Agya Vs Scoopy di Stagen Kotabaru, Gadis 17 Tahun Patah Kaki Hari Ini, 22 Warga Kotabaru Positif Covid-19 Polisi Ungkap Kronologis Kecelakaan Maut di Cempaka yang Tewaskan 1 Pengendara Ratusan Gram Sabu Gagal Edar di Kukar, Polda Kaltim Ringkus 1 Pelaku Mulai Besok, Wisata Dadakan di Liang Anggang Ditutup!

Pemkot Banjarbaru Terima DSP 500 Juta dari Menko PMK untuk Korban Banjir

- Apahabar.com Kamis, 21 Januari 2021 - 20:49 WIB

Pemkot Banjarbaru Terima DSP 500 Juta dari Menko PMK untuk Korban Banjir

Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan menerima DSP 500 juta dari Menko PMK. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru menerima bantuan berupa Dana Siap Pakai (DSP) sebesar 500 juta dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK) Muhajir Effendi untuk korban banjir di Kota Idaman.

Dana tersebut diterimakan Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS), Kamis (21/1).

Menko PMK Muhajir Effendi menyampaikan dalam setiap bencana, yang harus diurus adalah nasib korban baik korban yang meninggal dunia maupun korban yang hidup.

Selain itu, warga terdampak juga harus diselamatkan dan dirawat dahulu.

“Hal itu sudah dilakukan disini dan ditampung di tempat-tempat yang menurut saya cukup bersimpatik kalau kita lihat disini tadi,” tambahnya.

Kemudian, lanjutnya yang kedua setelah penyelamatan warga terdampak, barulah lanjut memikirkan tindakan sementara.

“Dan tindakan ini Alhamdulilah disini saya lihat telah berupaya dengan baik,” sambungnya

Terakhir, ia berharap debit air di semua wilayah terdampak segera surut dengan harapan jangan sampai ada hujan susulan yang berintensitas tinggi.

“Dan nanti setelah itu kalau kita beres kemudian mulai tahapan rekonstruksi dengan pembenahan infrastruktur yang diusahakan oleh banyak pihak termasuk rumah-rumah yang rusak, nanti akan bisa kita lihat apakah ada pemukiman atau relokasi atau yang ada itu ditingkatkan kapasitasnya sehingga nanti kalo ada banjir seperti ini bisa teratasi,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan bahwa kedatangan Menko PMK Muhajir Effendi, sebagai bentuk perhatian Pemerintah Pusat.

Menteri Muhajir pun mengunjungi langsung beberapa daerah yang terkena banjir, termasuk mengunjungi Banjarbaru tepatnya di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteran Sosial (BBPPKS)Regional IV Kalimantan.

Kemudian dilanjutkan ke Kabupaten Banjar dan Banjarmasin.

“Tadi kegiatan beliau di BBPPKS Regional 4 Kalimantan, Alhamdulillah Kota Banjarbaru salah satu Kabupaten/Kota yang mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat berupa uang 500 juta Dana Siap Pakai (DSP) untuk penanganan banjir dan korban banjir di Kota Banjarbaru,” senangnya.

Atas bantuan tersebut, jelas Pemkot sangat berterimakasih. Pasalnya sangat membantu untuk merenovasi rumah – rumah warga terdampak yang tergolong rusak parah.

“Kami berterima kasih atas perhatian pak Mentri dari Pemerintah Pusat untuk meringankan kesusahan warga-warga yang terdampak banjir khususnya juga bagi yang kini berada di tempat-tempat pengungsian,” katanya

Dana yang diterima itu, dipastikan Darmawan akan digunakan seluruhnya untuk penanganan banjir di Kota Idaman.

“Bantuan ini untuk warga terdampak banjir, operasional posko-posko, dapur umum dan hal lainnya dengan tujuan membantu meringankan kesusahan yang dialami oleh warga yang terdampak banjir,” terangnya.

Usai menerima bantuan DSP, Wali Kota Banjarbaru itu lansung melakukan peninjauan kebeberapa lokasi pengungsian di Banjarbaru.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Sah! Forum RTRW Kota Banjarbaru Periode 2020-2025 Dikukuhkan

Pemko Banjarbaru

Sah! Forum RTRW Kota Banjarbaru Periode 2020-2025 Dikukuhkan
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Beri Pelayanan Terbaik, Pemkot Banjarbaru Raih Penghargaan dari Ombudsman
Darmawan Jaya

Pemko Banjarbaru

Hadiri Munas Apeksi 2021 di Jakarta, Darmawan Jaya Harapkan Ini
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

H+4 PSBB, Positif Covid-19 Banjarbaru Malah Naik
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Wawali Saksikan Final DBL Kalsel
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Puji Serapan Anggaran Banjarbaru, Nadjmi: Kalau Bisa 95 Persen

Pemko Banjarbaru

PSBB Banjarbaru Resmi Berlaku, Mobil dan Motor Mulai Diperiksa
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Ririen Jelaskan Pentingnya Miliki KIA
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com