Dikira Ijazah, Ternyata SKCK Prof Denny Berserakan di Martapura, Bawaslu Angkat Bicara Prof Yusril: Penetapan Tersangka Eks Sekda Tanbu Labrak HAM Legislator Kalsel Kecam e-Sport Disponsori Judi Online KPU Banjar Tanggapi Santai Protes BirinMu Soal Pembukaan Kotak Suara Ricuh Safari Subuh Denny dan ‘Paman Bakul’ Disetop, Pelanggaran ASN Jalan Terus

Ratusan Warga Terdampak Banjir, Bupati HSS Serahkan Bantuan Papan-Balokan di Kalumpang

- Apahabar.com Kamis, 21 Januari 2021 - 21:33 WIB

Ratusan Warga Terdampak Banjir, Bupati HSS Serahkan Bantuan Papan-Balokan di Kalumpang

Bupati HSS H. Achmad Fikry saat menyerahkan Bantuan untuk warga terdampak banjir. Foto: Humas Pemkab HSS.

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry didampingi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyerahkan bantuan kepada warga yang rumahnya masih terendam banjir di Kecamatan Kalumpang. Jumat (29/1).

Turut berhadir dalam penyerahan yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Kelumpang, Pimpinan Bank Kalsel Cabang Kandangan Syamsir, Camat Kalumpang Miftahul Ulum, perwakilan warga dan para kepala desa se-Kecamatan Kelumpang.

Kalakhar BPBD H Syamsuddin melaporkan bantuan sebesar Rp500 ribu untuk pembelian papan dan balokan untuk membuat titian diberikan kepada warga masyarakat di Kecamatan Kalumpang yang sampai saat ini rumahnya masih terendam.

“Warga yang rumahnya masih terendam hingga saat ini sebanyak 400 kepala keluarga, yang nantinya per rumah mendapat bantuan sebesar Rp500 ribu untuk papan dan balokan, untuk pembuatan titian,” jelasnya.

Sementara itu, setelah menyerahkan bantuan kepada warga masyarakat Kelumpang, bupati berharap dan mendoakan musibah ini dapat segera berlalu.

“Bantuan yang diserahkan tadi untuk membeli papan dan balokan untuk membuat titian supaya saat beraktivitas di rumah, kakinya tidak terendam air,” ujar H Achmad Fikry

Dirinya sangat berharap dapat memberikan bantuan secepat mungkin walau diakuinya kadang antara keperluan di lapangan dan aturan yang berlaku tidak memungkinkan.

“Kalau bisa, hari itu terendam, hari itu pula bantuan dapat disalurkan,” ujarnya.

Bahkan untuk format bantuan hari ini, bupati menyebutkan solusinya dengan bekerja sama dengan pihak Bank Kalsel Cabang Kandangan.

“Seandainya Pemkab secara langsung yang membelikan papannya, secara aturan harus melewati berbagai proses yang lebih panjang lagi,” ujar bupati.

Disebutkannya bantuan tersebut merupakan permintaan langsung dari masyarakat saat dirinya meninjau dapur umum di Kecamatan Kalumpang beberapa waktu lalu.

Meskipun jumlah yang diberikan masih jauh dari apa yang dibutuhkan, bupati berharap bantuan itu dapat meringankan beban warga Kecamatan Kalumpang.

“Karena kondisi berbeda, maka jenis bantuan yang diberikan pun juga sedikit berbeda. Namun paling tidak, Pemkab berusaha memberikan bantuan kepada warganya yang membutuhkan,” ungkapnya.

Menurut Bupati, kebijakan bantuan untuk membuat titian di dalam rumah ini juga mungkin akan diterapkan bagi warga Nagara. Meski belum sebanyak Kalumpang, untuk sementara sudah sekitar 100 rumah yang juga terendam di Daha Selatan dan Daha Utara.

“Sementara dari laporan Camat Daha Barat, rumah warga di Daha Barat belum ada yang terendam, namun ketinggian air rata-rata meningkat 2 cm per hari,” ujarnya.

Selanjutnya Bupati juga menginformasikan mulai 2021, setiap desa di HSS sudah memiliki anggaran dana baik untuk penanganan Covid-19 maupun penanggulangan bencana.

Sehingga jika bencana terjadi, secara situasional desa secara sigap sudah bisa menyiapkan segala kebutuhan warganya masyarakat yang terdampak dan penanganan selanjutnya oleh Pemkab.

Bupati kembali menekankan pentingnya memiliki daftar kebutuhan yang jelas dari kebutuhan warga yang terdampak, supaya bantuan yang disalurkan betul-betul dibutuhkan dan bermanfaat bagi penerimanya.

“Selain itu, kita akan memantapkan posko penanggulangan bencana, selain sebagai pusat koordinasi, posko dapat menerima dan menyalurkan bantuan secara merata,” sebutnya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

HSS

Pemkab HSS Rapat Persiapan PORPROV 2022
apahabar.com

HSS

HSS Tambah 12 Kasus Covid-19, Setengahnya Pejuang Medis
apahabar.com

HSS

Lagi, HSS Kedatangan Pengajar Muda Indonesia
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Jamin Biaya Pengobatan Bayi Jantung Bocor
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Siapkan Atlet Jelang Porprov 2021
apahabar.com

HSS

Bonus Menanti Pelajar SD Berprestasi
HSS

HSS

Musrenbang Kecamatan Sungai Raya, 35 Usulan Masuk Skala Prioritas 2022
apahabar.com

HSS

Syamsuri Arsyad Terima Kunjungan Perwira Lanal Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com