Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 10 Orang, Positif 8 H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel Polda Kaltim Gagalkan Peredaran Sabu 6 Kg di Samarinda dan Balikpapan Banjarmasin Resmi Perpanjang Tanggap Darurat Banjir, Kecamatan Timur Terparah! Resmi! Banjarmasin Berlakukan Pembatasan Transisi Mulai Hari Ini

Program Transmigrasi Baru di Kapuas Terkendala Lahan

- Apahabar.com Selasa, 12 Januari 2021 - 19:47 WIB

Program Transmigrasi Baru di Kapuas Terkendala Lahan

Ilustrasi rumah transmigrasi. Foto: Batasnegeri.com

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Rencana program transmigrasi baru di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), masih terkendala lokasi lahan.

Kepala Dinas Transmigrasi Kapuas, Deni Harsono, mengatakan pada tahun ini Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi memrogramkan transmigrasi baru di Kabupaten Kapuas dengan kuota sebanyak 300 kepala keluarga.

Kepala Dinas Transmigrasi Kapuas, Deni Harsono. Foto-apahabar.com/Irfan

Hanya saja kata Deni, program tersebut saat ini masih terkendala ketersediaan lahan yang akan dijadikan sebagai kawasan pemukiman transmigrasi baru tersebut.

“Sebenarnya ada lahan di F5 Dadahup yang dapat menampung 300 KK transmigran, cuma lahan itu statusnya kawasan hutan lindung, jadi tidak bisa digunakan,” katanya di Kuala Kapuas, Selasa (12/1).

Menurut Deni, berdasarkan informasi bahwa Gubernur Kalteng pernah mengusulkan kepada Kementerian Lingkungan Hidup untuk alih fungsi lahan di F5 Dadahup tersebut dari hutan lindung menjadi Areal Penggunaan Lain (APL).

“Cuma sampai sekarang kita tidak tahu apakah usulan gubernur itu disetujui atau tidak oleh Kementerian LH. Sedangkan dari Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi mendesak, cuma lahannya tidak ada,” ujarnya.

Dilanjutkan Deni, apabila program transmigrasi baru di kawasan food estate Kapuas terealisasi, dirinya mengusulkan untuk kuota transmigran presentasenya 70-30.

“Jadi, 70 persen warga lokal dan 30 persen dari luar daerah yang merupakan petani milenial yang memang menguasai masalah pertanian, sehingga dapat memotivasi penduduk lokal kita,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

RSUD Muara Teweh Gratiskan Oksigen Bagi Warga Korban Kabut Asap
apahabar.com

Kalteng

Hebat!!! Anggota Dewan Barut Gadaikan Gaji Demi Ambulan
apahabar.com

Kalteng

Belum Setahun Bebas, Begal Payudara di Palangka Raya Kalteng Kembali Diringkus Polisi
Kalteng

Kalteng

Update Calon Pemenang Pilkada Kalteng, Unggul di Kapuas, Sugianto-Edy Masih Teratas
apahabar.com

Kalteng

Terkikis Abrasi Gelombang Laut, 3 Rumah Warga Kumai Kobar Kalteng Nyaris Roboh
apahabar.com

Kalteng

Polresta Palangka Raya Terus Upayakan Tekan Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Tiga Pengidap baru, Kobar Perketat Pengawasan Klaster Gowa
Pilgub Kalteng

Kalteng

Kapolres Kapuas Cek Pengamanan Rapat Pleno di Sejumlah PPK
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com