SBY Mengaku Bersalah Pernah Beri Jabatan pada Moeldoko Akhir Pekan, Harga Emas Antam Naik Rp 5.000 per Gram Adaro-PAMA ‘Cerai’, Bagimana Nasib 4.850 Karyawannya? Tertular dari Istri, Mantan Wagub Kalsel Rudy Resnawan Positif Covid-19 Hari Ini, Giliran Perwira dan Prajurit Lanal Kotabaru Divaksin Covid-19

Pemkot Banjarmasin Beri Peringatan: Bangunan yang Tutupi Aliran Sungai Segera Dibongkar!

- Apahabar.com Jumat, 22 Januari 2021 - 14:42 WIB

Pemkot Banjarmasin Beri Peringatan: Bangunan yang Tutupi Aliran Sungai Segera Dibongkar!

Petugas dari Pemkot Banjarmasin saat melakukan pembongkaran salah satu bangunan di sebelah Mesjid Baiturrahim atau di bawah Fly Over kawasan Jalan A Yani KM 4 Banjarmasin. Foto-apahabar.com/Riyad

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin bakal menindak bangunan yang menutupi aliran sungai.

“Pembongkaran bangunan akan kita lakukan di titik-titik bangunan yang menghambat aliran air,” kata Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, Jumat (22/1).

Pembongkaran bangunan yang segera akan dilakukan di sepanjang Jalan Kuripan.

“Sepanjang Sungai Veteran itu kita akan normalisasi,” katanya.

Ibnu tak banyak memberikan waktu. Ia meminta para pedagang yang kiosnya berada di atas aliran sungai untuk pindah.

“Deadline kami bagi para pedagang besok, Sabtu (23/1) atau Minggu (24/1) paling lambat. Di mana kios-kios yang berada di atas saluran air akan dirobohkan,” sambungnya.

Sebelumnya, pada hari Kamis (21/1), Pemkot Banjarmasin sendiri telah mulai membongkar bangunan yang ada di samping Mesjid Baiturrahim atau bawah Fly Over Gatot Subroto Banjarmasin.

“Bangunan itu ilegal dan betul-betul berada di atas sungai, menghambat aliran sungai yang keluar dari Manggis ataupun Gatot Subroto menuju Sungai Guring. Kita juga pastikan beberapa titik lagi di sepanjang Jalan A Yani yang menutup sungai akan dibongkar,” katanya.

Kemudian Ibnu juga mengatakan kalau pihaknya bakal melakukan pembongkaran bangunan yang menutup sungai di kawasan Jalan Veteran.

“Ruko-ruko yang menutup saluran wajib dibongkar sistem saluran airnya. Ini momentum kita untuk melakukan pembenahan terhadap sungai yang ada. Agar sungai tetap berfungsi sebagai bagian dari drainase kota,” katanya.

Ibnu memastikan ke depannya, pembangunan yang sembrono tidak akan terulang lagi, guna mencegah banjir merendam kota Banjarmasin.

“Ini kita sudah rasakan bersama. Ke depan tak akan terulang lagi. Kami sudah minta ke Dinas PUPR dengan dibantu tenaga ahli agar kemudian merancang desain pembangunan yang akan datang,” katanya.

Pihaknya, kata Ibnu, juga masih mempertimbangkan untuk menggunakan sistem pompa agar melancarkan aliran keluar-masuk sungai.

“Di mana menaruh pompanya masih kita pikirkan. Ini perencanaan untuk jangka panjang,” katanya.

“Normalisasi sungai, khususnya Sungai Guring, Sungai Veteran, Sungai Pemurus, Sungai A Yani, Sungai Kelayan itu wajib kita lakukan,” tambahnya.

Gangguan aliran sungai, menurutnya tidak hanya diakibatkan bangunan yang sembrono, tapi juga oleh tanaman.

“Alur sungai tertutupi oleh tanaman yang tidak dibersikan, seperti di kawasan Mahat Kasan Gatot Subroto. Tapi dua hari ini sudah lancar karna mulai kita bersihkan,” katanya.

Ibnu pun meminta dukungan dari masyarakat yang ingin melakukan pembangunan agar memastikan tidak menutup aliran sungai.

“Ketika membangun pastikan saluran drainase-nya. Kalau ingin menutup gunakanlah material yang tidak menutup sungai, misal diberi plat baja. Berikan jalur sungai ini sesuai haknya. Kita bakal mensosialisasikan lagi Perda rumah panggung, karena sepertinya sudah banyak yang lupa,” katanya.

Ke depan, kata dia, siapapun yang ingin melakukan pembangunan, harus mendapat izin resmi terlebih dahulu, kemudian tidak mengganggu aliran sungai dan ada drainasenya.

“Di revisi tata ruang sudah kita atur, namun pengesahannya tertunda. Mungkin akhir Februari sudah bisa diterapkan,” katanya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Demi Tangani Corona, Dinas PUPR Banjarmasin Alihkan Dana Rp20 Miliar
apahabar.com

Kalsel

Gegara Parkir Liar, Empat Sepeda Motor di Samping Duta Mall Banjarmasin Diangkut
BPBD: 575 Rumah Warga di Balangan Terdampak Banjir

Kalsel

BPBD: 575 Rumah Warga di Balangan Terdampak Banjir
apahabar.com

Kalsel

Update 21 Mei: Tambah 9 Kasus Baru, Total 557 Positif Covid-19 di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Gaji Tenaga Kontrak Dinkes Banjarmasin Berbeda, Simak Nominalnya
apahabar.com

Kalsel

Polsek Banjarbaru Barat Monitor Kunjungan Pjs Wali Kota di Kelurahan Landasan Ulin Tengah
Barabai

Kalsel

Viral Video Banjir Susulan di Meratus HST, Waspada Boleh Panik Jangan
apahabar.com

Kalsel

Jelang Idul Adha, Pemkot Banjarmasin Awasi Kesehatan Hewan Kurban
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com