah TKP Pembacokan Jemaah Salat Subuh di Balikpapan
Pemkot Balikpapan

Kaltim

Formalin Ditemukan di Bahan Makanan, Pemkot Balikpapan Sidak Pasar Ramadan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com