Mardani H Maming: Hipmi Optimis Pemimpin Muda Kalsel Mampu Bangkitkan Ekonomi Daerah Ketua DPRD Banjar: 100 Hari Program Bupati Harus Penangan Pascabanjir DPP Demokrat Pecat Marzuki Alie dan 6 Kader, Simak Alasannya Duh, Positif Covid-19 Kapuas Bertambah Lagi 50 Kasus Tiga Gus Pimpin Jatim, Bak Angin Segar Bagi Kinerja ASN

Rencana Presiden ke HST, Walhi: Jokowi Harus Punya Solusi Soal Banjir

- Apahabar.com Sabtu, 30 Januari 2021 - 17:47 WIB

Rencana Presiden ke HST, Walhi: Jokowi Harus Punya Solusi Soal Banjir

Para korban banjir di HST mengungsi ke tempat-tempat tinggi di Barabai saat air berangsur-angsur surut, Jumat 15 Januari 2021. Foto-apahabar.com/Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Rencana Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) ke Kalsel dan meninjau daerah terdampak banjir di HST mendapat tanggapan Walhi Kalsel.

Direktur Walhi Kalsel, Kisworo Dwi Cahyono mengharapkan, kedatangan pemimpin tertinggi di Indonesia ini tidak lagi mengulang pengalaman-pengalaman sebelumnya.

“Kemarin (pertama kali meninjau Kalsel-red) waktu banjir, beliau juga hanya menyalahkan hujan dan sungai,” kata Kisworo usai mengantarkan bantuan korban banjir di Posko Utama Stadion Murakata Mandingi Barabai, Sabtu (30/1).

Kisworo berharap RI 1 juga mengunjungi HST. Sebab dari 13 kabupaten/kota se Kalsel, HST yang terparah.

Karena itu, menurut Kisworo, kedatangan Jokowi ke Kalsel harus mempunyai solusi yang tepat. Terutama mengenai permasalahan banjir, penyebabnya dan apa yang dirasakan masyarakat.

“Salah satunya apa? Panggil semua pemilik korporasi, industri ekstraktif terutama HPI dan HPH. Termasuk pemimpin yang ada di Kalsel, kita dialog. Pak Jokowi ini pemimpin tertinggi NKRI bukan Negara Kedaulatan Republik Investor,” tekan Kisworo.

Dia juga mengharapkan Jokowi memastikan bagaimana rencana setelah fase tanggap darurat. Sebab dampak banjir melumpuhkan berbagai sektor, terutama pada sektor pertanian dan perkebunan.

“Jangan sampai rawan pangan pascabanjir,” tegas Kisworo.

Selain itu, Kisworo juga meminta agar ada evaluasi penanganan tanggap darurat.

“Apa yang sudah terjadi, hak-hak rakyat sudah terpenuhi atau belum. Ini penting karena keselamatan rakyat itu yang utama,” tutup Kisworo.

Mengenai rencana kedatangan Presiden RI, Wakil Bupati HST, Berry Nahdian Forqan menyebutkan belum ada persiapan khusus. Terutama untuk menyambut kedatangan Jokowi.

“Kami bersama jajaran TNI dan POLRI siap menerapkan SOP dalam penyambutan,” kata Wakil Bupati HST, Berry di Stadion Murakata Mandingin, Posko Utama Siaga Banjir, Sabtu (30/1).

Pada saat yang bersamaan, di Posko Utama itu, kedatangan pihak Provinsi Kalsel. Rupanya mereka meninjau sekaligus menyiapkan lokasi untuk kedatangan RI 1 ini.

Rencananya, RI 1 ini akan diarahkan langsung meninjau wilayah HST yang terdampak banjir.

“Kedatangan Presiden Jokowi ke HST harus melihat secara utuh dampak banjir yang mengakibatkan kerusakan di mana-mana. Diharapkan Jokowi dapat menentukan kebijakan khusus dan mengambil langkah-langkah strategis serta dukungan penuh guna pemulihan kondisi HST,” harap Berry.

Diketahui, Presiden Jokowi dijadwalkan akan kembali mengunjungi warga yang terdampak banjir di beberapa wilayah Provinsi Kalsel.

Salah satu daerah yang akan dikunjungi Jokowi adalah Kabupaten HST yang merupakan wilayah terparah terdampak banjir di Kalsel.

Jokowi direncanakan datang menggunakan helikopter dan mendarat di Stadion Murakata, Mandingin Barabai atau Posko Induk Penanganan Banjir, Rabu (3/1/2021) sekitar pukul 13.30 WITA.

Setelah mendarat, rombongan RI 1 tersebut akan langsung menggunakan mobil menuju desa Baru atau Waki Kecamatan Batu Benawa untuk cek kondisi pascabanjir dan bertemu dengan warga yang terdampak.

Sebelum ke HST, Jokowi dijadwalkan mengunjungi Kabupaten Tapin untuk penandatangan prasasti dan peresmian bendungan.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Survei LSI: Pemerintahan Jokowi Punya Modal Besar Atasi Intoleransi
apahabar.com

Nasional

Patroli Malaysia Sempat Intervensi KP Hiu Saat Amankan Dua Kapal di Perairan Indonesia
FPI

Nasional

Komnas HAM: Petugas Langgar HAM dalam Penembakan 4 Laskar FPI
apahabar.com

Nasional

Positif Covid-19 di Indonesia Bertambah 2.897, Kini Sudah 406.945
apahabar.com

Nasional

HIV/AIDS Papua Barat Kian Menyedihkan, Gubernur: Ayo Periksa
Prostitusi Online

Nasional

Diduga Terlibat Prostitusi Online, Polisi Tangkap Artis TA
apahabar.com

Nasional

Rusuh Manokwari, Peter Tak Menyangka Gedung DPRD Papua Barat Dibakar
apahabar.com

Nasional

Kasus Kecelakaan Maut Speedboat di Sungai Sebangau Dilimpahkan ke Denpom
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com