Lakalantas Depan BRI Unit Padang Tala, 1 Orang Tewas Gegara Rapid Antigen Bekas, Erick Thohir Pecat Seluruh Direksi Kimia Farma Brakkkk!! Mobil Relawan Kebakaran di Banjarmasin Tabrak Pejalan Kaki hingga Tewas Lakalantas di Angkinang HSS, Warga Haruyan HST Tewas di Tempat H+4 Idulfitri, Arus Balik Mudik dari Kalsel ke Kaltim Meningkat

Ribuan Guru Kontrak di Kapuas Ikuti Uji Kompetensi dan Survei Kinerja

- Apahabar.com Rabu, 27 Januari 2021 - 17:52 WIB

Ribuan Guru Kontrak di Kapuas Ikuti Uji Kompetensi dan Survei Kinerja

Kepala Dinas Pendidikan Kapuas, H Suwarno Muriyat saat melakukan pemantauan uji kompetensi dan survei kinerja. Foto-apahabar.com/Irfan

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Sebanyak 3.544 guru kontrak di Kabupaten Kapuas, Kalteng, mengikuti uji kompetensi dan survei kinerja, secara serentak di 17 kecamatan di daerah setempat pada Rabu (27/1).

Untuk Kecamatan Selat sendiri, kegiatan berlangsung di SMPN 2 Selat Jalan Trans Kalimantan Kuala Kapuas yang diikuti sebanyak 336 guru kontrak.

Kepala Dinas Pendidikan Kapuas, H Suwarno Muriyat mengatakan, uji kompetensi dan survei kinerja tersebut digelar dalam upaya meningkatkan kualitas dan kemampuan mengajar para guru-guru kontrak.

“Ini untuk melihat kemampuan guru kontrak dalam mengajar. Dimana akan diketahui bersangkutan apakah sudah kompeten atau tidak dalam mengajar,” katanya usai memantau kegiatan tersebut.

Dilanjutkan Suwarno, melalui kegiatan ini Dinas Pendidikan Kapuas juga ingin melihat keberadaan guru di suatu sekolah apakah sudah tepat mengajar di sekolah itu atau tidak, termasuk apakah rasio jumlah siswa dengan gurunya sudah ideal atau belum.

Suwarno menyebut, berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, ada sekolah yang keberadaan guru kontraknya cukup banyak sehingga guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah tidak mengajar lagi, sementara di sekolah yang lain justru kekurangan guru.

“Nah, dari hasil survei kinerja nantinya akan terlihat, maka kami akan lakukan penyesuaian dan penataan untuk penempatan guru yang bersangkutan,” ucap mantan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas ini.

Jika dalam hasil uji kompetensi dan survei kinerja terdapat guru dianggap tidak layak sebut Suwarno, maka akan dipindah atau tidak menutup kemungkinan kontrak guru tersebut tidak akan diperpanjang lagi.

“Nanti akan kami gantikan dengan guru berkinerja baik, karena sudah banyak daftar tunggu calon guru berkualifikasi sarjana. Tujuan kami melakukan ini untuk memperbaiki mutu pendidikan,” terangnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Pendidikan Kapuas, adanya evaluasi ini, tentunya menjadi modal persiapan dalam mengikuti uji seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian kerja (P3K).

“Dalam pelaksanaan kegiatan ini, tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, yaitu seperti menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir serta memakai masker,” pungkas Suwarno.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Haji

Kalteng

Antrean Haji Tembus 6 Ribu, Kapuas Menanti Keputusan Arab Saudi

Kalteng

Ribuan Ton Beras Bansos PKH di Kalteng Disalurkan
apahabar.com

Kalteng

Gugus Tugas Covid-19 Palangka Raya Perketat Pengawasan di Pasar Besar, Simak Skemanya
apahabar.com

Kalteng

Lamandau-Jateng Teken Kesepakatan Percepatan Transmigrasi
apahabar.com

Kalteng

Jelang Subuh, SDN 4 Melayu dan Rumah Singgah Persalinan di Muara Teweh Terbakar
apahabar.com

Kalteng

Tenggak Miras, Dua Remaja di Kapuas Diamankan Satpol PP
apahabar.com

Kalteng

Kemunculan Anak Buaya Resahkan Karyawan Perkebunan Sawit di Pulang Pisau
apahabar.com

Kalteng

Sempat ke Banjarmasin, Pasien Reaktif di Teweh Tutup Usia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com