Bantah Ijazah Rahmad Masud Palsu, Rektor Untri Siap Lapor Balik Satu Warga Kalsel Tertular Corona B117, Pj Safrizal Imbau Perketat Prokes Varian Baru Corona B117 Sudah Masuk Kalsel, Banjarmasin Belum Ada Temuan Resmi, Kejari Tanbu Tetapkan Tersangka Kasus Pengadaan Kursi Peserta KLB Demokrat Dijanjikan Rp 100 Juta, Ternyata Hanya Terima Rp 5 Juta

Percepat Aliran Sungai Handil Bakti Batola, Jalan Pun Digaruk Excavator

- Apahabar.com Jumat, 22 Januari 2021 - 20:13 WIB

Percepat Aliran Sungai Handil Bakti Batola, Jalan Pun Digaruk Excavator

Pembersihan Sungai Handil Bakti terus dilakukan untuk mempercepat penurunan debit banjir di Kecamatan Alalak. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Tak hanya membersihkan rerumputan, usaha pemperlancar aliran Sungai Handil Bakti di Kecamatan Alalak juga dilakukan dengan memotong sementara jalan lingkungan.

Dalam tiga hari terakhir, pembersihan rerumputan yang memenuhi sungai sudah dilakukan. Upaya itu berkaitan dengan upaya mengurangi debit banjir di Kecamatan Alalak.

Pembersihan menggunakan excavator Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah XI Kalimantan Selatan.

Selain rerumputan dan sampah, sebuah jalan yang sebenarnya jarang digunakan di seberang Kompleks Persada Raya III, juga sengaja diputus.

Penyebabnya konstruksi jembatan beton yang menghubungkan jalan lingkungan tersebut ke jalan nasional, banyak menghambat air.

Jembatan tampaknya menggunakan box culvert, tetapi dipasang terbalik. Akhirnya box tersebut lebih mirip dinding pintu air.

Meski di kiri kanan box terdapat saluran seluas sekitar 80 sentimeter, aliran air tetap tidak maksimal lantaran masih ada dinding pembatas yang lebih rendah.

Terlebih di sekitar bawah jembatan, tumbuh rerumputan yang cukup rimbun, ditambah tumpukan sampah.

Sempat muncul rencana membelah pembatas itu menggunakan betel, ketika Wakil Bupati Batola, H Rahmadian Noor, meninjau pembersihan sungai bersama Kapolres AKBP Lalu Mohammad Syahir Arif.

Namun agar lebih cepat, mereka memutuskan mengarahkan excavator mengeruk jalan di ujung jembatan selebar sekitar 1 meter.

“Pengerukan jalan itu bersifat sementara untuk mempercepat aliran air ke Sungai Alalak,” jelas H Rahmadian Noor, Kamis (22/1).

Kendati belum signifikan, debit air di kawasan perumahan perlahan mulai menurun. Ditambah intensitas hujan yang mulai berkurang.

“Kami juga segera menurunkan satu excavator lagi yang dikhususnya mengeruk lumpur. Pekerjaan dimulai dari muara Sungai Handil Bakti yang bertemu dengan Sungai Alalak,” beber Rahmadian Noor.

“Insyaallah pengerukan lumpur berlanjut hingga Simpang Serapat. Semoga upaya tersebut lebih mempercepat aliran sungai,” tandasnya.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Batola

Desember Tersisa Tiga Pekan, Pembangunan GOR Batola Setara Capai 93 Persen
apahabar.com

Batola

Uji Publik DPS, KPU Barito Kuala Tindaklanjuti Analisis Bawaslu
apahabar.com

Batola

Dibangun Miliaran, Jembatan di Sungai Telan Besar Batola Proyek Mubazir
apahabar.com

Batola

Fun Bike Haornas 2020, Pelipur Batalnya Tour de Batola
Nakes Terpapar Covid-19

Batola

Nakes Terpapar Covid-19, Puskesmas Tamban Batola Tutup Sementara
Covid-19

Batola

Jangan Anggap Remeh Covid-19, Batola Tembus 1.000 Kasus Positif
apahabar.com

Batola

Selama Lima Bulan, Pasien Covid-19 di Batola Mendekati 500 Orang
Remaja

Batola

Alami Celebral Palsy Berat, Remaja Kuripan Batola Ini Hanya Bisa Berebah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com