Dituduh 2BHD Curang dalam Sidang MK, Tim SJA-Arul Irit Bicara Breaking! 2 Penganiaya Brutal ABG di Hotel Banjarmasin Ditangkap Viral Aksi Brutal ABG Dianiaya di Hotel Banjarmasin, Pacar Pelaku Ternyata Salah Kamar Motif Penganiayaan Brutal ABG di Hotel Banjarmasin: Korban Menolak Dijual! Jejak 6 Preman Perbatasan Kalsel-Kaltim yang Disikat Polisi, Galang Dana dengan Memeras

Selama Desember, Gempa Tektonik Terjadi 134 Kali di Wilayah Sulsel

- Apahabar.com Minggu, 3 Januari 2021 - 20:48 WIB

Selama Desember, Gempa Tektonik Terjadi 134 Kali di Wilayah Sulsel

Ilustrasi. Foto-Istimewa

apahabar.com, MAKASSAR – Sepanjang Desember 2020 telah terjadi gempa tektonik sebanyak 134 kali di wilayah Sulawesi Selatan dan sekitarnya.

Kepala BMKG Wilayah IV Makassar Darmawan di Makassar, Minggu, mengatakan gempa bumi yang terjadi selama sebulan itu tidak menimbulkan kerusakan.

“Dalam pendataan kami khusus selama Desember 2020 telah terjadi gempa tektonik sebanyak 134 kali dan tidak menimbulkan kerusakan berarti,” ujarnya, dilansir dari Antara, Minggu (3/1).

Ia mengatakan gempa bumi dengan magnitudo terendah di bawah dua Skala Richter (SR) terjadi sebanyak enam kali.

Kemudian gempa antara 2 hingga di bawah 3 SR terjadi sebanyak 66 kali dan gempa dengan 3 hingga di bawah 4 SR terjadi sebanyak 52 kali.

Sementara gempa dengan kekuatan 4 hingga di bawah 5 terjadi tujuh kali serta gempa yang berkekuatan 5-6 SR terjadi tiga kali.

Darmawan menyebutkan dari 134 kali gempa itu, 122 kejadian merupakan kategori gempa bumi dangkal yang terjadi pada kedalaman di bawah 60 kilometer.

Sementara 12 kejadian gempa bumi lainnya merupakan gempa dengan skala menengah yang terjadi pada kedalaman 60 hingga 300 kilometer.

Selain itu, ia juga menyatakan jika telah terjadi tiga kali gempa di Pulau Sulawesi lainnya yang diantaranya di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) tepatnya di Kabupaten Konawe Kepulauan dengan magnitudo 5,3 SR akibat patahan Tolo

Satu gempa lainnya di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara (Sulut) dengan kekuatan gempa 5,3 dan 5,6 SR. Pada gempa ini, terjadi akibat subduksi lempeng Laut Maluku.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Ketua KPK

Nasional

Ketua KPK Akui Sudah Peringatkan Mensos untuk Tidak Korupsi
apahabar.com

Nasional

Penyaluran Khusus ke Nelayan: Pertamina Siapkan 1.114 Tabung di Samarinda
apahabar.com

Nasional

Diplomat Indonesia Meninggal di Bandara Turki
apahabar.com

Nasional

UMP Naik, Serikat Buruh Bakal Demo Serentak
apahabar.com

Nasional

Terpilih Sebagai Plt Ketua JMSI Sumsel, Agus Harizal Siap Rangkul Semua Media Siber

Nasional

Jalan dan Rumah-Rumah Tenggelam di Kukar, Jatam: Akibat Tambang
apahabar.com

Nasional

Begini Keseharian SBY Tanpa Ani Yudhoyono
jemaah

Nasional

Penerbangan Ditutup, Jemaah Indonesia Batal Umrah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com